Hasil Produk dari Hutan Apa Saja yang Tidak Memanfaatkan Kayu?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 Mei 2024, 21.48

Biji Madhuca longifolia dikumpulkan untuk diambil minyaknya - Wikipedia

Hasil atau bahan yang berasal dari hutan tanpa memerlukan penebangan pohon disebut dengan hasil hutan bukan kayu. Berisi grub untuk kayu bakar, bulu hewan, kacang-kacangan, biji-bijian, beri, jamur, minyak, daun, rempah-rempah, dan tumbuhan berdaun, gambut, madu, dan pakan ternak. Selain itu, tanaman paku-pakuan, getah, ginseng, karet, damar, lumut, dan kayu manis semuanya termasuk dalam kategori hasil hutan bukan kayu.

Masyarakat yang tinggal di sekitar hutan sangat menghargai hasil hutan non-kayu, yang seringkali menjadi sumber pendapatan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari, hasil hutan bukan kayu juga banyak dimanfaatkan. Selain penebangan kayu, hasil hutan non-kayu dipandang sebagai strategi lain untuk meningkatkan industri kehutanan. Produk-produk dari hutan non-kayu juga dapat berkontribusi terhadap keragaman ekonomi regional.

Hasil hutan bukan kayu dibedakan menjadi dua kategori menurut asal usulnya. Pertama, hasil hutan nabati bukan kayu yang mengandung alkaloid, pati, buah-buahan, tanin, pewarna, getah, tanaman obat, palem, bambu, serta barang-barang lain seperti minyak atsiri dan minyak lemak. Kedua, hasil hutan bukan kayu yang berasal dari hewan, seperti sutra, madu, dan hewan.

Manusia memanfaatkan hasil hutan non-kayu di seluruh dunia, tanpa memandang usia, kekayaan, atau etnis. Pemanfaatan hasil hutan non-kayu oleh penduduk setempat mungkin mempunyai arti penting dalam hal keagamaan, sejarah, ekonomi, dan budaya. Hasil hutan bukan kayu menjadi bahan baku industri untuk berbagai industri, antara lain sektor pangan, farmasi, dan tanaman hias.

Karena tidak ada mekanisme untuk memantau nilai yang diciptakan oleh banyak barang yang dihasilkan dari hasil hutan non-kayu, maka sulit untuk memperkirakan kontribusi produk-produk ini terhadap perekonomian nasional dan regional. Namun, barang-barang tertentu, seperti sirup maple, sudah terkenal karena diproduksi dalam skala besar dan diekspor dari Amerika Serikat, yang bernilai 38,3 juta dolar AS dan 1.400.000 galon AS (5.300 m3). Selain itu, berbagai jamur ditanam di hutan di daerah beriklim sedang. Jamur matsutake yang bernilai ekonomis tinggi merupakan jamur yang terkenal tumbuh di hutan jenis ini. Sayuran seperti salal dan pakis, serta tanaman obat seperti ginseng, mempunyai nilai ekonomi yang signifikan. Namun, seperti halnya hasil hutan non-kayu yang sangat bervariasi di berbagai wilayah, nilai ekonominya juga berbeda-beda.

Menurut yang dilakukan di Peru, barang-barang yang terbuat dari kacang-kacangan non-kayu mempunyai keuntungan ekonomi per hektar yang lebih tinggi dibandingkan jika hutan ditebang untuk diambil kayunya. Ini bermanfaat bagi lingkungan selain sukses secara komersial. Dalam banyak kasus, jika diberi kewenangan yang tepat, inisiatif untuk mengumpulkan dan memanfaatkan hasil hutan non-kayu dapat membantu masyarakat miskin yang tinggal di dekat hutan.

Sumber:

https://id.wikipedia.org