Apa itu Teknik Industri?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

08 Mei 2024, 10.09

sumber: pinterest.com

Insinyur industri bekerja dengan kincir angin

Teknik adalah bidang yang penuh dengan pemecah masalah profesional. Insinyur menggunakan kemampuan kreatif dan pengetahuan mereka yang luas dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) untuk mengembangkan solusi inovatif untuk masalah yang kompleks. Selain itu, mereka terus berusaha untuk meningkatkan teknologi yang ada dengan membuatnya lebih aman, lebih dapat diandalkan, dan efisien. Jika Anda merasa ingin menjadi seorang insinyur, Anda harus melihat lebih dekat pada banyak spesialisasi dalam bidang ini dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan minat Anda.

Salah satu dari banyak subbidang ini adalah teknik industri. Teknik industri adalah disiplin ilmu yang diatur secara unik untuk memecahkan masalah dan mengoptimalkan proses untuk mencapai hasil terbaik. Apa itu teknik industri dan apa yang dilakukan oleh insinyur industri? Panduan karir ini membahas pertanyaan-pertanyaan ini dan jalur karir yang umum.

Apa Itu teknik industri?

Teknik industri adalah cabang teknik yang sangat serbaguna dan interdisipliner yang mencakup desain, pengembangan, analisis, dan optimalisasi proses dan sistem yang kompleks. Bidang ini terutama berkaitan dengan implementasi dan peningkatan sistem peralatan, informasi, dan pekerja yang terintegrasi untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam manajemen dan kontrol produksi dan layanan.

Tujuan seorang insinyur industri adalah menciptakan atau memperbaiki produk, sistem, dan desain agar lebih aman dan efisien. Sebagai contoh, insinyur industri dapat memeriksa proses manufaktur untuk mengidentifikasi peluang dalam mengurangi konsumsi energi, merampingkan waktu produksi, dan meminimalkan penggunaan sumber daya sambil memastikan kepatuhan terhadap peraturan keselamatan. Mereka juga dapat mengembangkan solusi inovatif untuk mengoptimalkan logistik rantai pasokan, seperti menemukan cara yang paling efisien untuk mengirimkan paket ke depan pintu Anda. Selain itu, mereka dapat menerapkan keahlian mereka untuk mengoptimalkan jadwal operasi rumah sakit dan janji temu dokter, sehingga memungkinkan layanan kesehatan yang cepat dan aman.

Apa yang dilakukan insinyur industri?

Aktivitas sehari-hari seorang insinyur industri dapat bervariasi tergantung pada industri tempat mereka bekerja dan persyaratan khusus dari perusahaan mereka. Namun, secara umum, teknik industri mencakup salah satu dari tanggung jawab berikut:

  1. Menganalisis jadwal produksi, aliran proses, metodologi, dan spesifikasi teknik untuk mengidentifikasi peluang peningkatan efisiensi. 
  2. Menciptakan sistem kontrol manajemen untuk merampingkan analisis biaya dan mengoptimalkan kinerja. 
  3. Mengembangkan prosedur kontrol kualitas untuk mengidentifikasi masalah produksi dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan keselamatan dan standar kualitas. 
  4. Mengikuti perkembangan peraturan dan standar industri yang terus berubah, serta menyesuaikan prosesnya. 
  5. Mengkoordinasikan proyek dengan semua pemangku kepentingan, termasuk klien, vendor, staf, dan personel manajemen.

Insinyur industri menggunakan prinsip dan keterampilan dalam analisis teknik dan pendekatan desain untuk menganalisis dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem dan proses. Mereka mengimplementasikan dan mengintegrasikan komponen fisik, ekonomi dan manusia serta berbagai sistem produksi dan layanan di berbagai bidang. Mereka juga mengerjakan tugas-tugas seperti perencanaan produksi, kontrol kualitas, manajemen peralatan dan inventaris, tata letak pabrik dan desain stasiun kerja.

Cara menjadi insinyur industri

Jika Anda bersemangat mengejar karier di bidang STEM dan Anda berpikir bahwa teknik industri cocok untuk Anda, bicarakan dengan konselor bimbingan sekolah menengah tentang ambisi karier Anda. Jika memungkinkan, ambil kursus lanjutan dalam bidang matematika, pengkodean komputer, dan sains. Carilah kegiatan ekstrakurikuler yang relevan, seperti klub sains atau klub pengkodean komputer, dan kejarlah kesempatan magang dan kesempatan kerja di daerah Anda.

Untuk menjadi seorang insinyur industri, Anda akan membutuhkan gelar sarjana di bidang teknik. Meskipun gelar master biasanya tidak diperlukan, Anda dapat memilih untuk mengejarnya di kemudian hari dalam karier Anda. Setelah kuliah, Anda harus mendapatkan sertifikasi teknik awal dan mendapatkan pengalaman kerja profesional sebelum Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikasi teknik profesional dan lisensi negara bagian.

Dapatkan gelar teknik industri anda

Setelah sekolah menengah, langkah pertama untuk menjadi seorang profesional teknik industri adalah mendapatkan gelar sarjana di bidang teknik. Beberapa calon insinyur industri memilih gelar teknik umum, sementara yang lain mungkin memilih konsentrasi di bidang teknik mesin atau listrik. Namun, pilihan terbaik adalah gelar teknik industri.

Jika Anda mendaftar di program gelar teknik industri, Anda akan mendapatkan beragam spektrum kompetensi STEM yang dapat langsung diterapkan di berbagai industri. Kurikulum spesifik akan bervariasi dari satu sekolah ke sekolah lainnya. Topik dan kompetensi utama dalam gelar Bachelor of Science in Industrial Engineering adalah:

  1. Teknik probabilistik dan statistik - simulasi, six sigma, dll. 
  2. Optimasi dan penjadwalan 
  3. Pengukuran kerja, faktor manusia dan ergonomi 
  4. Desain dan analisis arsitektur 

Analisis dan model bisnis dan teknik

Selama menjadi mahasiswa, Anda mungkin diminta untuk menyelesaikan satu atau lebih proyek capstone. Proyek capstone biasanya merupakan proyek penelitian dan penulisan intensif yang dimaksudkan untuk menjadi puncak dari kompetensi yang telah Anda peroleh selama masa kuliah. Jika memungkinkan, pilihlah topik yang mencerminkan minat profesional Anda, karena Anda mungkin akan mendiskusikan proyek akhir Anda selama wawancara dengan calon pemberi kerja setelah lulus.

Dapatkan sertifikasi FE anda

Bahkan setelah mendapatkan gelar teknik industri, Anda tidak akan memenuhi syarat untuk secara resmi menyebut diri Anda seorang insinyur. Anda akan menjadi peserta magang untuk sementara waktu sampai Anda bisa mendapatkan sertifikasi Prinsip dan Praktik Teknik (PE) dan lisensi negara bagian. Tetapi pertama-tama, Anda harus mendapatkan sertifikasi Fundamentals of Engineering (FE).

Anda dapat mengikuti ujian FE setelah lulus atau saat masih menjadi mahasiswa yang mendekati kelulusan. Ujian ini diselenggarakan sepanjang tahun di pusat-pusat pengujian yang telah disetujui. Anda akan memiliki waktu enam jam untuk menjawab 110 pertanyaan.1

Anda harus merencanakan untuk menyisihkan banyak waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Tinjau kembali catatan kelas Anda dan pelajari materi persiapan ujian yang ditawarkan oleh National Council of Examiners for Engineering and Surveying (NCEES), organisasi profesional yang memberikan sertifikasi kepada para insinyur. Pada ujian FE Teknik Industri, Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan hal-hal berikut:

  1. Pemodelan dan analisis kuantitatif 
  2. Probabilitas dan statistik 
  3. Ekonomi teknik 
  4. Matematika 
  5. Ilmu-ilmu teknik 
  6. Etika dan praktik profesional 
  7. Desain kerja 
  8. Faktor manusia, ergonomi dan keselamatan

Memperoleh pengalaman tingkat awal untuk membangun pengetahuan dan keterampilan anda

Setelah Anda mendapatkan sertifikasi FE, Anda dapat mengejar pekerjaan tingkat pemula di bidang teknik industri. Pada titik ini dalam karier Anda, Anda secara resmi akan dikenal sebagai insinyur dalam pelatihan (EIT) atau magang teknik (EI). Persyaratan negara bagian untuk mendapatkan lisensi berbeda-beda, tetapi banyak yang mengharuskan EIT untuk memiliki beberapa tahun pengalaman profesional sebelum mendapatkan lisensi negara bagian. Anda juga harus memenuhi persyaratan kerja agar memenuhi syarat untuk mengikuti ujian PE.

Dapatkan sertifikasi PE anda

Setelah Anda memenuhi persyaratan kelayakan, termasuk pengalaman kerja profesional, Anda dapat mengikuti ujian PE. Tidak seperti ujian FE, ujian PE hanya diberikan sekali per tahun. Ini berarti Anda harus merencanakan dengan baik sebelumnya agar siap mengikuti ujian setelah Anda memenuhi persyaratan kerja. Ujian yang berlangsung selama 9,5 jam ini terdiri dari 85 pertanyaan,2 dan mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan bidang teknik industri. Sangat penting untuk mempersiapkan diri secara menyeluruh untuk ujian ini, karena kelulusan ujian ini sangat penting untuk menjadi insinyur profesional berlisensi.

Keterampilan dan Karakteristik Penting untuk Karier Teknik Industri

Ketika Anda mempersiapkan diri untuk mengejar karier di bidang teknik industri, Anda akan menemukan bahwa keterampilan dan karakteristik berikut ini akan sangat membantu:

  1. Pemecahan masalah yang kreatif 
  2. Pemikiran kritis 
  3. Penalaran analitis 
  4. Keterampilan matematika 
  5. Keterampilan komunikasi

Apakah insinyur industri banyak diminati?

Prospek pekerjaan yang kuat untuk profesi ini sebagian disebabkan oleh keserbagunaan subbidang teknik ini. Ada permintaan yang kuat untuk insinyur industri di berbagai industri, termasuk manufaktur, konsultasi, layanan ilmiah dan perawatan kesehatan.

Anda dapat memadukan hasrat Anda untuk STEM dengan tujuan ketika Anda mendaftar dalam gelar di bidang teknik industri di Grand Canyon University (GCU). Gelar Bachelor of Science in Industrial Engineering mempersiapkan Anda untuk mengembangkan proses dan sistem baru yang inovatif berkat fondasi yang kuat dalam kompetensi seperti desain kerja manusia, manajemen ramping dan desain berbantuan komputer. Pelajari lebih lanjut tentang program gelar teknik kami dari College of Science, Engineering and Technology GCU.

Disadur dari: gcu.edu