Daftar 10 PTN Bidang Seni dan Budaya di Indonesia, Apa Kamu Tertarik Kuliah di Bidang Ini?

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

03 Agustus 2022, 21.44

borneo24.com

KOMPAS.com - Semua siswa mempunyai bakat dan minat masing-masing. Dalam memilih program studi (prodi) atau perguruan tinggi, minat dan bakat perlu menjadi pertimbangan agar mahasiswa memiliki dorongan belajar dan berprestasi. Memilih prodi sesuai dengan minat dan bakat, memungkinkan mahasiswa merasa lebih nyaman dan bersemangat selama menjalani perkuliahan di perguruan tinggi.

Bagi pelajar kelas 12 yang masih mempertimbangkan ingin memilih prodi apa, terlebih bagi kamu yang tertarik di dunia kesenian, Indonesia memiliki sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berbasis seni budaya. Merangkum akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, PTN berbasis seni budaya tersebar dari Aceh hingga Papua.

 

Berikut daftar PTN berbasis budaya:

  1. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

Institut Seni Budaya Indonesia Aceh memiliki 2 fakultas. Yakni Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain

  1. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Di Institut Seni Indonesia Padang Panjang memiliki 2 Fakultas. Yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

  1. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Calon mahasiswa di Jawa Barat yang memiliki ketertarikan di dunia kesenian, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung memiliki 3 fakultas yang dapat kalian pilih. Antara lain Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Budaya dan Media.

  1. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Dikenal sebagai provinsi yang mempunyai kesenian dan kebudayaan yang sangat kuat, DIY punya Institut Seni Indonesia Yogyakarta.  ISI Yogya mempunyai 3 Fakultas yang dapat dipilih calon mahasiswa. Antara lain Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Media Rekam.

  1. Institut Seni Indonesia Surakarta

Terdapat 2 fakultas di Institut Seni Indonesia Surakarta. Yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

  1. Institut Seni Indonesia Denpasar
    Terdapat 2 Fakultas di Institut Seni Indonesia Denpasar. Yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.
  2. Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua 

PTN berbasis budaya satu-satunya di Papua ini mempunya 2 fakultas. Yakni Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

 


Disadur dari sumber kompas.com

Artikel lainnya