Perangkat Lunak Sistem: Pengatur Esensial dalam Komputasi

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

20 Maret 2024, 09.50

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:RTOSWin.png

Perangkat lunak sistem adalah perangkat lunak yang dirancang untuk menyediakan platform bagi perangkat lunak lainnya. Contoh dari perangkat lunak sistem termasuk sistem operasi (OS) seperti macOS, Linux, Android, dan Microsoft Windows.

Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna melakukan tugas-tugas berorientasi pengguna seperti membuat dokumen teks, bermain atau mengembangkan permainan, membuat presentasi, mendengarkan musik, menggambar gambar, atau menjelajahi web. Contohnya adalah perangkat lunak ilmu komputasi, mesin permainan, mesin pencari, otomatisasi industri, dan aplikasi perangkat lunak sebagai layanan.

Pada akhir tahun 1940-an, perangkat lunak aplikasi ditulis khusus oleh pengguna komputer untuk cocok dengan perangkat keras dan kebutuhan mereka. Perangkat lunak sistem biasanya disediakan oleh produsen perangkat keras komputer dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar atau semua pengguna sistem tersebut.

Banyak sistem operasi sudah disertakan dengan perangkat lunak aplikasi dasar. Perangkat lunak tersebut tidak dianggap sebagai perangkat lunak sistem ketika dapat dihapus tanpa memengaruhi fungsi perangkat lunak lainnya. Contoh dari perangkat lunak tersebut adalah permainan dan alat pengeditan sederhana yang disertakan dengan Microsoft Windows, atau rantai alat pengembangan perangkat lunak yang disertakan dengan banyak distribusi Linux.

Beberapa area abu-abu antara perangkat lunak sistem dan aplikasi adalah browser web yang terintegrasi dengan mendalam ke dalam sistem operasi seperti Internet Explorer dalam beberapa versi Microsoft Windows, atau ChromeOS di mana browser berfungsi sebagai satu-satunya antarmuka pengguna dan satu-satunya cara untuk menjalankan program (dan browser web lainnya yang menggantikannya).

Perangkat lunak berbasis awan adalah contoh lain dari perangkat lunak sistem, menyediakan layanan kepada klien perangkat lunak (biasanya browser web atau aplikasi JavaScript yang berjalan di browser web), bukan langsung kepada pengguna. Ini dikembangkan menggunakan metodologi pemrograman sistem dan bahasa pemrograman sistem.

Sistem operasi atau program kontrol sistem

Sistem operasi, seperti Microsoft Windows, macOS, Linux, dan z/OS, berfungsi sebagai tulang punggung komputer, memfasilitasi koordinasi komponen-komponennya dengan menjalankan tugas-tugas seperti transfer data antara memori dan disk serta menampilkan output di layar. Sistem operasi membangun fondasi (dikenal sebagai lapisan abstraksi perangkat keras) untuk menjalankan perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi tingkat tinggi.

Inti dari sistem operasi adalah kernel, yang mendefinisikan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) untuk program aplikasi, termasuk perangkat lunak sistem tertentu, dan berfungsi sebagai antarmuka ke driver perangkat.

Driver perangkat dan firmware, termasuk BIOS komputer, memberikan fungsionalitas penting untuk mengoperasikan dan mengelola perangkat keras yang terintegrasi atau terhubung ke komputer.

Antarmuka pengguna memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer. Pada awalnya, antarmuka ini dapat berupa antarmuka baris perintah (CLI), tetapi sejak tahun 1980-an, antarmuka ini lebih banyak berupa antarmuka pengguna grafis (GUI). Meskipun pengguna berinteraksi secara langsung dengan bagian sistem operasi ini, namun dikategorikan sebagai aplikasi daripada perangkat lunak sistem.

Perangkat lunak utilitas atau program pendukung sistem

Organisasi menggunakan istilah "sistem programmer" untuk menggambarkan fungsi pekerjaan yang lebih sesuai dengan "sistem administrator". Perangkat lunak yang digunakan oleh mereka disebut perangkat lunak sistem, yang membantu dalam analisis, konfigurasi, optimalisasi, dan pemeliharaan komputer, termasuk perlindungan dari virus. Perangkat lunak sistem juga dapat mencakup alat pengembangan perangkat lunak, seperti kompilator, linker, atau debugger.


Disadur dari: id.wikipedia.org