Pertamina Bermitra dengan Sinopec Tiongkok untuk Mempercepat Transisi Energi

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

23 April 2024, 09.56

Sumber: tempo.co

Tempo.co, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menggandeng perusahaan energi asal cina, sinopec, untuk mempercepat upaya transisi energi dan memperluas peluang pengembangan bisnis secara global.

"Di tengah tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dan transisi energi, kolaborasi dengan mitra menjadi sangat penting untuk mengatasi isu-isu tersebut dan mengakselerasi pertumbuhan bisnis Pertamina melalui transfer pengetahuan dan teknologi," kata direktur utama pertamina, nicke widyawati, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (13/11).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Nicke Widyawati dan Chairman Sinopec Group, Ma Yongsheng, di Shanghai pekan lalu. Nota kesepahaman ini mencakup berbagai kegiatan bisnis, mulai dari sektor hulu, hilir, energi terbarukan, hingga pengembangan sumber daya manusia.

Di sektor hulu, Pertamina dan Sinopec akan memperluas kerja sama dalam pengembangan hidrokarbon non-konvensional, pemanfaatan dan penyimpanan karbon (CCUS), enhanced oil recovery (EOR), dan pengeboran ultra-dalam. "Ini termasuk memperkuat program penelitian dan pengembangan serta pengembangan bisnis hulu," jelas nicke.

Sementara itu, kolaborasi hilir meliputi bisnis bahan bakar dan non-bahan bakar, pelumas, penerbangan, petrokimia, serta transportasi dan logistik. Sebagai bagian dari kerja sama energi terbarukan, kedua belah pihak akan menjajaki potensi pengembangan energi panas bumi, hidrogen, dan tenaga surya.

"Ada juga kesepakatan untuk meningkatkan kapasitas di kedua belah pihak," tambah Nicke. Sebelumnya, anak perusahaan pertamina, Pertamina hulu energi, telah menandatangani kesepakatan dengan Sinopec. Oleh karena itu, nicke berharap kerja sama ini dapat mempererat hubungan kedua perusahaan energi tersebut.

Disadur dari: tempo.co