UAJY Punya Jurusan Teknik Industri Terbaik dan Terakreditasi Internasional

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

07 Juni 2024, 07.12

Sumber: detik.com

Perkembangan teknologi menuntut semua orang untuk beradaptasi. Pada era saat ini sektor industri memegang peranan penting dalam menunjang kemajuan suatu bangsa.

Sektor industri berfungsi untuk memberikan nilai tambah sehingga dapat dihasilkan produk atau jasa yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Dalam dokumen United Nation berjudul 'Industrial development and economic growth:Implications for poverty reduction and income inequality' yang ditulis oleh Matleena Kniivilä dikatakan bahwa pembangunan industri memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia.

Pembangunan industri membutuhkan sumber daya manusia andal yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan industri yang semakin maju. Sumber daya tersebut salah satunya bisa dihasilkan dari pendidikan tinggi teknik industri. Untuk menghasilkan sumber daya andal dalam bidang teknik industri diperlukan penyelenggara pendidikan tinggi teknik industri yang andal dan berkualitas serta dilengkapi dengan fasilitas laboratorium modern.

Jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai salah satu jurusan teknik industri terbaik saat ini dilengkapi dengan 8 laboratorium modern meliputi laboratorium teknologi manufaktur, laboratorium dasar rekayasa, laboratorium sistem kerja dan ergonomi, laboratorium sistem produksi, laboratorium ritel, laboratorium pemodelan dan optimasi, laboratorium sistem bisnis dan keputusan, serta laboratorium otomasi. Laboratorium tersebut mendukung program studi Teknik Industri menjadi jurusan teknik industri terbaik yang mendukung perkembangan industri 4.0 .

Sebagai jurusan teknik industri terbaik, saat ini Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta mendapatkan akreditasi Unggul dari LAM Teknik, akreditasi internasional dari IABEE (Indonesian Accreditation Board of Engineering Education) dan akreditasi internasional dari DASCA (Data Science Council of America). Sebagai salah satu program studi teknik industri terbaik di Indonesia, saat ini Program Studi Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan satu-satunya program studi teknik industri terbaik yang terakreditasi DASCA (Data Science Council of America) di Indonesia.

Ketua Departemen Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta Ririn Diar Astanti mengatakan saat ini akreditasi internasional sangat penting bagi program studi teknik. Dengan terakreditasi internasional IABEE, maka lulusannya mempunyai kesempatan untuk mengikuti proses sebagai insinyur profesional di negara-negara sesama penanda tangan Washington Accord, antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, Cina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, India, Malaysia dan beberapa negara lainnya. Jadi, peluang untuk berkariersecara global juga semakin besar.

Ririn menerangkan definisi teknik industri menurut Institute of Industrial and System Engineering (IISE) adalah suatu keilmuan yang berfokus pada perancangan, perbaikan dan instalasi dari suatu sistem yang terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, informasi, material, dan energi. Keilmuanteknikindustri dibentuk dari pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu matematika, ilmu fisika dan ilmu sosial serta prinsip dan metode perancangan teknik, untuk mendapatkan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem tersebut. Orang awam menyebut sistem yang menjadi objek kajian teknik industri sebagai perusahaan.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa keilmuan teknik industri tepat untuk menjawab tantangan kebutuhan industri saat ini dan mendukung pengembangan industri dan menjadikan lulusan Jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat fleksibel menentukan pilihan kariernya.

Sumber: https://www.detik.com/