Persatuan Insinyur Profesional Nasional

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

30 Mei 2024, 08.23

Sumber: Pinterest.com

Apa yang dimaksud dengan PE?

Bagi klien, ini berarti anda memiliki kredensial untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Bagi pemberi kerja, ini menandakan kemampuan anda untuk mengambil tingkat tanggung jawab yang lebih tinggi. Di antara kolega anda, itu menuntut rasa hormat. Bagi diri anda sendiri, ini adalah simbol kebanggaan dan ukuran pencapaian yang telah anda raih dengan susah payah.

Untuk mendapatkan lisensi, para insinyur harus menyelesaikan pendidikan sarjana selama empat tahun, bekerja di bawah seorang insinyur profesional selama setidaknya empat tahun, lulus dua ujian kompetensi intensif dan mendapatkan lisensi dari dewan lisensi negara bagian mereka. Kemudian, untuk mempertahankan lisensi mereka, para PE harus terus mempertahankan dan meningkatkan keterampilan mereka sepanjang karier mereka.

Namun, hasilnya sepadan dengan usaha yang dilakukan. Dengan menggabungkan keahlian khusus mereka dengan standar etika dan jaminan kualitas yang tinggi, para PE membantu membuat kita lebih sehat, membuat kita lebih aman, dan memungkinkan kita semua untuk menjalani kehidupan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Seabad yang lalu, siapa pun dapat bekerja sebagai insinyur tanpa bukti kompetensi. Untuk melindungi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, undang-undang lisensi insinyur pertama kali diberlakukan pada tahun 1907 di Wyoming. Kini setiap negara bagian mengatur praktik keinsinyuran untuk memastikan keselamatan publik dengan memberikan kewenangan kepada Insinyur Profesional (Professional Engineers/PE) untuk menandatangani dan menyegel rencana keinsinyuran serta menawarkan jasanya kepada publik.

Untuk menggunakan segel PE, para insinyur harus menyelesaikan beberapa langkah untuk memastikan kompetensi mereka.

  • Memperoleh gelar sarjana teknik empat tahun dari program teknik yang terakreditasi (tautan eksternal)
  • Lulus ujian Fundamentals of Engineering (FE)
  • Menyelesaikan empat tahun pengalaman teknik progresif di bawah bimbingan seorang PE
  • Lulus ujian Prinsip dan Praktik Teknik (PE)

Apa yang membedakan seorang PE dengan seorang insinyur?

PE juga harus terus menunjukkan kompetensi mereka dan mempertahankan serta meningkatkan persyaratan pendidikan berkelanjutan tergantung pada negara bagian tempat mereka berlisensi.

  • Hanya insinyur berlisensi yang dapat menyiapkan, menandatangani dan menyegel, serta menyerahkan rencana dan gambar teknik kepada otoritas publik untuk mendapatkan persetujuan, atau menyegel pekerjaan teknik untuk klien publik dan swasta.
  • PE memikul tanggung jawab tidak hanya untuk pekerjaan mereka, tetapi juga untuk kehidupan yang terpengaruh oleh pekerjaan tersebut dan harus memegang teguh standar etika praktik yang tinggi.
  • Lisensi bagi seorang insinyur konsultan atau praktisi swasta bukanlah sesuatu yang hanya diinginkan; ini adalah persyaratan hukum bagi mereka yang bertanggung jawab atas pekerjaan, baik itu kepala sekolah atau karyawan.
  • Lisensi untuk insinyur di pemerintahan telah menjadi semakin signifikan. Di banyak lembaga federal, negara bagian, dan kota, posisi insinyur pemerintah tertentu, terutama yang dianggap sebagai posisi yang lebih tinggi dan bertanggung jawab, harus diisi oleh insinyur profesional berlisensi.
  • Banyak negara bagian mensyaratkan bahwa individu yang mengajar teknik juga harus berlisensi. Pengecualian terhadap undang-undang negara bagian sedang diserang, dan di masa depan, mereka yang bekerja di bidang pendidikan, serta industri dan pemerintah, mungkin perlu memiliki lisensi untuk berpraktik. Selain itu, lisensi membantu para pendidik mempersiapkan siswa untuk masa depan mereka di bidang teknik.

Disadur dari: nspe.org