Industri Tembakau di Dunia

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

27 Mei 2024, 16.42

Iklan Antirokok, 1905 - Wikipedia

Industri tembakau terdiri dari individu dan bisnis yang bekerja untuk mengembangkan, mempersiapkan penjualan, mengangkut, mengiklankan, dan mendistribusikan tembakau dan produk terkait. Ini adalah industri yang tersebar di seluruh dunia; tembakau dapat ditanam di setiap benua kecuali Antartika karena tumbuh di tempat yang hangat dan lembap.

Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau WHO menggambarkan "industri tembakau" sebagai produsen, distributor grosir, dan importir produk tembakau. Perjanjian berbasis bukti ini mengharapkan 181 negara anggota yang telah diratifikasi untuk menerapkan kebijakan kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan pengendalian tembakau "untuk melindungi generasi sekarang dan masa depan dari dampak buruk kesehatan, sosial, lingkungan, dan ekonomi dari konsumsi tembakau dan paparan terhadap tembakau.

"Industri tembakau" biasanya mengacu pada industri yang memproduksi rokok, cerutu, tembakau sedotan, tembakau kunyah, dan tembakau pipa. Berdasarkan volume, China National Tobacco Co. sekarang menjadi perusahaan tembakau terbesar di dunia. Lima perusahaan mendominasi pasar internasional setelah merger dan akuisisi besar-besaran di tahun 1990an dan 2000an serta pemisahan Altria, merek tembakau internasional, menjadi Philip Morris International pada tahun 2008:

  • Altria
  • British American Tobacco
  • Imperial Tobacco
  • Japan Tobacco
  • Philip Morris International

Amerika Serikat menjadi negara ke-108 yang menandatangani Perjanjian Global tentang Pengendalian Tembakau dari Organisasi Kesehatan Dunia pada tanggal 11 Mei 2004. Perjanjian ini menerapkan pembatasan luas terhadap penjualan, periklanan, pengiriman, dan pajak produk tembakau. Amerika Serikat belum meratifikasi perjanjian ini di Senatnya, dan tidak ada jadwal untuk melakukannya.

Dalam komunitas pengendalian tembakau, ada pembicaraan baru-baru ini tentang bagaimana industri tembakau akan berubah dengan mengganti perusahaan tembakau dengan jenis bisnis lain yang dapat didirikan untuk memasarkan tembakau tanpa meningkatkan permintaan.

Sebagian besar tanaman tembakau dunia digunakan untuk membuat rokok. Dr. Robert Proctor membuat gambar di bawah ini, yang menunjukkan produsen rokok terbesar beserta perkiraan jumlah orang yang meninggal setiap tahun akibat dampak negatif merokok terhadap kesehatan.

Bisnis hiburan dan industri tembakau memiliki sejarah panjang bersama-sama. Pembuat film sering menggunakan asap cahaya latar dalam film-film masa bisu untuk membangkitkan perasaan misteri dan sensualitas. Belakangan, sebagai bagian dari strategi penempatan produk awal, rokok sengaja diberikan kepada selebriti Hollywood. Namun, praktik ini dihentikan ketika organisasi anti-rokok dan otoritas kesehatan memperketat peraturan mengenai iklan tembakau. Sejak itu, tembakau besar telah menjadi topik film seperti Thank You For Smoking (2005) dan dokudrama The Insider tahun 1999.

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org