Tinjauan Mendalam tentang Insinyur Perminyakan: Sejarah, Keanggotaan, dan Penghargaan

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

21 Juni 2024, 10.26

Sumber: pinterest

​​Society of Petroleum Engineers ( SPE ) adalah organisasi profesional nirlaba 501(c)(3).

SPE menyediakan forum di seluruh dunia bagi para profesional eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi (E&P) untuk bertukar pengetahuan teknis dan praktik terbaik. SPE mengelola OnePetro dan PetroWiki, selain menerbitkan majalah, jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, dan buku. SPE juga menyelenggarakan lebih dari 100 acara setiap tahun di seluruh dunia serta menyediakan alat bantu online dan peluang pelatihan langsung. Perpustakaan teknis SPE (OnePetro) berisi lebih dari 314.000 makalah teknis-produk dari konferensi dan majalah SPE, yang tersedia untuk seluruh industri.

SPE memiliki kantor di Dallas, Houston, Calgary, London, Dubai, dan Kuala Lumpur. SPE adalah asosiasi profesional untuk lebih dari 127.000 insinyur, ilmuwan, manajer, dan pendidik. Terdapat sekitar 59.000 anggota mahasiswa SPE.

Sejarah

Sejarah SPE dimulai jauh sebelum pendiriannya yang sebenarnya. Selama satu dekade setelah penemuan ladang Spindletop pada tahun 1901, American Institute of Mining Engineers (AIME) melihat adanya kebutuhan yang semakin besar akan sebuah forum di bidang teknik perminyakan yang sedang berkembang pesat. Sebagai hasilnya, AIME membentuk komite tetap untuk minyak dan gas pada tahun 1913.

Pada tahun 1922, komite ini diperluas menjadi salah satu dari 10 divisi profesional AIME. Divisi Perminyakan AIME terus berkembang selama tiga dekade berikutnya. Pada tahun 1950, Divisi Perminyakan telah menjadi salah satu dari tiga cabang terpisah dari AIME, dan pada tahun 1957, Cabang Perminyakan AIME diperluas sekali lagi untuk membentuk sebuah perkumpulan profesional.

Rapat Dewan Direksi SPE yang pertama diadakan pada tanggal 6 Oktober 1957. SPE terus menyelenggarakan lebih dari 100 acara di seluruh dunia.

Keanggotaan

SPE adalah asosiasi nirlaba untuk insinyur perminyakan. Insinyur perminyakan yang menjadi anggota SPE mendapatkan akses ke beberapa keuntungan anggota seperti langganan gratis Journal of Petroleum Technology, webinar gratis tanpa batas, dan diskon untuk acara-acara SPE (konferensi, lokakarya, kursus pelatihan, dll.) dan publikasi. Anggota SPE juga diberikan akses eksklusif ke SPE Connect dan Alat Manajemen Kompetensi SPE. SPE Connect adalah situs dan aplikasi bagi anggota SPE untuk saling bertukar pengetahuan teknis, menjawab pertanyaan aplikasi praktis, dan berbagi praktik terbaik.

SPE terdiri dari sekitar 127.000 anggota di 145 negara. SPE Sections adalah kelompok Anggota Profesional SPE, dan SPE Student Chapters adalah kelompok Anggota Mahasiswa SPE yang biasanya dinamai sesuai dengan nama universitas yang menjadi tuan rumah atau wilayah geografis. Lebih dari 67.000 anggota profesional berafiliasi dengan 192 SPE Sections, dan sekitar 59.000 anggota mahasiswa berafiliasi dengan 392 SPE Student Chapters.

Penghargaan

Setiap tahun, SPE memberikan penghargaan kepada individu atas kontribusinya terhadap industri minyak dan gas di tingkat regional dan internasional.

Semua individu yang menerima Penghargaan SPE dinominasikan oleh kolega industri, mentor, dll., Kecuali untuk penerima Cedric K. Ferguson Young Technical Author Medal, yang diberikan kepada anggota SPE yang menulis makalah yang disetujui untuk dipublikasikan di jurnal SPE (jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat tentang topik minyak dan gas bumi) sebelum usia 36 tahun. Kelayakan untuk mendapatkan penghargaan ini ditentukan secara online.

Penghargaan Internasional SPE diumumkan secara online, ditampilkan dalam Journal of Petroleum Technology, dan dipresentasikan pada Konferensi dan Pameran Teknis Tahunan.

Penghargaan regional

SPE memberikan penghargaan teknis dan profesional di tingkat regional. Agar dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan penghargaan ini, seseorang harus dinominasikan secara online. Kelayakan untuk mendapatkan penghargaan teknis regional dijelaskan secara online. Penerima penghargaan regional SPE dipertimbangkan untuk penghargaan tingkat internasional yang mereka terima pada musim penghargaan berikutnya. Penghargaan regional diberikan pada pertemuan regional atau seksi.

Disadur dari: en.wikipedia.org