Profil Perusahaan PT Pertamina

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

13 Februari 2024, 16.37

Kantor Pusat PT Pertamina di Jakarta - Wikipedia

Apa itu PT Pertamina?

PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan milik negara Indonesia yang terutama bergerak di bidang minyak dan gas. PT Pertamina memiliki beberapa subholding yang masing-masing bergerak di bidang hulu, kilang dan petrokimia, komersial dan perdagangan, gas, listrik dan energi terbarukan, dan pengapalan untuk menjalankan operasi utamanya. Selain itu, perusahaan ini juga beroperasi di bidang asuransi, layanan kesehatan, penerbangan, dan pengembangan properti melalui anak-anak usahanya yang lain.

Visi, misi, dan tujuan perusahaan

PT Pertamina memiliki misi yaitu menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat". Misi dari PT Pertamina diserati dengan visi yaitu "Menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia".

Sejarah perusahaan

PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina) didirikan oleh pemerintah Indonesia pada 10 Desember 1957 untuk mengelola ladang minyak di Aceh Timur dan Aceh Tamiang. PN Pertambangan Minyak Nasional (Permina) didirikan sebagai perusahaan negara (PN) pada tahun 1961. Pada tahun 1968, perusahaan ini digabung dengan PN Pertambangan Minyak Indonesia (Pertamin) untuk membentuk PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional (PN Pertamina). Pada tanggal 1 Januari 1972, nama perusahaan ini kemudian diubah menjadi Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina). Perusahaan ini diubah menjadi sebuah persero pada bulan September 2003 sebagai pelaksanaan UU No 22 Tahun 2001. Namanya juga diubah menjadi yang sekarang.

Anak perusahaan

  1. Hulu
    PT Pertamina Hulu Energi bertanggung jawab atas pengelolaan bisnis hulu minyak dan gas bumi serta energi, baik di dalam maupun di luar negeri, serta kegiatan bisnis yang terkait dan atau mendukung bisnis ini.
  2. Gas
    PT Pertamina Gas Negara Tbk berurusan dengan gas alam dan produk turunannya, termasuk transportasi, distribusi, pemrosesan, dan operasi lainnya.

  3. Komersial & Perdagangan
    PT Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan penyimpanan, transportasi, dan perdagangan minyak bumi serta layanan konstruksi fasilitas minyak dan gas.

  4. Listrik & Energi Terbarukan
    PT Pertamina Power Indonesia melakukan pekerjaan di PLTU Jawa-1 dan mengelola FSRU PLTU Jawa-1.

  5. Kilang & Petrokimia
    PT Kilang Pertamina Internasional mengawasi enam kilang minyak Pertamina yang ada di Indonesia.

  6. Pengapalan
    PT Pertamina International Shipping melakukan pengiriman barang dari dan ke luar Indonesia.

    Adapun beberapa perusahaan pendukung seperti PT Tugu Pratama Indonesia yang mengatasi asuransi kerugian untuk operasi migas dan kapal laut.

    Disadur dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Pertamina