Apa Itu Teknik Sumber Daya Air?

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

06 Mei 2024, 12.08

Sumber: engineeringonline.ucr.edu

Master of Science di bidang Teknik online di University of California, Riverside adalah tiket kelas satu menuju peluang. Menampilkan beragam spesialisasi seperti kimia, ilmu data, material pada skala nano, dan lingkungan program ini memungkinkan Anda mengasah hasil pembelajaran agar sesuai dengan minat paling Anda dan bidang yang ingin Anda masuki atau lebih jauh setelah selesai.

Disiplin terakhir ini teknik lingkungan memiliki banyak cabang. Salah satunya adalah rekayasa sumber daya air. Biasanya, teknik pengairan adalah salah satu cabang teknik sipil, tetapi di University of California, Riverside, teknik ini berada di bawah payung teknik lingkungan.

Mereka yang memiliki pekerjaan di bidang teknik sumber daya air memainkan peran penting yang unik dalam pelestarian dan kelanjutan sumber daya bumi yang paling melimpah ini. Menurut sebagian besar perkiraan, sekitar tiga perempat planet ini tertutup air. Hal ini merupakan hal yang baik mengingat hal ini adalah sesuatu yang diandalkan oleh semua makhluk hidup manusia, hewan, dan tumbuhan untuk bertahan hidup.

Meskipun demikian, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya yang dilakukan para insinyur sumber daya air. Berikut ini akan memberikan rincian lebih lanjut tentang cabang teknik lingkungan ini sehingga Anda dapat memutuskan apakah teknik pengairan merupakan penekanan yang ingin Anda kejar sebagai karier.

Apa yang dimaksud dengan rekayasa sumber daya air?

Rekayasa sumber daya air adalah studi dan pengelolaan peralatan, fasilitas dan teknik yang digunakan untuk mengelola dan melestarikan sumber daya kehidupan yang paling melimpah. Selain menilai bagaimana dan cara terbaik untuk mengendalikan air yang berkaitan dengan kegiatan yang berhubungan dengan air seperti irigasi, pembuangan limbah dan pembangunan saluran insinyur sumber daya air juga sering terlibat dalam pengelolaan air untuk memastikan bahwa air tersebut aman untuk diminum.

Baik untuk kegunaan manusia, tumbuhan maupun hewan. Seperti disebutkan sebelumnya, air permukaan membentuk sekitar 71% dari planet bumi, yang setara dengan sekitar 326 juta mil kubik. Namun, pada saat yang sama, hanya 3% air bumi yang segar , menurut Biro Reklamasi. Dan dari jumlah tersebut, 2,5% di antaranya berada di luar jangkauan, terkandung di dalam tanah, lapisan es di kutub, atmosfer, dan gletser, atau terlalu tercemar untuk digunakan secara aman.

Insinyur sumber daya air mungkin diberi tanggung jawab besar untuk memastikan bahwa perencanaan dan pengelolaan pasokan air yang tersedia dimanfaatkan secara memadai dan tetap aman untuk digunakan selama mungkin. Mereka juga mungkin terlibat dalam pengolahan air sehingga kualitas air ditingkatkan untuk berbagai penggunaan akhir, baik untuk rekreasi, komersial, atau industri.

Mengapa rekayasa sumber daya air penting?

Sumber daya, pada dasarnya, terbatas. Hanya ada sedikit sumber energi terbarukan yang tersedia secara alami – seperti tenaga angin, tenaga surya, tenaga air, dan biomassa. Meskipun air dapat diperbarui dalam berbagai cara untuk digunakan dan digunakan kembali, jumlahnya tidak sebanyak dulu, yang oleh banyak ilmuwan bumi dan ahli iklim disebut sebagai fungsi dari perubahan iklim.

Biro Reklamasi memberikan beberapa perspektif mengenai betapa terbatasnya sumber daya ini dalam hal kegunaannya, meskipun luasnya. Jika persediaan air dunia berjumlah sekitar 26 galon, maka jumlah air tawar yang tersedia untuk penggunaan yang aman setara dengan 0,003 liter. Itu setara dengan sekitar setengah sendok teh.

Insinyur sumber daya air mungkin ditugaskan untuk mengembangkan sistem atau proses baru untuk entitas swasta atau pemerintah yang dapat melestarikan sumber air tawar dan menemukan sumber air baru. Hal ini mungkin memerlukan bantuan insinyur sipil yang terlibat, merancang metode pemurnian air melalui desalinasi atau membuat peralatan baru untuk mengangkut kontaminan ketika air digunakan untuk keperluan irigasi.

Memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam pengelolaan sumber daya air seringkali merupakan upaya gabungan dan mungkin melibatkan sejumlah analisis berbeda, termasuk hidrologi, yang merupakan studi tentang siklus air dan arah alirannya, yang mungkin merupakan dipengaruhi oleh cuaca dan kekuatan lingkungan lainnya.

Berapa penghasilan seorang insinyur air?

Seperti kebanyakan profesi lainnya, gaji rata-rata insinyur pengairan sebagian besar bergantung pada seberapa banyak pengalaman yang mereka miliki dan tingkat pendidikan mereka. Minimal, sebagian besar pekerjaan teknik sumber daya air memerlukan gelar sarjana. Semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, seperti gelar master di bidang teknik lingkungan, semakin banyak pula penghasilan yang bisa Anda peroleh.

Menurut angka terbaru yang tersedia dari Biro Statistik Tenaga Kerja, para profesional di bidang teknik lingkungan biasanya menghasilkan sekitar $87,600 , yang merupakan median pada tahun 2018. Namun, 10% teratas memperoleh hampir $137,100 dan umumnya bekerja di pemerintah federal.

Apakah ada disiplin ilmu dalam teknik pengairan?

Sebagaimana terdapat banyak cabang teknik lingkungan, hal yang sama juga berlaku untuk teknik pengairan. Salah satunya adalah rekayasa air limbah. Sesuai dengan judulnya, insinyur dalam peran ini bertanggung jawab untuk melakukan aktivitas yang dapat mengelola atau mengangkut air yang tidak dapat digunakan lagi dengan lebih efektif.

Hal ini mungkin melibatkan pengolahan air limbah dan mendeteksi tingkat pencemaran air melalui penginderaan jauh. Insinyur air limbah juga dapat memberikan wawasan kepada dunia usaha atau lembaga pemerintah tentang cara yang lebih baik untuk membersihkan atau menyalurkan air limbah dari sumber seperti sungai dan muara agar tidak terkontaminasi.

Disadur dari: engineeringonline.ucr.edu