Sejarah dan Pembangunan Universitas Stanford: Dari Peternakan Hingga Menjadi Institusi Pendidikan Unggulan

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

18 April 2024, 15.39

Sumber: id.wikipedia.org

Universitas Stanford, secara resmi Leland Stanford Junior University, [1] adalah universitas swasta yang berlokasi di Stanford, California, Amerika Serikat. Stanford terletak di dekat kota Palo Alto, California, AS, dan secara geografis dan historis tepat di jantung Silicon Valley.

Universitas Stanford terletak di kampus terbesar kedua di dunia dan terdiri dari sekolah teknik. , hukum, kedokteran, pendidikan, bisnis, ilmu bumi, dan humaniora dan ilmu alam. Universitas ini memiliki beberapa program dan rumah sakit pendidikan, selain sejumlah inisiatif komunitas dan sukarelawan.

Stanford didirikan oleh raja kereta api, gubernur California, senator dan pemimpin Partai Republik Leland Stanford dan istrinya Jane Stanford. Nama universitas ini diambil dari nama anak tunggal mereka, Leland Stanford Jr., yang meninggal karena tifus beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-16. Pada pagi hari kematian putranya, Leland Sr. dia dilaporkan memberi tahu istrinya, "anak-anak California akan menjadi anak-anak kita." dan mereka segera memutuskan untuk mencari cara permanen untuk mengenang putra kesayangan mereka.

Keluarga Stanford mengunjungi beberapa universitas besar di Timur untuk mengumpulkan ide. Legenda yang tersebar luas namun salah di Internet menggambarkan pasangan Stanford sebagai rekan senegaranya yang memutuskan untuk membangun universitas mereka sendiri setelah tawaran mereka untuk menyumbangkan gedung tersebut ke Harvard ditolak. Mereka mengunjungi presiden Harvard, tetapi diterima dengan baik dan menerima proposal untuk mendirikan universitas di California. Sejak awal, mereka membuat beberapa pilihan yang tidak lazim: perguruan tinggi diselenggarakan pada saat mayoritas adalah laki-laki; Non-religius, jika sebagian besar dikaitkan dengan organisasi keagamaan dan bersifat praktik terbuka, menghasilkan "warga negara yang berbudaya dan berguna" padahal sebagian besar hanya peduli pada pendahulunya.

Komunitas lokal dan orang-orang yang terkait dengan universitas ini menyebut sekolah ini sebagai peternakan, sehingga menyiratkan bahwa universitas tersebut berlokasi di lokasi bekas peternakan kuda Leland Stanford.

Hibah pembangunan universitas tersebut ditulis pada tanggal 11 November 1885, dan disetujui oleh dewan pertama universitas pada tanggal 14 November. Peletakan batu pertama dilakukan pada tanggal 14 Mei 1887, dan universitas tersebut resmi dibuka pada tanggal 1 Oktober 1891. Prediksi sebuah surat kabar New York bahwa Profesor Stanford "akan mengajar mengosongkan kursi di aula marmer" terbukti salah. Badan kemahasiswaan pertama terdiri dari 559 mahasiswi gratis dan 15 anggota fakultas, 7 di antaranya berasal dari Cornell University. Sekolah ini didirikan untuk anak laki-laki dan perempuan, meskipun untuk waktu yang lama partisipasi perempuan masih terbatas. Hal ini bukan karena tentangan dari perempuan, melainkan kekhawatiran Jane Stanford, karena dia merasa bahwa tanpa pembatasan seperti itu sekolah akan segera dipenuhi hanya oleh siswa perempuan, yang menurutnya bertentangan dengan niat awalnya. peringatan universitas untuk putra-putranya. Rektor pertama adalah lulusan Cornell, David Jordan, yang mengundurkan diri sebagai rektor Universitas Indiana untuk menjelajah ke barat.

Motto resmi Universitas Stanford, yang dipilih oleh pasangan Stanford, adalah "Die Luft der Freiheit weht". Kutipan bahasa Jerman ini berasal dari Ulrich von Hutten dan berarti "angin kebebasan bertiup". Ketika sekolah ini didirikan, bahasa Jerman baru saja menggantikan bahasa Latin sebagai bahasa dominan dalam sains dan filsafat (posisi yang dipegangnya hingga pecahnya Perang Dunia II).

Stanford termasuk arsitek lanskap terkenal Frederick Law Olmsted, yang menciptakan New . Central Park of York untuk menyediakan rencana fisik untuk universitas. Kolaborasi ini sempat dibicarakan, namun pada akhirnya menghasilkan dua sudut pada poros timur-barat. Saat ini, seiring dengan pertumbuhan Stanford, para arsitek universitas berupaya untuk memenuhi rencana awal universitas.

Disadur dari Artikel : en.wikipedia.org