Perkuat Kolaborasi dan Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

06 Mei 2024, 16.35

Sumber: dahana.id

Tim PT Antam Tbk. Tim berkunjung ke Energetic Material Center (EMC) Dahana dalam rangka mempererat kerja sama yang sudah terjalin antar BUMN, dan secara khusus berkolaborasi membangun komitmen bersama dalam mendorong nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) antara kedua perusahaan BUMN.

Rombongan PT Antam disambut langsung oleh Plt Vice President EMS Dahana , Dadan Munawar dan GM Divisi Tambang Umum (DTU)-1 Herry Sudaryanto serta Senior Manager Operasi DTU 1 Teja Sukmara di Kampus Dahana , Subang, Jawa Barat, Selasa (31/10). Herry menjelaskan, Antam merupakan salah satu mitra kerja tertua yang terus mempercayakan Dahana untuk memenuhi  kebutuhan produk dan jasa bahan peledak.

Menurutnya, pertemuan ini sangat baik untuk memperkuat kolaborasi untuk memajukan sektor pertambangan nasional di satu sisi, dan komitmen bersama dalam upaya meningkatkan nilai TKDN sebagai bentuk kebanggaan menggunakan produk dalam negeri di sisi lain.
"Kami menyambut baik kedatangan kembali rekan-rekan dari Antam. Kami berharap silaturahmi ini dapat memperkuat kolaborasi positif yang selama ini sudah berjalan antara Dahana dan Antam.

Dan secara khusus, kita sama-sama berkomitmen untuk terus mendorong nilai TKDN produk Dahana sebagai langkah konkret untuk terus membuktikan bahwa produk dalam negeri mampu bersaing dalam aplikasi peledakan di sektor pertambangan bawah tanah," tambah Sudaryanto. Di sektor tambang bawah tanah,Dahana  menawarkan Total Explosive Solutions yang terdiri dari penyediaan bahan peledak, pengeboran & peledakan, pemuatan & pengangkutan termasuk pekerjaan pendukung, penggalian, penimbunan, pemadatan hingga perlindungan dan penguatan dinding, pergudangan, pembangunan pabrik di lokasi (on site plant), pengisian bahan peledak bawah tanah (underground explosive charger), pergudangan, dan perijinan.

Selain itu, sejak tahun lalu Dahana  telah menjadi anggota Holding BUMN Industri Pertahanan Indonesia (Defend Id), bersama PT Len Industri (Persero) sebagai induk, PT Pindad, PT DI, dan PT PAL Indonesia. Meski bergerak di bidang industri pertahanan. Dahana  juga mengembangkan sektor komersial secara berkelanjutan. Hingga saat ini, hampir 95% pendapatan Dahana berasal dari jasa bahan peledak komersial.

Salah satu bentuk layanan sektor komersial tersebut adalah kerjasama dengan Antam yang merupakan bagian dari holding MIind Id. Komitmen bersama ini memperkuat kolaborasi positif antar holding BUMN. Sementara itu, Ferry Pathurohman Hidayat, pengadaan dan material Management Manager PT Antam mengatakan bahwa kunjungan kali ini merupakan upaya untuk mempererat kerja sama antar perusahaan BUMN. Ia mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang sama-sama menganut nilai-nilai inti akhlak sebagai nafas bisnisnya, kolaborasi menjadi salah satu syarat utama untuk memajukan kedua perusahaan. Ia menggarisbawahi bahwa BUMN harus menjadi motor penggerak dalam memajukan produk dalam negeri.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dahana sambutan yang hangat di Kampus Subang. Kami berharap pertemuan ini dapat mempertegas kerjasama yang telah terjalin selama puluhan tahun antara kedua perusahaan. Kami sangat senang menggunakan produk-produk Dahana s. Selain karena nilai TKDN, produk Dahana telah memenuhi ekspektasi kami dengan kualitasnya yang sangat baik. Kerja sama ini sudah terbukti dengan lamanya penggunaan produk Dahana sdi lokasi kerja PT Antam," ujar Hidayat.

Disadur dari: dahana.id