Industri Tembakau di Dunia

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

16 Februari 2024, 10.57

Iklan Antirokok, 1905 - Wikipedia

Industri tembakau terdiri dari individu dan bisnis yang bekerja untuk mengembangkan, mempersiapkan penjualan, mengangkut, mengiklankan, dan mendistribusikan tembakau dan produk terkait. Ini adalah industri yang tersebar di seluruh dunia; tembakau dapat ditanam di setiap benua kecuali Antartika karena tumbuh di tempat yang hangat dan lembap.

Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau WHO menggambarkan "industri tembakau" sebagai produsen, distributor grosir, dan importir produk tembakau. Perjanjian berbasis bukti ini mengharapkan 181 negara anggota yang telah diratifikasi untuk menerapkan kebijakan kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan pengendalian tembakau "untuk melindungi generasi sekarang dan masa depan dari dampak buruk kesehatan, sosial, lingkungan, dan ekonomi dari konsumsi tembakau dan paparan terhadap tembakau.

"Industri tembakau" biasanya mengacu pada industri yang memproduksi rokok, cerutu, tembakau sedotan, tembakau kunyah, dan tembakau pipa. Berdasarkan volume, China National Tobacco Co. sekarang menjadi perusahaan tembakau terbesar di dunia. Lima perusahaan mendominasi pasar internasional setelah merger dan akuisisi besar-besaran di tahun 1990an dan 2000an serta pemisahan Altria, merek tembakau internasional, menjadi Philip Morris International pada tahun 2008:

  • Altria
  • British American Tobacco
  • Imperial Tobacco
  • Japan Tobacco
  • Philip Morris International

Amerika Serikat menjadi negara ke-108 yang menandatangani Perjanjian Global tentang Pengendalian Tembakau dari Organisasi Kesehatan Dunia pada tanggal 11 Mei 2004. Perjanjian ini menerapkan pembatasan luas terhadap penjualan, periklanan, pengiriman, dan pajak produk tembakau. Amerika Serikat belum meratifikasi perjanjian ini di Senatnya, dan tidak ada jadwal untuk melakukannya.

Dalam komunitas pengendalian tembakau, ada pembicaraan baru-baru ini tentang bagaimana industri tembakau akan berubah dengan mengganti perusahaan tembakau dengan jenis bisnis lain yang dapat didirikan untuk memasarkan tembakau tanpa meningkatkan permintaan.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Tobacco_industry