Untung Rugi Punya Kolam Renang di Rumah Modern Minimalis

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

03 Maret 2022, 23.08

pexels.com

Kolam renang merupakan salah satu elemen yang bisa membuat rumah modern minimalis Anda tampak lebih menarik. Kolam renang juga bisa menjadi sarana rekreasi terutama bila Anda memiliki anak-anak kecil di rumah. Namun kehadiran kolam renang juga disertai risiko, mulai dari biaya perawatan yang tidak murah hingga masalah keamanan yang harus diperhitungkan dengan baik. Kolam renang adalah kemewahan bagi sebagian orang, dan kebutuhan bagi orang lain.

Karena itu, bila Anda mempertimbangkan untuk membangun kolam renang di rumah modern minimalis, berikut untung ruginya.

1. Sebagai Sarana Rekreasi

Bila Anda tinggal di daerah yang memiliki dua musim seperti di Indonesia, kolam renang terutama yang berlokasi di bagian eksterior bisa digunakan saat musim panas tiba. Sedangkan bagi yang memiliki kolam renang dalam ruangan, perubahan cuaca tidak akan memengaruhi penggunaannya.

Kolam renang adalah sarana olahraga yang bagus baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain bisa digunakan untuk melatih fisik, kolam renang juga bisa dimanfaatkan sebagai wahana bermain bagi anak-anak.

Bahkan jika memiliki kolam renang sendiri, Anda bisa merayakan event spesial dengan mengadakan pesta di tepi kolam renang tanpa memperhitungkan biaya sewa.

Namun, kolam renang bisa berbahaya untuk anak-anak yang belum tahu cara berenang. Karena itu, pastikan Anda memiliki pagar pengaman di sekitar kolam renang dan selalu awasi aktivitas di sana.

2. Biaya Kolam renang adalah investasi yang mahal.

Membeli rumah yang sudah memiliki kolam lebih murah daripada harus membangunnya sendiri di kemudian hari.

Namun adanya kolam renang bisa memberikan nilai tambah kepada rumah terutama bila Anda berencana menjual hunian dalam beberapa tahun ke depan.

Sayangnya, Anda mungkin tidak akan menerima harga yang sama dengan investasi yang Anda keluarkan untuk pembangunan kolam renang. Biasanya bila memasang harga yang terlalu tinggi, rumah Anda akan lama laku di pasaran.

3. Pemeliharaan

Jika ingin memiliki kolam renang di rumah, pastikan Anda paham benar bagaimana cara merawat dan menjaga kebersihan kolam mereka. Jika Anda belum berpengalaman namun berencana membeli rumah yang memiliki kolam renang, maka lakukan riset terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Bila tak ingin melakukan perawatan sendiri, manfaatkan layanan dar jasa pembersihan kolam renang profesional meskipun harus mengeluarkan dana yang lebih besar.

Saat Anda tidak merawat kolam renang Anda, berbagai masalah dapat muncul.

Penggunaan bahan kimia yang tepat diperlukan untuk menjaga tingkat PH air tetap akurat. Namun bila komposisi bahan kimia yang digunakan tidak tepat dapat, malah menyebabkan ganguan kesehatan bagi pengguna kolam renang atau membuat ganggang dan bakteri lain tumbuh subur dalam kolam.

Kolam renang bisa menjadi elemen tambahan yang indah untuk mempercantik rumah Anda. Dengan pengetahuan dan perawatan yang tepat, kolam renang dapat memberikan banyak dampak positif ke keluarga Anda.  


Sumber Artikel: Kompas.com