Program Studi Program Profesi Insinyur Unika Atma Jaya

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.33

m.atmajaya.ac.id

Berdirinya Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) adalah amanat dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Hal ini ialah upaya pemerintah mempercepat terciptanya tenaga insinyur Indonesia yang mandiri, bertanggung jawab, dan mempunyai etika profesi dan kualifikasi sesuai standar sertifikasi sehingga bisa bersaing secara dalam persaingan masyarakat ekonomi ASEAN maupun persaingan global. Maka dari itu, Kemenristekdikti melalui Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi memberikan mandat kepada 40 perguruan tinggi untuk mengadakan Program Profesi Insinyur termasuk Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya melalui SK Kemenristekdikti No. 251/KPT/I/2018 dan SK BAN PT No.  981/SK/BAN-PT/Ak-PKP/PP/I/2020. Legalitas akreditasi PSPPI ini tertuang dalam SK BAN-PT No. 6434/SK/BAN-PT/Akred/PP/X/2020, menyatakan PSPPI Unika Atma Jaya meraih Akreditasi B. Unika Atma Jaya juga sudah bekerjasama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan beberapa industri yang terkait.

Visi PSPPI

Menjadi program studi unggulan yang menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) profesional bidang keinsinyuran yang berbasiskan rekayasa industri serta berlandaskan nilai-nilai Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli (KUPP) pada tahun 2023.

Misi PSPPI

Mengembangkan keahlian profesi insinyur yang profesional di bidang rekayasa industri manufaktur dan jasa  yang berlandaskan nilai-nilai Etika Profesi Insinyur Indonesia dan KUPP;

Mempersiapkan lulusan yang ahli pada bidangnya melalui pendekatan ilmiah, studi kasus dan praktik lapangan;

Mempersiapkan SDM yang memiliki nilai tambah, daya guna dan hasil guna, dan berpegang pada prinsip K3L (Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan) dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan PSPPI

Menciptakan lulusan program profesi insinyur yang profesional di bidangnya, dan berhak menggunakan gelar Insinyur (Ir);

Menciptakan lulusan program profesi insinyur yang berlandaskan nilai-nilai Etika Profesi Insinyur Indonesia dan KUPP;

Menciptakan lulusan yang ahli di bidang keinsinyuran melalui pendekatan ilmiah, studi kasus dan praktek lapangan;

Menciptakan lulusan yang menguasai sistem manajemen SDM yang bisa bernilai tambah, berdaya guna dan hasil guna, berpegang pada prinsip K3L (Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan) dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Profil Lulusan PSPPI

Dalam menjalankan pekerjaan keinsinyuran, sesudah lulusan Insinyur Unika Atma Jaya memperoleh sertifikat insinyur dari PII, mereka mempunyai wewenang dan tanggung jawab sebagai:

Pelaksana Lapangan Proyek (bagi Insinyur Profesional Pratama (IPP))

Proyek Manager (bagi Insinyur Profesional Madya (IPM))

Proyek Direktur (bagi Insinyur Profesional Utama (IPU))

Sub Program Studi/ Peminatan

Saat ini PSPPI Unika Atma Jaya menawarkan tiga sub program studi (Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Industri).

Jenis Jalur Program/Proses Perkuliahan

Program Profesi Insinyur yang diadakan oleh Unika Atma Jaya terbagi ke dalam dua jalur program, yaitu Program Reguler dan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

  1. Jalur Program Reguler

Jalur Program Reguler akan dilakukan selama dua semester melalui kegiatan perkuliahan tatap muka dan tutorial di Kampus Unika Atma Jaya Semanggi dan atau secara online atau daring.

  1. Jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL)

Program Profesi Insinyur Unika Atma Jaya melalui jalur Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) bisa dituntaskan dalam satu semester. Banyaknya mata kuliah yang masih harus diambil disesuaikan dengan hasil penilaian majelis penilai. Pertemuan tatap muka luring dan/atau daring akan diadakan pada awal, tengah dan akhir semester (akhir pekan/sore hari) dengan proses tutorial yang bisa dilakukan secara online. Dengan konsep perkuliahan ini, maka peserta masih dapat melaksanakan tugas atau pekerjaannya sehari-hari.


Disadur dari sumber m.atmajaya.ac.id