Apa itu Farmasi?

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

16 April 2024, 07.41

Sumber: Wikipedia

Farmasi adalah ilmu dan praktik menemukan, memproduksi, menyiapkan, meracik, meracik, mengkaji, dan memantau obat-obatan, yang bertujuan untuk memastikan penggunaan obat-obatan yang aman, efektif, dan terjangkau. Ilmu ini merupakan ilmu yang beragam karena menghubungkan ilmu kesehatan dengan ilmu farmasi dan ilmu pengetahuan alam. Praktik profesional menjadi lebih berorientasi klinis karena sebagian besar obat sekarang diproduksi oleh industri farmasi. Berdasarkan pengaturannya, praktik farmasi diklasifikasikan sebagai farmasi komunitas atau institusi. Memberikan perawatan pasien langsung di komunitas apotek institusional dianggap sebagai farmasi klinis

Ruang lingkup praktik farmasi mencakup peran yang lebih tradisional seperti peracikan dan pemberian obat. Hal ini juga mencakup layanan yang lebih modern yang berkaitan dengan perawatan kesehatan termasuk layanan klinis, meninjau obat untuk keamanan dan kemanjuran, dan memberikan informasi obat dengan konseling pasien. Oleh karena itu, apoteker adalah ahli dalam terapi obat dan merupakan tenaga kesehatan utama yang mengoptimalkan penggunaan obat untuk kepentingan pasien.

Tempat di mana farmasi (dalam arti pertama) dipraktikkan disebut apotek (istilah ini lebih umum di Amerika Serikat) atau apoteker (yang lebih umum di Britania Raya, meskipunapotek juga digunakan). Di Amerika Serikat dan Kanada, toko obat biasanya menjual obat-obatan, serta barang-barang lainnya seperti kembang gula, kosmetik, peralatan kantor, mainan, produk perawatan rambut, dan majalah, dan terkadang makanan dan bahan makanan.

Dalam penyelidikannya terhadap bahan-bahan herbal dan kimiawi, pekerjaan apoteker dapat dianggap sebagai pendahulu ilmu kimia dan farmakologi modern, sebelum perumusan metode ilmiah.

The Green Pharmacy Cross

Disiplin ilmu

Bidang farmasi secara umum dapat dibagi menjadi berbagai disiplin ilmu:

  • Farmasetika dan Farmasetika Komputasi
  • Farmakokinetik dan Farmakodinamik
  • Kimia Medis inal dan Farmakognosi
  • Farmakologi
  • Praktik Farmasi
  • Farmakoinformatika
  • Farmakogenomik

Batasan antara disiplin ilmu ini dan dengan ilmu lain, seperti biokimia, tidak selalu jelas. Seringkali, tim kolaboratif dari berbagai disiplin ilmu (apoteker dan ilmuwan lain) bekerja sama untuk memperkenalkan terapi dan metode baru untuk perawatan pasien. Namun, farmasi bukanlah ilmu dasar atau ilmu biomedis dalam bentuknya yang khas. Kimia obat juga merupakan cabang kimia sintetis yang berbeda yang menggabungkan farmakologi, kimia organik, dan biologi kimia.

Farmakologi terkadang dianggap sebagai disiplin ilmu farmasi keempat. Meskipun farmakologi sangat penting dalam studi farmasi, farmakologi tidak spesifik untuk farmasi. Kedua disiplin ilmu tersebut berbeda. Mereka yang ingin mempraktikkan farmasi (berorientasi pada pasien) dan farmakologi (ilmu biomedis yang membutuhkan metode ilmiah) menerima pelatihan dan gelar terpisah yang unik untuk kedua disiplin ilmu tersebut.

Farmakoinformatika dianggap sebagai disiplin ilmu baru lainnya, untuk penemuan dan pengembangan obat secara sistematis dengan efisiensi dan keamanan. Farmakogenomik adalah studi tentang varian terkait genetik yang memengaruhi respons klinis pasien, alergi, dan metabolisme obat.

Profesional
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setidaknya ada 2,6 juta apoteker dan tenaga farmasi lainnya di seluruh dunia. 

Pharmacists
Apoteker adalah tenaga kesehatan profesional dengan pendidikan dan pelatihan khusus yang melakukan berbagai peran untuk memastikan hasil kesehatan yang optimal bagi pasien mereka melalui penggunaan obat-obatan yang berkualitas. Apoteker juga dapat menjadi pemilik usaha kecil, yang memiliki apotek tempat mereka berpraktik. Karena apoteker mengetahui cara kerja obat tertentu, dan metabolisme serta efek fisiologisnya pada tubuh manusia dengan sangat rinci, mereka memainkan peran penting dalam optimalisasi perawatan obat untuk individu.

Apoteker diwakili secara internasional oleh Federasi Farmasi Internasional (FIP), sebuah LSM yang terkait dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Mereka diwakili di tingkat nasional oleh organisasi profesi seperti Royal Pharmaceutical Society di Inggris, Pharmaceutical Society of Australia (PSA), Asosiasi Apoteker Kanada (CPhA), Asosiasi Apoteker India (IPA), Asosiasi Apoteker Pakistan (PPA), Asosiasi Apoteker Amerika (APhA), dan Malaysian Pharmaceutical Society (MPS).

Dalam beberapa kasus, badan perwakilan juga merupakan badan pendaftaran, yang bertanggung jawab atas regulasi dan etika profesi.

Di Amerika Serikat, spesialisasi dalam praktik farmasi yang diakui oleh Dewan Spesialisasi Farmasi meliputi: kardiovaskular, penyakit menular, onkologi, farmakoterapi, nuklir, nutrisi, dan psikiatri.[5] Komisi Sertifikasi Farmasi Geriatri memberikan sertifikasi kepada apoteker dalam praktik farmasi geriatri. American Board of Applied Toxicology mensertifikasi apoteker dan profesional medis lainnya dalam bidang toksikologi terapan.

Staf pendukung farmasi

Teknisi farmasi

Teknisi farmasi mendukung pekerjaan apoteker dan profesional kesehatan lainnya dengan melakukan berbagai fungsi yang berhubungan dengan farmasi, termasuk memberikan obat resep dan peralatan medis lainnya kepada pasien dan menginstruksikan penggunaannya. Mereka juga dapat melakukan tugas administratif dalam praktik kefarmasian, seperti meninjau permintaan resep dengan kantor medis dan perusahaan asuransi untuk memastikan obat yang tepat disediakan dan pembayaran diterima.

Undang-undang mewajibkan pengawasan kegiatan teknisi farmasi tertentu oleh seorang apoteker. Mayoritas teknisi farmasi bekerja di apotek komunitas. Di apotek rumah sakit, teknisi farmasi dapat dikelola oleh teknisi farmasi senior lainnya. Di Inggris, peran PhT di apotek rumah sakit telah berkembang dan tanggung jawab telah diserahkan kepada mereka untuk mengelola departemen farmasi dan area khusus dalam praktik farmasi yang memungkinkan apoteker memiliki waktu untuk mengkhususkan diri dalam bidang keahlian mereka sebagai konsultan pengobatan yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dengan pasien dan penelitian. Teknisi farmasi terdaftar di General Pharmaceutical Council (GPhC). GPhC adalah regulator apoteker, teknisi farmasi, dan tempat farmasi.

Di Amerika Serikat, teknisi farmasi menjalankan tugasnya di bawah pengawasan apoteker. Meskipun mereka dapat melakukan, di bawah pengawasan, sebagian besar tugas pengeluaran, peracikan, dan tugas-tugas lainnya, mereka umumnya tidak diizinkan untuk melakukan peran konseling kepada pasien tentang penggunaan obat yang tepat. Beberapa negara bagian memiliki rasio apoteker dan teknisi farmasi yang diamanatkan secara hukum.

Asisten dispensing
Asisten dispensing biasanya disebut sebagai "dispenser" dan di apotek komunitas melakukan sebagian besar tugas yang sama dengan teknisi apotek. Mereka bekerja di bawah pengawasan apoteker dan terlibat dalam menyiapkan (mengeluarkan dan memberi label) obat-obatan untuk diberikan kepada pasien.

Asisten tenaga kesehatan/asisten konter obat
Di Inggris, kelompok staf ini dapat menjual obat-obatan tertentu (termasuk obat-obatan khusus apotek dan obat-obatan yang masuk dalam daftar penjualan umum) tanpa resep. Mereka tidak dapat menyiapkan obat-obatan yang hanya diresepkan untuk diberikan kepada pasien.

Persyaratan pendidikan

Ada beberapa persyaratan sekolah yang berbeda sesuai dengan yurisdiksi nasional di mana siswa bermaksud untuk berlatih.

Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, apoteker umum akan mendapatkan gelar Doktor Farmasi (Pharm.D.). Pharm.D. dapat diselesaikan dalam waktu minimal enam tahun, yang mencakup dua tahun kelas pra-farmasi, dan empat tahun studi profesional. Setelah lulus dari sekolah farmasi, sangat disarankan agar siswa melanjutkan untuk menyelesaikan residensi satu atau dua tahun, yang memberikan pengalaman berharga bagi siswa sebelum keluar secara mandiri untuk menjadi apoteker umum atau khusus.

Kurikulum yang ditetapkan untuk gelar Pharm.D. terdiri dari setidaknya 208 jam kredit. Dari 208 jam kredit, 68 jam kredit merupakan jam kredit yang ditransfer, dan 140 jam kredit sisanya diselesaikan di sekolah profesional. Ada serangkaian tes standar yang harus dilalui oleh siswa selama proses sekolah farmasi. Tes standar untuk masuk ke sekolah farmasi di Amerika Serikat disebut Tes Penerimaan Perguruan Tinggi Farmasi (PCAT). Pada tahun ketiga siswa di sekolah farmasi, siswa harus lulus Penilaian Hasil Kurikulum Farmasi (PCOA). Setelah gelar Pharm.D. diperoleh setelah tahun keempat sekolah profesional, siswa kemudian memenuhi syarat untuk mengikuti Ujian Lisensi Apoteker Amerika Utara (NAPLEX) dan Ujian Yurisprudensi Farmasi Multistate (MPJE) untuk bekerja sebagai apoteker profesional.

Disadur dari: en.wikipedia.org