Referensi 5 Kampus dengan Jurusan Seni Rupa Terbaik di Indonesia

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 21.39

www.daftarjurusan.id

JAKARTA - Cukup banyak anak muda kini yang mempunyai kemampuan dan cita-cita menjadi seorang seniman seperti pelukis, penari, pematung, atau bahkan bercita-cita menjadi seorang sutradara dan animator.

Untuk bisa mencapai cita-cita tersebut, setidaknya mereka harus menuntut ilmu di bidang seni, baik itu seni lukis, seni tari, seni musik, perfilman, atau desain grafis.

Selain memilih jurusan seni yang tepat, menentukan tempat kuliah kesenian yang tepat juga penting.

 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut merupakan daftar kampus dengan jurusan seni terbaik di Indonesia:

  1. ISI Yogyakarta (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau dikenal dengan ISI Jogja merupakan sebuah lembaga pendidikan tinggi seni negeri yang berstatus perguruan tinggi penuh, dan mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan sampai ke jenjang tertinggi dan merupakan perguruan tinggi seni terbesar dan terbaik di Indonesia.

ISI Jogja dibentuk atas Keputusan Presiden RI No: 39/1984 tanggal 30 Mei 1984, dan diresmikan berdirinya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, pada 23 Juli 1984.

  1. ISI Surakarta (Institut Seni Indonesia Surakarta)

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta merupakan salah satu perguruan tinggi seni negeri di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI). ISI Surakarta pada mulanya merupakan sebuah perguruan tinggi setingkat akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional.

Kampus ISI Surakarta berlokasi di pusat budaya Jawa khususnya dekat dengan Keraton Surakarta Hadiningrat, keraton Mangkunegaran, sentra Batik Laweyan dan Batik Kauman, Taman Budaya Surakarta (TBS), serta Museum Radya Pustaka.

  1. ISI Denpasar (Institut Seni Indonesia Denpasar)

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar merupakan perguruan tinggi seni yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. ISI Denpasar secara fungsional dibina oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ISI Denpasar didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2003 tanggal 26 Mei 2003 yang merupakan integrasi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana.

  1. IKJ (Institut Kesenian Jakarta)

Dalam usia 40 tahun, IKJ sudah mengukir sejarah sebagai Perguruan Tinggi Seni pertama yang memiliki seluruh bidang studi seni dalam 1 kampus. Semenjak awal, Gubernur Ali Sadikin yang merupakan penggagas utama berdirinya Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta – Institut Kesenian Jakarta (LPKJ – IKJ) dan Pusat Kesenian Jakarta – Taman Ismail Marzuki (PKJ – TIM) melihat bahwa metropolitan internasional seperti Jakarta akan menjadi tempat yang kering dan miskin budaya jika tak ada kehidupan dan pendidikan seni.

  1. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB) diresmikan pada 1984, sesudah mengalami sejarah perkembangan yang panjang semenjak 1 Agustus tahun 1947 sebagai Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Teknik Universitas Indonesia di Bandung. Pada tahun 1956 bersama bagian arsitektur digabung menjadi Bagian Arsitektur dan Seni Rupa. Bagian Seni Rupa terbagi menjadi dua bidang studi yaitu Pendidikan Seni Rupa dan Seni Lukis.

 


Disadur dari sumber edukasi.sindonews.com

Artikel lainnya