Program Sarjana Teknik Pertanian

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

06 Mei 2024, 15.53

Sumber: pexels.com

Deskripsi

Program Studi Sarjana Teknik Pertanian mempelajari interdisiplin ilmu pengetahuan hayati, ilmu pengetahuan pertanian, teknologi, dan prinsip-prinsip rekayasa biosistem sebagai solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam proses produksi pertanian untuk menghasilkan sistem atau hasil produksi yang optimal, efisien, dan berkelanjutan. Melalui Program Studi Sarjana Teknik Pertanian, ITB berkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat merancang sistem pertanian terpadu yang berkelanjutan (ramah lingkungan) melalui prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk menghasilkan biomassa yang tinggi dengan sistem yang hemat energi, material, dan ekonomis pada berbagai kondisi lingkungan untuk memenuhi kebutuhan produk pertanian bagi masyarakat.

Tujuan

Program Studi Sarjana Teknik Pertanian menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran dengan menerapkan pendekatan keteknikan di bidang pertanian untuk menghasilkan lulusan yang dapat merancang sistem dan problem solver bagi masyarakat dengan menetapkan Jawa Barat sebagai target fokus dan model dalam mengembangkan potensi dan sumber daya untuk meningkatkan produktivitas kualitas hidup masyarakatnya.

Topik Penelitian

Untuk menciptakan sumberdaya pertanian dan manusia yang unggul, Program Studi Teknik Pertanian menyiapkan skema pendidikan pertanian untuk menghasilkan insinyur pertanian profesional yang dibangun di atas 10 (sepuluh) konsep yang menjadi landasan pengembangan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang dapat merancang sistem produksi biomassa pertanian yang efisien secara biologis dan ekonomis pada berbagai kondisi lahan dan iklim, yaitu Manajemen Bioregional, Manajemen Lingkungan, Keanekaragaman Hayati, Pertanian Terpadu, Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Agribisnis, Siklus Biogeokimia, Pembangunan Berkelanjutan, Konservasi Massal, dan Entropi. Landasan tersebut kemudian digunakan sebagai perumusan body of knowledge program studi, yang mencakup ilmu dasar hingga ilmu teknik dan manajemen.

Prospek Karier

  1. Instansi Pemerintah sebagai pegawai ASN atau non-ASN di Departemen Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 
  2. Industri Pertanian yang menghasilkan produk pertanian sebagai bahan baku utama, seperti industri Kelapa Sawit dan Benih. Industri yang menyediakan sarana produksi pertanian, seperti perusahaan pupuk dan pestisida. 
  3. Pengusaha yang bergerak di bidang tanaman hias, peternakan, atau perusahaan agribisnis yang terlibat dalam penyediaan layanan komprehensif yang mengangkat petani dengan bantuan data dan teknologi yang diaktifkan oleh AI.
  4. Lembaga Penelitian seperti Pusat Penelitian Kelapa Sawit atau World Resources Institute (WRI) Indonesia 
  5. Institusi Pendidikan sebagai dosen atau pengajar di universitas negeri, universitas swasta, dan berbagai institusi pendidikan lainnya.
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang pertanian dan penyuluhan.

Disadur dari: https://www.itb.ac.id/