Kayu dan Bagian-bagiannya

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 16.55

Mata kayu - Wikipedia

Kayu merupakan bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena lignifikasi (pengayuan). Kayu digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memasak, membuat perabot (seperti meja dan kursi), bahan bangunan (seperti pintu, jendela, atap), kertas, dan masih banyak lagi. Selain itu, kayu dapat digunakan sebagai hiasan di rumah, perkantoran, dll. Bentuk kayu disebabkan oleh akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jaringan yang ada di batang. Ilmu kayu, juga dikenal sebagai ilmu kayu, menyelidiki berbagai aspek klasifikasi kayu serta sifat kimia, fisika, dan mekanika kayu dalam berbagai kondisi penggunaan. Beberapa jenis kayu dipilih karena sifatnya yang kedap air, isolasi, dan mudah dibentuk.

Sejarahnya, diperkirakan tumbuhan berkayu pertama kali muncul di alam pada 395-400 juta tahun yang lalu. Sejak ribuan tahun, manusia telah menggunakan kayu untuk berbagai kebutuhan, terutama sebagai bahan bakar dan bahan konstruksi untuk membuat rumah dan senjata, serta sebagai bahan baku industri seperti kertas dan pengemasan. Melalui variasi jarak antara cincin pertumbuhan, kayu dapat berfungsi sebagai referensi sejarah tentang kondisi iklim dan cuaca saat pohon tersebut tumbuh.

Bagian-bagian kayu, yang kerap kali berbeda warna, akan muncul dari batang pohon yang dipotong melintang. Bagian terdalam terdiri dari empulur yang lembut, diikuti oleh kayu teras, kayu gubal, dan pepagan, yang merupakan kulit kayu. Pola yang dikenal sebagai "mata kayu" akan terlihat di bagian percabangan.

Cincin pertumbuhan

Cincin pertumbuhan, juga dikenal sebagai lingkaran pertumbuhan, adalah representasi pola-pola konsentrik yang ditemukan pada penampang melintang kayu. Perbedaan musim yang dialami pohon menyebabkan pembentukan cincin pertumbuhan kayu ini. Pohon akan mengalami periode pertumbuhan cepat dan periode pertumbuhan yang lambat pada satu tahun, yang berdampak pada pertumbuhan diameter batang. Cincin dengan diameter yang cepat kemudian melambat akan membentuk setiap tahun.

Mata kayu

Mata kayu, juga dikenal sebagai knot, adalah bagian kayu yang berfungsi sebagai dasar dari kuncup atau percabangan yang dorman. Mata kayu berpengaruh terhadap kayu, dan seringkali berpengaruh negatif. Mata kayu mengurangi kekuatan kayu, sehingga kayu akan bernilai rendah ketika digunakan sebagai struktur bangunan atau di tempat lain yang membutuhkan kekuatan. Tetapi untuk tujuan seni, keberadaan mata kayu mungkin lebih berharga.

Kayu teras

Kayu teras, juga dikenal sebagai heartwood dan duramen, adalah kayu yang terbentuk lebih awal di bagian dalam pohon dan tidak memiliki pembuluh yang berfungsi lagi. Kayu teras adalah bagian dari kayu yang masih hidup yang dipenuhi dengan mineral, yang membuatnya lebih keras daripada kayu gubal. Saluran pembuluh yang lebih dalam perlahan mati saat diameter batang kayu meningkat dan saluran pembuluh baru terbentuk dekat dengan tepi luar. Kayu teras mungkin telah mati, tetapi masih menanggapi organisme yang menyerangnya. Kayu teras dan kayu gubal biasanya dapat dibedakan secara visual. Namun, beberapa tumbuhan berkayu tidak menghasilkan kayu teras.

Kayu gubal

Kayu gubal, juga dikenal sebagai sapwood dan alburnum, adalah bagian kayu yang masih hidup yang dekat dengan tepi luar. Pada awalnya, semua kayu adalah kayu gubal sampai ia mati dan membentuk kayu teras. Kayu gubal mengandung pembuluh untuk menyimpan air dan menghantarkan air dari akar ke daun. Semakin banyak daun, semakin besar volume kayu gubal. Batang bagian atas kayu gubal lebih tebal, tetapi volumenya sama dengan batang bagian bawah.

Sumber:

https://id.wikipedia.org