Persetujuan Kementerian untuk kampus baru Deakin-Lancaster di Indonesia

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

08 Mei 2024, 08.33

Sumber: www.lancaster.ac.uk

Lancaster University telah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendidikan Indonesia untuk melanjutkan kampus cabang internasional di Bandung, Jawa Barat. Lancaster merupakan universitas Inggris pertama yang mendapat persetujuan untuk membuka kampus cabang internasional di Indonesia.

Bekerja sama dengan Deakin University, kampus gabungan yang inovatif ini akan mendukung aspirasi pendidikan dan penelitian Pemerintah Indonesia serta memberikan manfaat sosial, budaya, dan ekonomi bagi negara. Kemitraan ini juga merupakan kampus gabungan pertama di luar negeri Inggris dan Australia.

Kampus Deakin University Lancaster University Indonesia telah menerima dukungan kuat dari Pemerintah Australia dan Inggris dan telah disetujui oleh regulator nasional di Australia, Inggris dan Indonesia.

Pelajar Indonesia akan mempunyai kesempatan untuk memperoleh kualifikasi ganda sarjana dari institusi kelas dunia sambil menikmati banyak manfaat dari tinggal dan bekerja dekat dengan rumah, didukung oleh keluarga dan teman-teman mereka. Kampus baru ini pada awalnya akan menampung hingga 1.500 mahasiswa dan sekitar 100 staf, dengan rencana untuk menampung lebih banyak mahasiswa di tahun-tahun mendatang.

Gelar ganda menyatukan modul-modul yang ada dari program sarjana di kedua universitas, memungkinkan siswa untuk mencapai dua kualifikasi gelar individu dalam satu program studi terintegrasi.

Kampus ini pada awalnya akan menyelenggarakan lima program gelar sarjana ganda di bidang Bisnis dan Teknologi Informasi, dengan penerimaan pertama diusulkan pada September 2024.

Kampus Deakin University Lancaster University Indonesia yang baru akan berlokasi di pusat kota Bandung yang ramai, sekitar satu jam dengan kereta berkecepatan tinggi dari Jakarta. Ini akan dirancang dan dilengkapi untuk menyediakan lingkungan belajar dan mengajar kelas dunia bagi siswa dan staf. Kedua universitas berkomitmen untuk berinvestasi dalam kampus yang memberikan pengalaman mahasiswa terbaik.

Lancaster, universitas peringkat 15 teratas di Inggris, berkomitmen untuk memberikan manfaat langsung kepada mahasiswa dan masyarakat di negara-negara di mana manfaat timbal balik dapat diperoleh dari keterlibatan dengan gelar Lancaster yang diakui secara internasional - ini termasuk menghubungkan mahasiswa dan komunitas untuk berbagi perspektif dan membangun memahami. Dengan terlibat secara internasional dalam pendidikan dan penelitian, Universitas bertujuan untuk mempromosikan pertukaran pengetahuan, mendorong perdebatan dan memperjuangkan kebebasan akademik.

Lancaster University adalah penyedia pendidikan transnasional Inggris terbesar di Malaysia, bekerja sama dengan Sunway University (Sumber: HESA) dan merupakan Universitas Inggris pertama yang membuka kampus di Leipzig, Jerman. Lancaster juga memiliki kampus mitra di Ghana dan Tiongkok.

Universitas Lancaster dan Deakin memiliki kolaborasi jangka panjang dalam mobilitas mahasiswa dan penelitian serta memiliki jejak kemitraan global yang saling melengkapi dengan baik. Penyedia pendidikan global Navitas akan memimpin operasional kampus, membangun kemitraan yang sudah ada dengan kedua universitas.

Wakil Rektor Lancaster, Profesor Andy Schofield mengatakan: “Dengan dukungan dari Pemerintah Indonesia, Inggris dan Australia, kami senang bisa bekerja sama dengan Deakin University. Lancaster berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif, membangun komunitas pelajar global dan, bersama mitra kami, memberikan dampak positif pada wilayah tempat kami beroperasi. Selama kunjungan saya ke negara ini, saya sangat mengapresiasi sambutan hangat dan dukungan yang kami terima dan kami berharap dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan para pemangku kepentingan seiring kami melanjutkan rencana bersama.”

Profesor Sir Steve Smith, Juara Pendidikan Internasional di Inggris mengatakan: “Saya senang bahwa Lancaster University telah mengambil kesempatan ini untuk memperluas jangkauannya ke Indonesia, dalam kemitraan dengan Universitas Deakin di Australia, menandai momen penting sebagai kampus cabang Inggris pertama yang melakukan hal tersebut.

“Perkembangan ini merupakan bukti komitmen pemerintah Inggris, yang telah mengidentifikasi Indonesia sebagai mitra prioritas untuk memperluas kerja sama di bidang pendidikan. Saya merasa senang menjadi ujung tombak keterlibatan yang berkelanjutan di Indonesia dan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam kemitraan pendidikan transnasional.

“Saya berharap dapat bekerja sama dengan Lancaster University untuk lebih meningkatkan kemitraan pendidikan Inggris-Indonesia, sejalan dengan ambisi Indonesia untuk memperkuat sektor pendidikan tinggi.”

Profesor Iain Martin, Wakil Rektor Deakin University, mengatakan: “Mendirikan kampus bersama dalam kemitraan dengan Lancaster University merupakan tonggak penting dalam sejarah panjang keterlibatan Deakin dengan Indonesia. Lancaster adalah universitas terkemuka di Inggris dan institusi penelitian intensif dengan fokus kuat dalam memberikan pengajaran berkualitas tinggi. Negara ini memiliki catatan penyampaian pendidikan transnasional luar negeri yang mengesankan di Ghana, Jerman, Tiongkok dan Malaysia.”

Scott Jones, CEO Navitas, mengatakan peluncuran kampus di Indonesia merupakan bagian dari komitmen Navitas untuk membantu universitas menjangkau lebih banyak mahasiswa di lokasi baru, dan untuk meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas di seluruh dunia melalui kampus cabang yang memberikan pengalaman mahasiswa dan hasil akademik yang luar biasa. .

“Proyek yang menarik dan inovatif ini dibangun berdasarkan rekam jejak kami dalam menyelenggarakan pendidikan transnasional melalui kemitraan dengan universitas-universitas di seluruh dunia. Hal ini mewakili apa yang mungkin terjadi ketika penyedia pendidikan kelas dunia bekerja sama untuk menanggapi kebutuhan, tantangan, dan tuntutan global dari pelajar, industri, dan pemerintah,” katanya.

Disadur dari: www.lancaster.ac.uk