Siapakah Yang Dapat Menentukan Harga Jual Kepada Pembeli? Berikut Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Admin

06 Mei 2024, 10.38

Sumber : Pexels

Kegiatan jual beli dalam perdagangan melibatkan kedua pihak yaitu penjual dan pembeli. Untuk membeli sebuah produk seorang konsumen pembeli harus membayar dengan jumlah uang yang sesuai dengan harga yang sudah ditetapkan penjual. Namun, untuk memastikan siapakah yang paling penting untuk dapat menentukan harga jual kepada pembeli kalian bisa simak pada ulasan berikut ini. 

Siapakah yang dapat menentukan harga jual kepada pembeli?

Penentuan harga jual pada sebuah produk merupakan hal penting yang harus dilakukan. Dikarenakan hal ini berkepentingan untuk si penjual mendapatkan keuntungan pada penjualan sebuah produk.

Harga jual dapat dibedakan menjadi dua yaitu harga jual bersih dan harga jual kotor. Harga jual bersih adalah harga pokok ditambah laba yang diinginkan perusahaan. Sedangkan harga jual kotor adalah harga jual bersih ditambah biaya administrasi dan biaya penjualan.

Pihak yang berperan dalam menentukan harga jual adalah para pelaku ekonomi, yaitu produsen dan konsumen dalam hal ini pedagang dan pembeli.

Produsen bisa menetapkan harga jual barang dikarenakan perlu untuk beberapa biaya mulai dari produksi, distribusi dan lainnya. Konsumen juga berperan penting untuk para penjual menemukan apa yang sesuai terhadap mereka jual ke pasar. Biasanya penjual lebih banyak menentukan harga jual dilihat dari harga pasar produk tersebut. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa jika adanya suatu barang yang dibutuhkan namun supply nya dikit dan demand (permintaan) banyak akan menaikkan harga pada produk penjualan tersebut. 

 

Sumber : kumparan.com