Sejarah Munculnya Usaha Cerutu

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

27 Mei 2024, 19.43

Cerutu dan Pemotongnya - Wikipedia

Cerutu, serutu, atau sigar (dari bahasa Tamil suruṭṭu, yang berarti "gulungan") adalah gulungan daun tembakau yang belum dikeringkan dan difermentasikan yang dibakar pada satu ujung dan dihisap oleh mulut melalui ujung lainnya. Tembakau untuk cerutu diproduksi secara luas di negara-negara seperti Brasil, Kamerun, Kuba, Republik Dominika, Honduras, Indonesia, Meksiko, Nikaragua, dan Amerika Serikat dengan cerutu dari Kuba dianggap merupakan ikon untuk cerutu.

Sejarah

Sebagian besar orang percaya bahwa penjelajah Christopher Columbus adalah orang pertama yang memperkenalkan tembakau ke Eropa. Dilaporkan bahwa Rodrigo de Jerez dan Luis de Torres, dua awak Christopher yang melakukan perjalanan pada tahun 1492, menemukan tembakau untuk pertama kalinya di pulau San Salvador di Bahama, ketika orang-orang lokal memberi mereka daun kering dengan aroma yang aneh. Tembakau telah tersebar luas di semua pulau Karibia, jadi lagi-lagi ditemukan di Kuba, tempat Christopher Columbus dan anak buahnya menetap.

Sekitar tahun 1592, Galleon San Clemente dari Spanyol membawa 50 kg benih tembakau ke Filipina melalui rute perdagangan Acapulco Manila. Benih itu kemudian dibagikan ke komunitas Katolik Roma. Para ulama menemukan bahwa iklim dan tanah Filipina sangat cocok untuk tanaman tembakau berkualitas tinggi.

Pada tahun 1800-an, merokok cerutu adalah hal yang umum, sementara rokok sigaret masih sangat langka. Puisi terkenal "The Betrothed" ditulis oleh Rudyard Kipling pada awal abad ke-20. Banyak orang dipekerjakan di pabrik cerutu sebelum pembuatan cerutu secara mekanik menjadi nyata, karena industri ini sangat penting.

Di New York City, rol bekerja membuat cerutu. Hal ini menyatakan bahwa hingga tahun 1883, 127 apartemen rumah di Kota memproduksi cerutu, yang mempekerjakan 1.962 keluarga dan 7.924 orang. Sebuah undang-undang negara yang melarang praktik itu diberlakukan akhir tahun itu atas desakan serikat buruh atas dasar bahwa praktik upah ditekan. Kurang dari empat bulan kemudian, undang-undang itu dianggap inkonstitusional. Industri kemudian kembali ke Kota setelah pindah ke Brooklyn dan beberapa wilayah Long Island sementara peraturan berlaku. Ada 80.000 perusahaan yang membuat cerutu di Amerika Serikat pada tahun 1905, sebagian besar kecil dan dioperasikan oleh keluarga-toko, di mana cerutu digulung dan dijual.

Cerutu digunakan dengan cara yang mirip dengan rokok, yaitu dibakar di salah satu ujungnya. Dalam proses pembakaran ini, berbagai kumpulan senyawa berbahaya dapat dihasilkan, salah satunya adalah TAR. TAR terdiri dari berbagai kumpulan senyawa hidrokarbon yang lengket dan menempel pada silia, atau rambut halus paru-paru. Rambut halus ini membersihkan bakteri dan kuman dan mencegah racun masuk ke dalam sistem pernapasan. Rambut paru-paru yang terkena TAR tidak dapat berfungsi. Bahaya TAR pada tubuh sangat kompleks dan bahkan dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, seperti gigi yang lebih kuning dari perokok. Ini karena partikel TAR yang menempel kuat pada gigi. TAR juga mengandung karsinogen, zat pemicu kanker, yang dapat merusak sel dan menyebabkan mutasi genetik pada sel di banyak organ tubuh, termasuk kanker paru-paru.

Untuk mengurangi kadar gula dan air tanpa membusuk daun yang lebih besar, daun tembakau dipanen dan dituakan menggunakan teknik pengawetan yang menggunakan panas dan keteduhan. Proses ini memakan waktu antara 25 dan 45 hari, tergantung pada jenis gudang yang digunakan untuk menyimpan tembakau yang telah dipanen.

Selama siklus penuaan, kertas terus digulung, diperiksa, dibongkar, dan diperiksa lagi. Produk ini disusun berdasarkan kualitas dan penampilan setelah matang sesuai dengan spesifikasi pabrik dan digunakan sebagai pengisi atau pembungkus yang sesuai. Selama proses ini, daun tetap dibasahi untuk menghindari kerusakan.

Sampai hari ini, cerutu berkualitas tinggi masih dibuat dengan tangan. Setiap hari, seorang penggulung cerutu yang berpengalaman dapat membuat ratusan cerutu yang hampir identik dan berkualitas tinggi. Rol menggunakan pisau berbentuk bulan sabit yang dirancang khusus yang disebut chavettes untuk membentuk daun pengisi dan pembungkus dengan cepat dan akurat untuk mempertahankan kelembapan tembakau, terutama pembungkusnya.

Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Cerutu