Dahana dari Indonesia, Pengekspor Ratusan Ton Bahan Peledak di Australia

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

23 Februari 2024, 14.44

PT Dahana (Persero) Melakukan Ekspor Produk Bahan Peledaknya ke Perusahaan Australia

PT Dahana (Persero), perusahaan bahan peledak lokal, kembali mengirimkan produk bahan peledaknya ke perusahaan Australia, Johnex Explosives. Sebanyak 215 Ton Megadrive Cartridge Emulsion berukuran 32mm x 700mm, dikemas dalam 20 kontainer, dikirimkan dari Kawasan Energetic Material Center (EMC) Dahana, Subang, Jawa Barat, pada Kamis (23/4).

Pengiriman dilakukan menggunakan truck trailer menuju pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, setelah itu diangkut ke Australia menggunakan kapal. Setibanya di pelabuhan tujuan, produk Dahana tersebut akan didistribusikan langsung ke gudang-gudang end user Johnex Explosives di Australia.

Direktur Operasi Dahana, Bambang Agung, menyatakan bahwa pengiriman ekspor ini merupakan langkah penting perusahaan untuk menjaga kinerja positif di tengah pandemi global Covid-19. Meskipun bisnis sedang lesu akibat pandemi, keberlanjutan ekspor bahan peledak ke Australia membuktikan daya saing industri bahan peledak dalam negeri di kancah internasional.

Bambang menekankan bahwa kemampuan Dahana dalam menjawab kepercayaan konsumen di luar negeri dengan komitmen dan konsistensi membuktikan kualitas perusahaan. Meski tantangan bisnis sedang berat, keberlanjutan ekspor ke Australia menegaskan bahwa industri bahan peledak dalam negeri mampu bersaing di panggung global.

Senior Manager Operasi Divisi Tambang Umum 2 Dahana, Dadan Munawar, menjelaskan bahwa pengiriman kargo ini telah melalui prosedur ketat, termasuk pembuatan bahan peledak di pabrik, pengecekan kontrol kualitas langsung oleh Johnex Explosives, fumigasi dan pembersihan kontainer kargo, serta penerapan Protokol Pencegahan Covid-19 oleh Dahana.

Dadan menyoroti bahwa sertifikasi fumigasi adalah syarat utama saat pemeriksaan di pelabuhan Australia, mengingat standar tinggi yang diterapkan negara tersebut dalam proses ekspor-impor. Ia juga menyebutkan bahwa ekspor ketiga ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama dan kepercayaan antara Dahana dan Johnex, potensialnya mencakup layanan di bidang peledakan bawah tanah di masa depan.

Dahana, sebagai BUMN di sektor bahan peledak, telah berhasil menjalin kerjasama di berbagai sektor, termasuk pertambangan, kuari, konstruksi, minyak dan gas, serta pertahanan. Produk-produk Dahana, selain digunakan di dalam negeri, juga telah diekspor ke mancanegara. Perjalanan ekspor ke Australia telah dimulai sejak Maret 2019 dan terus berkembang, dengan ekspor ketiga pada saat ini menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam kerja sama dengan Johnex Explosives.

Disadur dari: https://ekonomi.republika.co.id/berita/q98ec1383/dahana-ekspor-ratusan-ton-bahan-peledak-ke-australia