Dorongan Infrastruktur yang Kuat di Indonesia

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

08 Mei 2024, 11.28

Sumber:  en.antaranews.com

Jakarta (Antara) - “Banyak yang sedikit, lama-lama jadi banyak” adalah pepatah yang mungkin bisa menggambarkan upaya pemerintah Indonesia dalam membangun infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir. Namun, “sedikit” bukanlah kata yang tepat karena pemerintah telah membangun infrastruktur dalam skala besar di seluruh negeri - dari Sabang sampai Merauke.

Upaya pembangunan infrastruktur Indonesia yang cepat dan signifikan ini mendapat pujian dari Kaushik Chakraborty, wakil presiden dan eksekutif Asia Pasifik sistem bentley, sebuah perusahaan perangkat lunak rekayasa infrastruktur. Pujian tersebut disampaikannya kepada Indonesia dalam sebuah wawancara dengan antara di sela-sela acara 2023 penghargaan tahun infrastruktur dan penghargaan pergi digital di Singapura.

Menurut Chakraborty, Indonesia adalah negara besar dengan populasi yang besar. Besarnya jumlah penduduk telah mendorong pemerintah untuk terus membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk melayani masyarakat, tambahnya. Menurutnya, semua infrastruktur bermanfaat karena para pembuat kebijakan harus membuat perhitungan yang komprehensif sebelum memutuskan untuk memulai pembangunan infrastruktur tertentu.

Wajar jika ada pro dan kontra dalam pembangunan infrastruktur, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di hampir semua negara di dunia, katanya. Ia kemudian mengutip proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai contoh. Meskipun berhasil meraih penghargaan proyek terbaik 2022 dari sistem bentley , mega proyek transportasi massal ini tidak lepas dari sorotan yang kurang baik dari beberapa pihak.

Sebagai seorang profesional di bidang infrastruktur, Chakraborty mengatakan bahwa pandangan sinis seperti itu bukanlah hal yang baru karena biasanya dibutuhkan waktu sekitar lima tahun bagi sebuah proyek untuk mencapai puncaknya. Dia menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah Indonesia akan menghubungkan kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini dengan infrastruktur dan sistem transportasi lainnya.

Rencana Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan sistem kereta cepat yang menghubungkan Jakarta dengan Surabaya, Jawa Timur, merupakan bukti komitmen para pemimpinnya untuk memajukan perekonomian negara melalui pembangunan infrastruktur, kata Chakraborty.

Dia membuat pernyataan tersebut berdasarkan fakta bahwa Jakarta dan Surabaya merupakan pusat-pusat ekonomi Indonesia. Masyarakat harus menanamkan pandangan bahwa setiap infrastruktur dibangun untuk kepentingan mereka, katanya. Insinyur yang berpengalaman ini kemudian menggarisbawahi pentingnya mengembangkan apa yang disebutnya “infrastruktur untuk rakyat” - infrastruktur yang terkait dengan pasokan air dan listrik, transportasi, dan perumahan - dengan mengatakan bahwa ia percaya bahwa semua itu adalah fondasi dari perjalanan sebuah bangsa menuju kemajuan.

Sementara itu, direktur senior sistem bentley untuk solusi industri energi, Marc Biagi, mengatakan bahwa ia percaya bahwa pembangunan infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Menurut Biagi, saat ini dunia kekurangan insinyur dari berbagai disiplin ilmu yang mampu mengikuti tren terbaru pembangunan infrastruktur yang lebih canggih.

Ia mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur yang tepat waktu dan hemat biaya membutuhkan keterlibatan tidak hanya arsitek dan ahli teknik sipil, tetapi juga talenta yang memiliki pengetahuan yang memadai mengenai geoteknik, logistik, lingkungan, perangkat lunak, komunikasi, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin.

Kolaborasi antara talenta multidisiplin tersebut dapat dilihat pada proyek pembangunan Jalan Tol 3A di ibu kota masa depan Indonesia, Nusantara, di Kalimantan Timur. Greg bentley, kepala eksekutif sistem bentley, mengatakan bahwa perusahaannya telah memilih perusahaan konstruksi milik negara PT Hutama Karya sebagai salah satu penerima Penghargaan Penghargaan Pendiri 2023 untuk proyek “Rekayasa Geoteknik untuk Mendukung Keberlanjutan di Kota Nusantara di Jalan Tol IKN 3A”.

Dalam membangun jalan tol ini, Hutama Karya menggunakan teknologi digital untuk menentukan desain yang optimal untuk mengurangi risiko longsor, yang jika terjadi dapat secara signifikan mengganggu pasokan listrik di Nusantara. Selain itu, penerapan wawasan dari para pekerja multidisiplin juga tercermin dari penggunaan teknologi untuk mengamati kondisi bawah tanah di lokasi proyek.

Penggunaan teknologi telah meniadakan kebutuhan Hutama Karya untuk mendapatkan lahan tambahan untuk penimbunan lokasi proyek seluas 1,5 juta meter persegi dan membantu perusahaan membangun tanggul anti longsor. Selain Hutama Karya, penghargaan penghargaan pendiri juga diberikan kepada PT Waskita Karya, perusahaan konstruksi milik negara lainnya, untuk proyek yang disebut “berevolusi ke ekosistem digital untuk ibu kota baru Indonesia”. Jika ditelusuri lebih jauh, masih banyak lagi proyek-proyek infrastruktur di Indonesia yang telah menerima penghargaan internasional.

Pencapaian-pencapaian tersebut menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam mengerjakan proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mendorong perekonomian dengan harapan dapat menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Disadur dari: en.antaranews.com