5 Jenis Tanaman Perkebunan yang Melimpah di Indonesia Menurut SMKN 1 Matan Hilir

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

16 Mei 2024, 10.10

Sumber: pexels.com

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA)-nya. Kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke terkadang membuat kita semua berdecak kagum.

Keberagaman SDA yang ada di Indonesia ini dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satu kekayaan SDA yang banyak dikembangkan oleh masyarakat ialah tanaman perkebunan. Jenis tanaman ini memiliki nilai jual yang berbeda-beda.

Tidak hanya satu jenis saja, ternyata ada berbagai komoditas tanaman perkebunan yang dapat tumbuh dengan subur di wilayah Indonesia. Buat kalian yang ingin tahu tumbuhan apa saja itu, kali ini guru Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP), SMKN 1 Matan Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat, Radiansyah, akan memberi tahu kita terkait 5 (lima) jenis tanaman perkebunan yang melimpah dan menghasilkan banyak uang di Indonesia.

  1. Kelapa Sawit

Siapa yang tidak tahu kelapa sawit, buah yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan minyak kelapa sawit ini memang menjadi jenis tanaman perkebunan yang menggiurkan. Kebutuhan minyak goreng yang tidak ada hentinya menuntut para petani harus terus menyediakan bahan mentah ini untuk kemudian diolah menjadi minyak goreng. Bahkan, industri-industri kelapa sawit di nusantara ini menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar negara, lo. 

  1. Karet

Sesuai dengan namanya, pohon karet merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang memiliki tingkat keelastisan cukup tinggi.  Tanaman ini juga sudah menjadi komoditi tradisional bagi masyarakat di sebagian wilayah Indonesia. Karet bermanfaat untuk membuat berbagai produk, seperti ban, gasket mesin, penghapus, bola laters, sepatu, dan produk lainnya. 

“Pohon karet dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang basah dengan suhu 32 derajat celsius atau hangat. Indonesia sangat cocok menjadi tempat untuk membudidayakan pohon karet ini,” ucap Radiansyah.

  1. Kopi

Kopi menjadi komoditi tanaman perkebunan yang paling lama hidup bersama masyarakat Indonesia. Untuk menanam pohon kopi, para petani tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas. Di Indonesia sendiri ada beragam kopi dengan jenis yang berbeda-beda. Indonesia menjadi negara terbesar keempat penghasil kopi-kopi dunia. Biji kopi yang telah dipanen pastinya diolah untuk menjadi bahan pembuatan minuman kopi yang berkembang di pasaran. Perlu untuk diketahui, kopi menjadi salah satu minuman yang paling disukai di seluruh dunia. 

“Beda wilayah beda rasa meskipun sama-sama robusta, arabica, ataupun liberica. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh faktor geografis,” tutur Radiansyah.

  1. Tebu

Gula pasir yang sering dikonsumsi oleh masyarakat berbahan dasar tebu. Rasa manis yang terdapat dalam gula berasal dari rasa manis air tebu telah dikristalkan. Tebu menjadi salah satu komoditi tanaman perkebunan yang dapat kita jumpai di wilayah Indonesia. Syarat tumbuh yang tidak terlalu karena dapat tumbuh dengan subur di daerah beriklim tropis. Tanaman tebu dapat dipanen saat usianya hampir mendekati satu tahun. Tidak hanya bisa dijadikan bahan baku gula, kandungan yang terdapat dalam air tebu ini ternyata bermanfaat untuk mencegah bau mulut dan kerusakan gigi.

  1. Teh

Teh adalah salah satu minuman yang popular di seluruh dunia. Teh-teh yang kita konsumsi ini berasal dari daun teh yang telah diekstraksi. Teh tersedia dalam berbagai jenis seperti teh hijau, teh hitam, teh merah, teh oolong dan lainnya. Tumbuhan teh dapat hidup dengan baik di wilayah dengan suhu sejuk. Teh memiliki beragam manfaat untuk tubuh manusia seperti untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, menjaga kadar gula dalam darah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

 

Sumber: https://vokasi.kemdikbud.go.id/