Program Studi S1 Animasi Terapan Udinus Disorot Langsung oleh Ditjen Vokasi Kemendikbud

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

13 Mei 2024, 07.29

Sumber: dinus.ac.id

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melakukan kunjungan ke Program Studi Sarjana Terapan Animasi Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk meninjau praktik dan pembelajaran yang dilakukan di sana.

Kunjungan ini dilakukan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kejuruan dan Kebudayaan Kemendikbud guna melihat aktivitas yang telah dilakukan oleh Udinus di bidang animasi. Ketua Program Studi S1 Animasi Terapan Udinus, Dr. Khafiizh Hastuti, M.Kom beserta Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Abdul Syukur dan Wakil Dekan I Bidang Akademik FIK Udinus, Dr. Ahmad Zainul Fanani, Ssi, MKom, menyambut kedatangan mereka.

Drs. Abdul Syukur dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk pengakuan atas kualitas baik dari program pembelajaran dan lulusan Program Studi Sarjana Terapan Animasi Udinus. Hal ini menunjukkan bahwa Udinus patut dibanggakan atas prestasinya di bidang vokasi, terutama dalam animasi.

“Diharapkan dengan adanya visitasi ini dapat memunculkan semangat bagi para dosen dan mahasiswa yang telah mendapatkan pengakuan. Yang dapat digunakan untuk terus meningkatkan hibah dan penelitian untuk menghasilkan produk animasi lainnya,” ujarnya. 

Sementara itu, delegasi yang hadir adalah Cecep Somantri Ketua Tim Kerja Bidang Kerja Sama, Publikasi, Layanan Publik, dan Hubungan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Nur Arifin selaku Staf Tim Kerja Bidang Kerja Sama, Publikasi, dan Layanan Masyarakat, serta Hubungan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi

Khafiizh Hastuti, M.Kom. juga memandu para tamu untuk melihat seluruh fasilitas yang dimiliki oleh Program Studi Sarjana Terapan Animasi Udinus. Fasilitas utama yang dikunjungi adalah laboratorium animasi yang terletak di lantai 4 gedung H Udinus. Laboratorium tersebut merupakan bagian dari hasil hibah kedua yang telah memiliki fasilitas yang layak untuk menunjang sistem perkuliahan mahasiswa. 

“Selama ini sudah banyak sekali animasi karya mahasiswa sarjana terapan animasi Udinus. Salah satunya adalah 'Si Warik' yang telah mendapatkan banyak penghargaan dan apresiasi, salah satunya dari Mendikbud dan Menristekdikti termasuk Presiden Joko Widodo,” tambahnya. 

Sesi foto bersama dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Riset dan Teknologi dilakukan oleh Cecep Somantri. Didampingi oleh staf Bagian Kerja Sama, Publikasi, Layanan Umum, dan Humas. Nur Arifin dan Tim Publikasi, Nur Laely Wijayanti. 

Cecep Somantri menyebutkan bahwa Udinus memiliki peran yang baik sebagai mitra yang sering menyumbangkan produk animasi. Setelah melihat langsung sistem pembelajaran yang ada, Cecep mengatakan bahwa praktik dan teori diselenggarakan secara selaras. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan lulusan. 

“Kualitas yang bagus ini di luar dugaan kami karena Udinus memang memiliki bidang animasi yang kuat. Terutama pada proses pembelajaran yang berdiferensiasi dimana mereka memiliki ruang ekspresi melalui proses pembelajaran,” ujar Cecep saat diwawancarai di laboratorium animasi. 

“Melalui potret ini, kami berharap Udinus dapat berkembang dan terus menghasilkan produk-produk unggulan bagi pendidikan vokasi di Indonesia. Juga patut dicontoh oleh perguruan tinggi vokasi lainnya, khususnya di bidang animasi,” tutupnya.

Disadur dari: dinus.ac.id