Pembelajaran Berbasis Desain bagi Pelajar

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

09 Maret 2024, 04.18

Pembelajaran berbasis desain (DBL), juga dikenal sebagai instruksi berbasis desain, adalah model pembelajaran berbasis inkuiri atau pedagogi yang didasarkan pada integrasi proses desain dan pemikiran desain ke dalam ruang kelas di sekolah tingkat K–12 dan pasca-sekolah menengah. Lingkungan pembelajaran berbasis desain dapat ditemukan di banyak disiplin ilmu, termasuk yang secara tradisional terkait dengan desain (seperti seni, arsitektur, teknik, desain interior, desain grafis), serta disiplin ilmu lain yang biasanya tidak dianggap terkait dengan desain (seperti teknologi, bisnis, humaniora, sains, dll.). DBL, bersama dengan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah, digunakan untuk mengajarkan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi dan komunikasi serta mendorong pembelajaran yang lebih mendalam.

Pelajar membuat dan mendesain karya seni yang membutuhkan pemahaman dan penerapan pengetahuan, yang mendukung pembelajaran yang lebih mendalam. Ketika pelajar membuat, menilai, dan mendesain ulang proyek mereka, aktivitas DBL membantu mereka melakukan iterasi. Pekerjaan yang kompleks seringkali memerlukan kerja sama dan peran khusus, yang memberi pelajar kesempatan untuk menjadi "ahli" dalam bidang tertentu. Dalam proyek desain, pelajar harus menetapkan tujuan dan batasan, membuat konsep, dan membuat prototipe dengan storyboard atau teknik representasi lainnya. Kompetisi robotika di sekolah adalah kegiatan pembelajaran berbasis desain yang populer di mana tim pelajar bekerja sama untuk membuat, membangun, dan mengendarai robot untuk melawan lawan mereka.

Doreen Nelson, a professor at California State Polytechnic University, Pomona and the Art Center College of Design, developed design-based learning in the 1980s. Kinesthetic problem-solving mungkin membantu siswa mendapatkan, menyimpan, dan menggabungkan informasi secara praktis.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Design-based_learning