Cocok untuk Calon Mahasiswi, 5 Jurusan Teknik Ini Punya Prospek Kerja Menjanjikan

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

01 Maret 2022, 09.39

Jurusan Teknik yang cocok untuk calon mahasiswi.(DOK. Humas Universitas BSI)

Jurusan Teknik biasanya identik dengan mahasiswa atau laki-laki. Sebab, pada tahapan proses masuk jurusan kuliah ini membutuhkan kecerdasan ekstra baik fisik dan mental yang kuat.

Dibalik itu, terdapat banyak alasan mengapa mahasiswa tertarik masuk jurusan Teknik, salah satunya karena peluang karier yang lebih luas dan meminimalisir risiko menganggur setelah lulus kuliah.

Untuk diketahui, jurusan Teknik merupakan salah satu keahlian spesifik, sehingga peluang mahasiswa untuk bekerja di perusahaan atau instansi lebih tinggi. Hal ini juga membuat calon mahasiswa berlomba untuk masuk di jurusan Teknik.

Namun, apakah ada jurusan Teknik yang cocok untuk calon mahasiswi?

Jangan salah, jurusan Teknik juga dapat menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswi. Bahkan, perguruan tinggi tidak pernah mendiskriminasi atau pun membatasi kaum hawa untuk mengambil jurusan ini.

Apakah Anda tertarik masuk jurusan Teknik, tetapi belum menemukan bidang yang sesuai?

Tidak perlu bingung, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Rabu (22/9/2021), memberikan lima rekomendasi jurusan kuliah di bidang Teknik yang cocok bagi calon mahasiswi yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Teknik Biomedik

Bagi yang belum tahu, jurusan Teknik Biomedik merupakan salah satu bidang yang paling diminati mahasiswi.

Tidak jauh dari dunia medis, pada jurusan ini mahasiswi akan dibekali ilmu tentang sains, kesehatan, dan teknologi kedokteran.

Fokus keilmuan tersebut menjadi salah satu daya tarik Teknik Biomedik bagi calon mahasiswi. Terlebih, prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi cukup besar peluangnya.

Dengan mengambil jurusan Teknik Biomedik, mahasiswi bisa berkarier di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan. 

Adapun rekomendasi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia dengan jurusan Teknik Biomedik di antaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sementara itu, untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) antara lain Institut Teknologi Telkom (ITT) dan Universitas Yarsi.

2. Teknik Kimia

Teknik Kimia merupakan jurusan kedua yang paling diminati mahasiswi di fakultas teknik.

Selain prospek kerja yang menjanjikan, jurusan ini akan dapat membawa mahasiswi berkarier di bidang industri pangan, barang konsumsi, hingga kosmetik.

Tak hanya itu, mahasiswi nantinya juga bisa menggeluti pekerjaan di bidang industri petrokimia maupun minyak dan gas.

Bagi calon mahasiswi yang tertarik masuk jurusan Teknik Kimia dapat memilih salah satu dari daftar PTN terbaik, mulai dari ITB, UGM, UI, ITS dan Universitas Diponegoro (Undip).

Apabila ingin memasuki jurusan Teknik Kimia di PTS, maka dapat memilih perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Nasional (ITN), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), dan Universitas Pertamina.

3. Teknik Industri

Teknik Industri merupakan salah satu jurusan paling populer di kalangan calon mahasiswi. Selain prospek kerja, jurusan ini memiliki jenjang karier yang cukup luas

Adapun cakupan karier Teknik Industri di antaranya pada bidang manufaktur, pengolahan data, sistem informasi, keuangan, pemasaran, manajemen, dan konsultan sumber daya manusia (SDM).

Untuk diketahui, Teknik Industri memiliki tiga bidang keahlian, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, sistem industri, dan tekno ekonomi.

Dengan banyak pilihan bidang keahlian, calon mahasiswi dapat masuk jurusan Teknik Industri di PTN UI, UGM, ITB, Universitas Brawijaya (Unbraw), dan Undip.

Calon mahasiswi juga dapat menemukan jurusan Teknik Industri di PTS terkenal, seperti Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Universitas Pancasila (UP), dan ITN.

4. Teknik Sipil

Teknik Sipil mungkin sudah tidak asing bagi calon mahasiswa yang ingin berkarier di bidang konstruksi. Meski demikian, jurusan ini tidak menutup peluang karier bagi calon mahasiswi.

Untuk diketahui, prospek kerja Teknik Sipil di Indonesia tergolong tinggi. Sebab, Indonesia masih masuk kategori negara berkembang dan tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur.

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk jurusan Teknik Sipil akan mendapat peluang karier di bagian perencanaan dan pengembangan real estate, konsultan properti, sales perusahaan konstruksi, surveyor tanah, hingga kontraktor.

Adapun PTN yang menyediakan jurusan Teknik Industri di antaranya ITB, UI, UGM, ITS, dan Unbraw.

Selain PTN, calon mahasiswa baru juga dapat mendaftar jurusan Teknik Sipil di PTS populer, seperti Universitas Universitas Bina Nusantara (Binus), Institut Teknologi PLN (ITPLN), dan UP.

5. Teknik Elektro

Jurusan Teknik terakhir yang cocok bagi calon mahasiswi adalah Teknik Elektro.

Sebagai jurusan Teknik paling tua, Teknik Elektro fokus pada bidang ilmu yang mempelajari listrik beserta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan bidang kelistrikan, calon mahasiswi Teknik Elektro akan diajarkan lebih dalam pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan, serta produk perangkat listrik dan elektronik.

Untuk prospek kerja, lulusan Teknik Elektro dapat berkarier sebagai product manager, bagian perancangan produk otomotif, perancang dan teknisi mesin, teknisi robot, dan teknisi listrik.

Apabila calon mahasiswi berminat masuk jurusan tersebut,  PTN seperti ITB, UI, UGM, ITS, dan Unbraw bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, apabila ingin masuk Teknik Elektro di PTS, calon mahasiswi bisa mendaftarkan diri di kampus terkenal seperti UP, Universitas BSI, ITT, dan ITN.

Sumber Artikel: kompas.com

Artikel lainnya