Teknik Perminyakan: Jenis dan Keterampilan

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

21 Juni 2024, 10.32

Sumber: pinterest

Teknik perminyakan adalah bidang teknik yang terutama berkaitan dengan produksi minyak mentah dan gas alam. Para ahli di bidang ini mengevaluasi reservoir minyak dan gas untuk menentukan profitabilitas dan memastikan bahwa proses pengeboran selesai dengan cara yang paling aman dan seefisien mungkin. Jika Anda tertarik dengan karier di bidang teknik, Anda mungkin akan mendapatkan manfaat dengan mempelajari lebih lanjut tentang bidang karier ini.

Apa itu teknik perminyakan?

Teknik perminyakan berfokus pada produksi, eksplorasi dan ekstraksi minyak dan gas alam dari reservoir, sumur dan lokasi lain di mana orang secara alami dapat menemukan minyak atau gas. Sektor teknik ini berevolusi dari teknik pertambangan dan telah berkembang seiring dengan perubahan kebutuhan energi dunia. Melalui teknik perminyakan, masyarakat telah menemukan sumber energi alternatif, termasuk minyak berat dan pasir ter. Bidang ini juga berhubungan dengan geologi dan disiplin ilmu teknik lainnya.

Apa yang dilakukan seorang insinyur perminyakan?

Insinyur perminyakan berfokus pada mempelajari dan menilai reservoir gas dan minyak untuk menganalisis profitabilitasnya. Mereka dapat memeriksa peta reservoir ini untuk menentukan cara terbaik dan paling efisien untuk mengakses sumber daya energi ini dan di mana menempatkan sumur. Tujuan utama mereka adalah untuk memastikan produksi ekonomi yang optimal dari reservoir sambil tetap mematuhi standar keselamatan dan lingkungan. Banyak insinyur perminyakan menggunakan teknologi komputer untuk menganalisis potensi laju produksi dan aliran dari sebuah sumur.

Tugas yang dapat dilakukan oleh seorang insinyur perminyakan meliputi:

  • Merancang peralatan untuk mengekstraksi gas atau minyak
  • Mengembangkan rencana untuk mengekstraksi sumber energi alami
  • Mengoperasikan mesin yang digunakan untuk mengebor atau mengambil gas atau minyak
  • Mempelajari peta reservoir untuk menentukan penempatan sumur yang paling efisien
  • Melakukan konsultasi teknis untuk menyelesaikan masalah selama proses pengeboran
  • Merancang koleksi permukaan
  • Mengembangkan teknik baru untuk memulihkan gas alam

Cabang-cabang Teknik Perminyakan 

Ada beberapa bidang spesialisasi dalam bidang teknik perminyakan. Banyak insinyur perminyakan memilih untuk berspesialisasi dalam salah satu cabang industri ini:

Insinyur pengeboran bertanggung jawab atas semua aspek proses pengeboran di ladang minyak. Mereka dapat merancang dan menerapkan teknik yang digunakan untuk mengebor ke dalam bumi dan memilih peralatan yang digunakan dan mengawasi proses pengeboran. Insinyur pengeboran harus berkoordinasi dengan berbagai perusahaan, pemerintah, dan masyarakat ketika merencanakan dan melaksanakan proyek pengeboran.

  • Rekayasa fasilitas produksi dan permukaan

Individu yang bekerja di cabang teknik perminyakan ini mengawasi produksi setelah selesainya sebuah sumur. Para insinyur ini dapat menerapkan berbagai kontrol dan peralatan yang digunakan untuk mengekstraksi minyak mentah atau gas dari sumur dan juga dapat mengukur dan mengontrol cairan yang dihasilkan. Hal ini dapat membantu memastikan keselamatan para insinyur dan individu lain di lokasi pengeboran.

  • Rekayasa reservoir

Seorang insinyur reservoir berfokus pada bagaimana gas dan minyak mengalir melalui batuan berpori dan proses distribusi sumber energi ini. Mereka dapat menetapkan pola drainase sumur, memperkirakan kinerja reservoir, dan menciptakan metode baru untuk meningkatkan produksi. Insinyur reservoir memiliki pemahaman mendalam tentang geologi bersama dengan pelatihan teknik mereka dan menggunakan teknologi untuk menghasilkan gambar lokasi pengeboran untuk membantu perencanaan proyek.

  • Teknik Petrofisika

Sektor teknik perminyakan ini berfokus pada penciptaan alat dan teknik yang dapat digunakan individu untuk menganalisis karakteristik sumber energi. Para insinyur ini membantu semua insinyur perminyakan lainnya untuk lebih memahami sistem batuan-cairan reservoir. Mereka mendefinisikan sifat-sifat batuan dan tanah di lokasi proyek dan mengumpulkan sampel untuk ditinjau lebih lanjut. Hal ini dapat membantu mereka berbagi pemahaman yang jelas tentang karakteristik lokasi pengeboran dan bagaimana hal itu dapat bereaksi terhadap pekerjaan para insinyur.

Bagaimana cara menjadi insinyur perminyakan

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diambil oleh calon insinyur perminyakan agar memenuhi syarat untuk bekerja di bidang ini:

1. Mendapatkan gelar sarjana

Gelar sarjana biasanya merupakan persyaratan minimum untuk mengejar karier sebagai insinyur perminyakan. Banyak orang memilih untuk meraih gelar sarjana di bidang teknik kimia, teknik perminyakan, atau teknik mesin. Program-program teknik ini memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada para mahasiswa melalui kelas-kelas khusus, laboratorium, dan kesempatan studi lapangan. Gelar sarjana di salah satu bidang teknik ini umumnya membutuhkan waktu empat hingga lima tahun untuk diselesaikan.

2. Melamar posisi teknik

Setelah menerima gelar sarjana, banyak orang memenuhi syarat untuk melamar posisi entry-level sebagai insinyur perminyakan. Sebagian besar insinyur pemula di bidang ini bekerja di bawah pengawasan insinyur perminyakan yang lebih mahir dan mungkin diharuskan menyelesaikan pelatihan formal. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk magang saat masih bersekolah atau segera setelah Anda lulus dari program sarjana. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman tingkat pemula dan membantu Anda berjejaring dengan para insinyur lainnya.

3. Menjadi berlisensi

Posisi teknik perminyakan tingkat pemula jarang membutuhkan lisensi. Namun, tingkat kemandirian dan peran kepemimpinan yang lebih tinggi sering kali mengharuskan seseorang untuk mendapatkan lisensi Professional Engineering (PE). Agar memenuhi syarat untuk mengikuti ujian lisensi ini, banyak negara bagian mengharuskan Anda untuk menyelesaikan gelar melalui program teknik yang terakreditasi Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), mengikuti dan lulus ujian Fundamentals of Engineering (FE), serta memiliki setidaknya empat tahun pengalaman kerja yang relevan.

Keterampilan insinyur perminyakan

Untuk bekerja sebagai insinyur perminyakan, penting untuk memiliki beberapa keterampilan yang dapat membantu Anda dalam tugas sehari-hari. Keterampilan paling umum yang dimiliki oleh insinyur perminyakan yang sukses meliputi:

  • Kerja sama tim

Insinyur perminyakan biasanya bekerja sebagai tim untuk menyelesaikan proyek. Sebagai contoh, insinyur pengeboran, reservoir, petrofisika, dan produksi semuanya bekerja sama untuk menemukan, menganalisis, dan mengekstraksi sumber daya alam dari reservoir. Banyak insinyur juga bekerja sama dengan berbagai pihak lain, seperti pejabat pemerintah dan anggota masyarakat, ketika merencanakan sebuah proyek.

  • Kemahiran komputer

Insinyur perminyakan sering kali menggunakan berbagai sistem untuk menjalankan fungsi pekerjaan mereka dan harus mampu menentukan secara efisien bagaimana sebuah sistem bekerja serta bagaimana berbagai faktor memengaruhi produktivitasnya. Untuk menavigasi program-program ini, akan sangat membantu jika Anda memiliki keahlian dalam menggunakan komputer. Para insinyur sering kali dapat mengembangkan keterampilan ini melalui pelatihan di tempat kerja atau saat mengejar gelar sarjana.

  • Pengambilan keputusan

Sebagai seorang insinyur perminyakan, Anda mungkin perlu membuat keputusan penting yang dapat memengaruhi hasil proyek. Anda juga dapat memutuskan cara yang paling efisien untuk melakukan tugas-tugas tertentu sebagai bagian dari proses pengembangan dan ekstraksi dalam karier ini. Untuk menggunakan keterampilan ini, para insinyur melatih kemampuan terkait, seperti pengamatan dan pemecahan masalah untuk memastikan mereka membuat keputusan yang efektif.

Disadur dari: indeed.com​​​​​​​​​​