Memahami Teknik Pengeboran: Pandangan Umum dan Tanggung Jawabnya

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

18 April 2024, 08.13

Sumber: pexels.com

Teknik pengeboran adalah bagian dari teknik perminyakan..

Insinyur pengeboran merancang dan mengimplementasikan prosedur untuk mengebor sumur seaman dan sehemat mungkin. Mereka bekerja sama dengan kontraktor pengeboran, kontraktor servis, dan personel kepatuhan, serta dengan ahli geologi dan spesialis teknis lainnya. Insinyur pengeboran memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa biaya diminimalkan sambil mendapatkan informasi untuk mengevaluasi formasi yang ditembus, melindungi kesehatan dan keselamatan pekerja dan personel lainnya, serta melindungi lingkungan.

Gambaran umum

Fase perencanaan yang terlibat dalam pengeboran sumur minyak atau gas biasanya melibatkan estimasi nilai cadangan yang dicari, estimasi biaya untuk mengakses cadangan, memperoleh properti dengan sewa mineral, survei geologi, rencana pengeboran sumur, dan tata letak jenis peralatan yang diperlukan untuk mencapai kedalaman sumur. Insinyur pengeboran bertanggung jawab atas proses perencanaan dan pengeboran sumur. Tanggung jawab mereka meliputi:

  • Merancang program sumur (misalnya, ukuran casing dan pengaturan kedalaman) untuk mencegah ledakan (pelepasan cairan sumur yang tidak terkendali) sekaligus memungkinkan evaluasi formasi yang memadai
  • Merancang atau berkontribusi pada desain string casing dan rencana penyemenan, rencana pengeboran terarah, program cairan pengeboran, dan program tali bor dan mata bor
  • Menentukan peralatan, material, serta peringkat dan nilai yang akan digunakan dalam proses pengeboran
  • Memberikan dukungan teknis dan audit selama proses pengeboran
  • Melakukan estimasi dan analisis biaya
  • Mengembangkan kontrak dengan vendor

Insinyur pengeboran sering kali bergelar insinyur perminyakan, meskipun mereka mungkin berasal dari disiplin ilmu teknis lainnya (misalnya, teknik mesin, teknik elektro, atau geologi) dan kemudian dilatih oleh perusahaan minyak dan gas. Mereka juga mungkin memiliki pengalaman praktis sebagai pekerja rig atau mudlogger atau insinyur lumpur.

 

Disadur dari: en.wikipedia.org