Embung Poang di Desa Taenterong II NTT: Progres Pembangunan Capai 30,49% Menuju Manfaat Air Bersih dan Irigasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

17 April 2024, 09.45

Sumber: pu.go.id

Waduk seperti tangki sangat diperlukan, terutama di desa Taenterong II, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, peternakan, dan irigasi. Mata air yang mengalir terus menerus dari Pegunungan Inerie terbuang sia-sia karena tidak ada tempat penampungan.

Pada TA 2020, Kementerian PUPR membangun Waduk Serba Guna Poang di Desa Taenterong II dengan anggaran NTT sebesar €11,5 miliar dari APBN. Kontraktor yang mengerjakan pembangunan ini diatur oleh PT. Cipta Tiga Prima dan Konsultan PT. Cipta Wahana Nusantara Kupang KSO PT. Kencana Adya Daniswara. Waduk ini diharapkan mampu menghidupi 150 KK dan 350 hewan ternak serta mengairi lahan seluas 550 hektar. Selain waduk, dibangun juga 8 tangki hewan dan 6 tangki air murni untuk manusia.

PPK dalam pembangunan bendungan Danau Situ dan Embung II (Flores), Aprianus M. Y. Kale, menyampaikan bahwa pengerjaan sudah dimulai pada awal Agustus. Tahapan awal termasuk pembangunan tanggul setinggi 3 meter, penggalian tandon air, penggalian drainase, dan pengerjaan counter yang mencapai 30 meter. Bahan seperti batu, pasir, dan semen juga sudah dipersiapkan.

Pada 9 Agustus 2020, progres pembangunan Embung Poang sudah mencapai 30,49%, lebih cepat dari rencana. Diharapkan pembangunan selesai 100% pada 7 November 2020, sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Sumber: pu.go.id