Perangkat Lunak Sistem Pengatur Esensial dalam Komputasi

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

29 April 2024, 10.07

Sumber: freepik.com

Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menyediakan platform bagi perangkat lunak lain. Contoh perangkat lunak sistem termasuk sistem operasi (OS) (seperti macOS, Linux, Android, dan Microsoft Windows). Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas yang berorientasi pada pengguna seperti membuat dokumen teks, bermain atau mengembangkan game, membuat presentasi, mendengarkan musik, menggambar, atau menjelajahi web. Contohnya adalah: perangkat lunak ilmu komputasi, mesin permainan, mesin pencari, otomasi industri, dan perangkat lunak sebagai aplikasi layanan.

Pada akhir tahun 1940-an, perangkat lunak aplikasi ditulis secara khusus oleh pengguna komputer agar sesuai dengan perangkat keras dan kebutuhan mereka. Perangkat lunak sistem biasanya dipasok oleh produsen perangkat keras komputer dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar atau semua pengguna sistem tersebut. Banyak sistem operasi yang sudah dipaketkan dengan perangkat lunak aplikasi dasar. Perangkat lunak semacam itu tidak dianggap sebagai perangkat lunak sistem jika dapat dihapus tanpa memengaruhi fungsi perangkat lunak lain. Contoh perangkat lunak tersebut adalah permainan dan alat pengeditan sederhana yang disertakan dengan Microsoft Windows, atau rantai alat pengembangan perangkat lunak yang disertakan dengan banyak distribusi Linux.

Beberapa area abu-abu antara sistem dan perangkat lunak aplikasi adalah peramban web yang terintegrasi secara mendalam ke dalam sistem operasi seperti Internet Explorer pada beberapa versi Microsoft Windows, atau ChromeOS di mana peramban berfungsi sebagai satu-satunya antarmuka pengguna dan satu-satunya cara untuk menjalankan program (dan peramban web lain sebagai penggantinya). Perangkat lunak berbasis cloud adalah contoh lain dari perangkat lunak sistem, yang menyediakan layanan kepada klien perangkat lunak (biasanya browser web atau aplikasi JavaScript yang berjalan di browser web), bukan kepada pengguna secara langsung. Perangkat lunak ini dikembangkan dengan menggunakan metodologi pemrograman sistem dan bahasa pemrograman sistem.

Sistem operasi atau program kontrol sistem

Sistem operasi (contohnya adalah Microsoft Windows, macOS, Linux, dan z/OS), memungkinkan bagian-bagian komputer untuk bekerja sama dengan melakukan tugas-tugas seperti mentransfer data antara memori dan disk atau merender output ke perangkat tampilan. Kernel menyediakan platform (lapisan abstraksi perangkat keras) untuk menjalankan perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi tingkat tinggi.

Kernel adalah bagian inti dari sistem operasi yang mendefinisikan antarmuka pemrograman aplikasi untuk program aplikasi (termasuk beberapa perangkat lunak sistem) dan antarmuka ke driver perangkat Driver perangkat dan firmware perangkat, termasuk BIOS komputer, menyediakan fungsionalitas dasar untuk mengoperasikan dan mengontrol perangkat keras yang tersambung atau terpasang di komputer.

Antarmuka pengguna berinteraksi dengan komputer. Antarmuka ini dapat berupa antarmuka baris perintah (CLI) atau, sejak tahun 1980-an, antarmuka pengguna grafis (GUI). Ini adalah bagian dari sistem operasi yang berinteraksi langsung dengan pengguna, ini dianggap sebagai aplikasi dan bukan perangkat lunak sistem.

Perangkat lunak utilitas atau program pendukung sistem

Beberapa organisasi menggunakan istilah pemrogram sistem untuk menggambarkan fungsi pekerjaan yang lebih tepat disebut administrator sistem. Perangkat lunak yang digunakan oleh para karyawan ini kemudian disebut perangkat lunak sistem. Perangkat lunak utilitas ini membantu menganalisis, mengonfigurasi, mengoptimalkan, dan memelihara komputer, seperti perlindungan terhadap virus. Istilah perangkat lunak sistem juga dapat mencakup alat pengembangan perangkat lunak (seperti kompiler, penghubung, atau debugger).


Disadur dari: en.wikipedia.org