Pengembangan Produk: Menghadirkan Inovasi ke Pasar

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

07 Mei 2024, 12.47

sumber: pexels.com

Pengembangan produk adalah proses membawa produk ke pasar. Pelajari tentang tahapan pengembangan produk, lihat contoh dan lainnya di artikel ini.

Produk yang menang cenderung melakukan satu hal yang lebih baik daripada semua pesaing mereka. Pengembang produk dan manajer produk fokus untuk menemukan satu hal yang benar-benar penting dan terobsesi untuk melakukan yang terbaik. Menemukan keunggulan kompetitif dan memberikannya dalam pengalaman produk adalah pekerjaan utama dari setiap proses pengembangan produk.

Apa itu pengembangan produk?

Pengembangan produk adalah proses membawa produk ke pasar. Mengurutkan pengembangan produk menjadi proses yang dapat diulang memungkinkan tim untuk mengembangkan dan memberikan produk kepada pelanggan yang menginginkannya dengan andal. 

Jika Anda suka membuat sesuatu, Anda akan selalu berpikir tentang apa yang dibutuhkan dunia dan bagaimana Anda bisa membuatnya. Proses pengembangan produk membantu Anda berkembang dari berpikir hingga mengambil tindakan. Tugas Anda sebagai manajer produk adalah pergi ke dunia untuk meneliti, menguji, dan memvalidasi kebutuhan tersebut, dan berkontribusi dalam membangun produk untuk memenuhi kebutuhan pasar dan pengguna Anda.

Pengembangan produk vs. manajemen produk

Manajemen produk adalah jabatan pekerjaan, sedangkan pengembangan produk adalah fungsi pekerjaan. Manajer produk memfasilitasi proses pengembangan produk bersama dengan orang-orang dari bagian desain, teknik, pengujian, dan pemasaran. 

Sembilan tahap proses pengembangan produk

Manajer produk dan timnya sering kali dikirim "kembali ke papan gambar" ketika pengujian atau prototipe gagal. Hal yang paling penting pada saat seperti ini adalah memulai lagi. Tahapan pengembangan produk berikut ini dapat digunakan baik sebagai perkembangan linier maupun sebagai lingkaran pembelajaran. Di mana pun tim Anda berada, saran terbaik adalah terus bergerak maju.

Pembentukan tim

Saya dulu bekerja di sebuah perusahaan modal ventura tahap awal. Para pengusaha sering bertanya kepada saya apa yang mereka butuhkan untuk mengadakan pertemuan dengan tim kepemimpinan dan sering kali terkejut dengan jawaban saya: "Yang Anda butuhkan hanyalah tim yang baik." Filosofi ini menghasilkan beberapa investasi terbaik kami dan tim yang kuat berada di balik hampir semua produk yang sukses. Kerja keras pembentukan tim harus menjadi langkah pertama Anda dalam pengembangan produk.

Tim pengembangan produk bersifat lintas fungsi, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan sangat kreatif. Keingintahuan biasanya datang dari manajer produk atau pemimpin tim yang berkomitmen untuk mempelajari semua hal yang mereka bisa tentang pelanggan. Kreativitas muncul ketika para insinyur dan desainer mengambil wawasan pelanggan dan mengubahnya menjadi produk yang bisa diterapkan.

Banyak tim produk yang hanya terdiri dari dua orang pendiri yang mencoba mencari tahu. Mereka berbagi tanggung jawab yang luas sampai mereka dapat berkembang dan mempekerjakan tim produk yang lengkap. Tim pengembangan produk umumnya terdiri dari peran dan tanggung jawab berikut:

  • Manajemen produk: Manajemen produk memandu setiap langkah siklus hidup produk - mulai dari pengembangan hingga pemosisian dan penetapan harga - dengan berfokus pada produk dan pelanggannya terlebih dahulu. Untuk membangun produk terbaik, manajer produk mengadvokasi pelanggan di dalam organisasi dan memastikan suara pasar didengar dan diperhatikan.
  • Desain: Desainer membantu membuat ide, mendefinisikan, dan membuat prototipe iterasi awal produk. Desain tetap menjadi kontributor utama selama proses pengembangan produk. 
  • Pengembangan: Pengembang atau tim pengembang membangun produk. Tim pengembang menangani teknik dan sering kali melibatkan rekan tim pengujian dan jaminan kualitas. 
  • Pemasaran dan penjualan: Sebaiknya pertimbangkan pemasaran dan penjualan sejak dini, untuk memastikan Anda memiliki strategi sebelum produk diluncurkan.

Penemuan pelanggan

Penemuan pelanggan adalah proses memahami kebutuhan dan masalah pelanggan Anda. Hal ini paling baik dilakukan melalui wawancara langsung yang dibantu dengan survei dan pengembangan persona. 

Bayangkan seorang pengusaha yang telah mengidentifikasi pelanggan yang ingin mereka bantu. Dalam wawancara langsung, mereka memvalidasi keberadaan titik masalah pelanggan, dan berbagi solusi potensial. Mereka sangat senang mengetahui bahwa pelanggan berpikir bahwa produk tersebut akan berhasil bagi mereka, dan mereka mungkin akan membayar untuk solusi tersebut. Mereka bingung beberapa bulan kemudian ketika pelanggan tersebut dan orang lain ragu-ragu dan tidak mau membeli produk yang mereka ciptakan dengan penuh percaya diri. 

Pengusaha ini meremehkan betapa menyenangkannya orang lain ketika mereka duduk di seberang seseorang yang bersemangat tentang masalah mereka dan ingin membantu. Pelanggan akan sering memberi tahu Anda apa yang ingin Anda dengar, terutama ketika Anda mencari validasi. Gunakan wawancara validasi untuk meningkatkan proses penemuan pelanggan Anda. 

Katakanlah Anda hidup di dunia yang penuh dengan sendok dan Anda ingin mendesain sesuatu yang baru: garpu. Anda memberikan sepiring brokoli kepada seorang pelanggan dan berkata, "Saya rasa Anda ingin menggunakan sendok untuk memakannya." Anda kemudian mendengar bahwa sebenarnya, tidak, sesuatu dengan beberapa paku yang tajam mungkin akan lebih baik untuk mengambilnya. Anda baru saja memvalidasi bahwa mereka membutuhkan garpu dengan mendorong pelanggan Anda untuk mengatakan tidak pada pertanyaan Anda dan menjelaskan alasannya. Saya menemukan bahwa pelanggan yang bersemangat memberikan wawasan terbaik bukan ketika mereka mengatakan ya untuk memvalidasi solusi Anda, tetapi ketika mereka mengatakan tidak untuk memvalidasi solusi lain. Dengan mencari pembatalan, Anda akan menemukan validasi.

Ideasi

Ideasi adalah penciptaan solusi untuk masalah yang diketahui. Bagi banyak orang, langkah ini berfokus pada curah pendapat. Namun, ingatlah bahwa proses ini dirancang untuk membantu Anda beralih dari sekadar memikirkannya! Sebaliknya, kita bisa fokus kembali pada wawasan inti dari produk yang paling sukses: Mereka melakukan satu hal dengan baik. 

Mulailah dengan menetapkan batasan-batasan ide Anda. Panduan terbaik datang dalam bentuk target pasar Anda. Anda telah berbicara dengan orang-orang ini, dan mudah-mudahan, belajar sedikit tentang mereka. Batasi pembuatan ide Anda pada hal-hal yang ada di dunia mereka saja. Batasan lain yang bagus adalah produk dan solusi yang sudah ada. Dengan menganalisis apa yang dilakukan kompetitor dengan baik, Anda bisa menemukan kebutuhan yang belum terpenuhi yang menjadi satu hal yang bisa menjadi fokus tim Anda. Hasil dari ide bukanlah lembar spesifikasi produk dengan fungsionalitas dan fitur, melainkan satu masalah yang perlu dipecahkan dan firasat tentang cara menyelesaikannya. 

Pemeriksaan terakhir dalam ideasi adalah melihat secara jujur tim dan sumber daya Anda. Apakah solusi yang Anda pilih adalah sesuatu yang dapat dijalankan oleh tim Anda saat ini? Apakah Anda memiliki sumber daya atau alat untuk membuka kemampuan yang tidak dimiliki saat ini? Jika Anda menemukan ketidaksesuaian antara tim Anda dan ambisi Anda, masih ada banyak jalan ke depan. Anda bisa kembali ke langkah pembentukan tim untuk membangun tim yang lebih kuat. Anda juga bisa menyelesaikan sebagian kecil masalah sehingga tim Anda bisa terus bergerak maju.

Tentukan produk

Anda sudah memiliki firasat tentang cara menyelesaikan masalah yang Anda pilih. Sekarang, Anda bisa mulai membentuk firasat tersebut menjadi sebuah produk nyata. Ini adalah tahap yang berbahaya, di mana para perencana dan pelaku dapat menjadi sedikit liar dalam membuat dokumen persyaratan produk lengkap dengan semua lonceng dan peluit. Saya akan memperingatkan Anda untuk segera melihat ke depan pada langkah berikutnya untuk memfokuskan kembali energi Anda hanya pada apa yang diperlukan pada tahap ini. 

Mendefinisikan produk Anda termasuk menentukan bentuk, wujud, dan metode pengiriman yang akan Anda gunakan. Definisi yang umum digunakan adalah "perangkat keras, perangkat lunak, virtual, SaaS, CPG", dan banyak lagi. Anda mungkin tertarik pada satu definisi sejak awal, dan Anda mungkin benar! Banyak produk yang paling menarik mendobrak batasan definisi ini. Bayangkan ketika tim di iTunes bertaruh bahwa masa depan pengiriman musik akan melalui perangkat lunak, bukan perangkat keras. Dunia mereka penuh dengan CD dan rekaman dan definisi produk tersebut mengubah industri seperti yang kita ketahui. 

Kiat ahli

Apakah Anda ragu dengan definisi produk Anda? Meninjau kembali penemuan pelanggan Anda mungkin merupakan sinyal terbaik untuk menentukan arah mana yang harus dipilih. Pelanggan yang memiliki harapan yang sama akan solusi yang murah, mudah, dan sesuai permintaan mungkin mengisyaratkan SaaS, sementara pelanggan yang berfokus pada daya tahan atau keamanan mungkin akan merespons dengan baik terhadap solusi perangkat keras.

Pembuatan prototipe

Pembuatan prototipe adalah proses berulang yang digunakan untuk membuat manifestasi fisik produk Anda. Upaya pembuatan prototipe yang efisien berfokus pada pembuatan sejumlah besar iterasi dengan cepat dan murah. Meningkatnya pencetakan 3D dan pengembangan perangkat lunak dengan kode rendah telah membuat pembuatan prototipe menjadi lebih mudah dilakukan dari sebelumnya. 

Tujuan Anda dalam membuat prototipe adalah untuk menghilangkan beberapa asumsi yang dibuat dalam definisi produk Anda. Jika Anda berasumsi bahwa Anda dapat membuat pengalaman musik digital yang luar biasa seperti iTunes, prototipe Anda akan fokus pada pengunggahan, pengunduhan, dan pemutaran satu lagu. Jika pengunduhan dasar memakan waktu terlalu lama, atau kualitas pemutarannya sangat buruk, Anda mungkin perlu kembali ke definisi produk Anda. 

Sebagai contoh, Chris adalah pendiri Nocs, sebuah perusahaan optik yang membuat teropong yang tahan lama dan tahan air untuk penjelajahan di luar ruangan. Dia adalah pendukung yang bersemangat dalam pembuatan prototipe, seperti yang dibuktikan oleh kantornya yang hampir dipenuhi oleh lusinan prototipe tabung zoom, teropong pro dan teropong standar. Menanyakan kepada Chris, mengapa ia membuat purwarupa, maka jawabannya sederhana. Ia mengatakan, bahwa tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman memegang purwarupa di tangan Anda, dan melihat bagaimana segala sesuatunya menyatu. Melihat prototipe awal, dan memperbaikinya pada iterasi berikutnya, memberinya kepercayaan diri yang luar biasa bahwa dia tidak hanya dapat melaksanakan visinya, tetapi juga pelanggan akan menyukainya. Chris menyimpan printer 3D di kantor rumahnya sehingga dia bisa terus membuat prototipe ketika inspirasi datang.

Produk yang layak minimum (MVP)

Produk yang layak minimum, atau MVP, adalah versi paling sederhana dari sebuah produk yang dapat Anda berikan kepada pelanggan yang sebenarnya. Banyak pengusaha berjuang dengan gagasan untuk merilis produk yang mereka tahu bisa lebih baik. Ketakutan ini begitu terasa sehingga sering kali, pengusaha terus maju dan mengembangkan produk mereka lebih jauh, hanya untuk dibingungkan oleh adopsi yang buruk. 

Sangat menggoda untuk menganggap MVP sebagai versi sederhana dari produk akhir Anda. Saya kemudian bertanya, "Bagaimana Anda tahu apa produk akhir Anda?" Proses pengembangan produk penuh dengan peluang untuk menantang dan mengubah asumsi Anda tentang produk Anda, dan tahap ini adalah kesempatan belajar terbesar Anda. MVP Anda adalah fondasi tersebut, dan Anda mungkin tidak akan berhasil pada percobaan pertama.

Dengarkan Tanguy Crusson, Kepala Produk untuk Penemuan Produk Jira, berbicara tentang cara menggunakan MVP untuk mengumpulkan umpan balik pengguna, memprioritaskan peta jalan Anda, dan memberikan produk yang hebat.

Contoh produk yang Layak minimum

Pengantaran pizza hanya dengan satu panggilan telepon. Sebagian besar hidup Anda, Anda mungkin mengangkat telepon, merujuk pada menu kertas yang Anda miliki di laci, dan membacakan pesanan Anda kepada karyawan toko pizza. Tim Anda memiliki firasat bahwa pengantaran pizza dapat dilakukan melalui aplikasi, jadi definisi produk Anda adalah solusi perangkat lunak. Prototipe Anda adalah serangkaian layar yang dapat diklik yang menangani pilihan pizza dan input alamat. MVP Anda adalah aplikasi nyata dengan fungsionalitas yang sama persis, dengan tambahan satu bahan penting: Pizza sungguhan.  

Aplikasi Anda, "The Cheese Slice" adalah MVP yang luar biasa. Ini sangat sederhana. Pengguna hanya memiliki satu pilihan dalam aplikasi: memesan sepotong keju. Pengguna memasukkan alamat mereka dan menerima konfirmasi sederhana, dengan catatan ramah untuk memberi tip kepada pengemudi pengiriman mereka. Anda bermitra dengan toko pizza lokal yang setuju untuk menyisihkan 20 irisan keju untuk uji coba khusus akhir pekan. Anda telah membayar di muka untuk irisan keju tersebut dengan harga $5, dan berencana untuk menjualnya seharga $3 karena tujuan Anda bukan untuk menghasilkan uang! Tujuan Anda adalah untuk mengetahui apakah orang-orang dapat keluar dari pengalaman tradisional berbasis panggilan telepon dan mendapatkan kepuasan yang sama dari aplikasi Anda. MVP Anda akan memberikan pembelajaran tersebut dalam satu akhir pekan, dengan biaya bahan sebesar $100.

Tips ahli

Ingat filosofi kami sebelumnya? Produk yang menonjol melakukan satu hal dengan baik dan tujuan Anda dengan MVP adalah menemukan satu hal itu dan memvalidasi bahwa itulah yang diinginkan pelanggan.

Pengujian pengguna

Pengujian pengguna adalah proses mengamati interaksi pelanggan dengan produk Anda, dan mempelajari tingkat kepuasan yang diberikan produk Anda. Pengujian pengguna dapat dilakukan dengan cara yang terkontrol dan terdistribusi. Banyak orang menetapkan tolok ukur dan membandingkan data penggunaan MVP dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika Anda memperhatikan bahwa 20 orang membuka The Cheese Slice dan mengklik untuk setiap 1 pesanan yang berhasil, Anda sedang melakukan pengujian pengguna! Mungkin sulit untuk mengetahui secara pasti mengapa begitu banyak orang meninggalkan proses tersebut, sehingga Anda dapat meningkatkan pengujian pengguna untuk mengetahuinya. 

Pengujian pengguna membawa validasi lebih lanjut dari MVP Anda dan membuka jalan ke depan untuk tim pengembangan Anda. Pengujian pengguna mungkin terasa seperti menghambat Anda. Anda mungkin menemukan bahwa tidak ada satu pun dari pelanggan yang puas dengan pengalaman aplikasi Anda. Dalam wawasan itu adalah kesempatan untuk mundur beberapa langkah dalam proses pengembangan produk dan mencoba lagi.

Pengujian pengguna dalam tindakan

Bayangkan Anda pergi ke restoran pizza lokal dan membayar mereka $100 untuk mendapatkan nomor telepon dari 20 pelanggan pengiriman mereka. Anda menelepon daftar tersebut dan menawarkan pizza gratis kepada mereka jika mereka datang ke kantor dan memesannya dengan Anda. Di kantor, Anda meletakkan iPhone di atas meja dan meminta mereka memesan pizza. Satu-satunya aplikasi yang ada di ponsel itu, dan hal pertama yang mereka lihat, adalah The Cheese Slice. Apa yang terjadi selanjutnya akan mengejutkan Anda. 

Banyak yang mungkin langsung membuka ponsel dan menghubungi toko pizza favorit mereka, bahkan tanpa melihat aplikasinya. Untuk orang-orang seperti itu, Anda bertanya kepada mereka, "Mengapa?" Anda mungkin akan mengetahui bahwa mereka benar-benar menyukai orang-orang di toko lokal mereka. Anda bertanya-tanya bagaimana Anda bisa membawa aspek yang lebih manusiawi ke dalam aplikasi Anda. Anda mungkin melihat mereka menolak satu pilihan, dan bertanya kepada mereka apa pilihan lain yang mereka inginkan. Pada saat itu, Anda belajar apa yang harus Anda tawarkan selanjutnya... dan itu hanya menghabiskan biaya $100 dan beberapa pizza sisa.

Peta jalan produk

Idealnya, Anda mendapatkan wawasan yang kuat dari MVP dan tahap pengujian pengguna. Menangkap wawasan tersebut dan mengurutkannya pada peta jalan produk adalah langkah selanjutnya. Peta jalan produk adalah representasi visual dari visi, arah, dan kemajuan produk dari waktu ke waktu. Peta jalan produk membantu Anda melihat bagaimana aliran kerja dan inisiatif yang berbeda bersatu untuk memajukan produk Anda. 

Salah satu tantangan dengan peta jalan adalah bahwa peta jalan biasanya statis dan terputus dari item pekerjaan aktual yang menyusun setiap aliran kerja. Solusi untuk hal ini adalah alat manajemen kerja dengan fitur peta jalan. Sebagai contoh, Jira Software memungkinkan Anda untuk beralih langsung dari papan kerja ke tampilan peta jalan. Mari kita telusuri bagaimana The Cheese Slice dapat mengurutkan peningkatan aplikasi mereka berikutnya dalam peta jalan. 

Tim The Cheese Slice belajar dua hal: Mereka perlu menghadirkan sentuhan manusiawi ke dalam aplikasi dan mereka perlu menawarkan lebih banyak pilihan pizza. Jika mereka ingin menawarkan lebih dari sekadar keju, mereka juga perlu nama baru! Berikut ini adalah sprint selama dua minggu yang divisualisasikan dalam peta jalan dengan tiga tugas pengembangan. Pertama, mereka mengubah nama aplikasi. Kemudian, tambahkan pilihan pepperoni, sayuran, dan kombo. Terakhir, mereka menambahkan foto profil, foto karyawan toko pizza lokal mereka yang sedang bekerja.

Luncurkan dan jalankan!

Dengan validasi dan rencana untuk terus berkembang, Anda siap untuk pelanggan. Anda mungkin tidak akan pernah merasa siap, tetapi Anda harus meluncurkannya agar pengembangan produk terus berjalan. Mulai saat ini, pelanggan Anda akan menjadi masukan utama dalam proses pengembangan Anda. Tentu saja, Anda akan merespons pasar dan kebutuhan bisnis Anda, tetapi Anda tidak akan maju dengan cepat tanpa pelanggan. 

Pengembangan produk berlanjut dengan "putaran pembelajaran" yang lebih kecil dan lebih cepat daripada proses lengkap yang diuraikan di sini. Pikirkan tentang cara-cara untuk melakukan penemuan pelanggan, pembuatan prototipe, dan pengujian pengguna secara terus menerus. Pikirkan cara untuk menguji hipotesis dan menantang asumsi Anda sebelum membangun fitur yang mahal. Lakukan upaya untuk membangun proses yang dapat diulang dan kelola pekerjaan Anda agar tidak keluar jalur.

Contoh pengembangan produk

Setiap produk memiliki cerita yang layak diceritakan. Kisah-kisah berikut ini membantu mengilustrasikan cara menemukan satu hal yang benar-benar dapat difokuskan oleh tim produk Anda, cara mendengarkan wawasan pelanggan, dan cara memulai lagi ketika ada masalah.

Instagram

Saat Mike Krieger dan Kevin Systrom mendirikan Instagram, ada banyak aplikasi berbagi foto di pasaran. Kevin dan Mike meluncurkan fitur-fitur baru tetapi belum menemukan pembeda mereka. Kemudian mereka melihat peningkatan tajam dalam penggunaan satu fitur di atas yang lainnya: filter. Filter Instagram memungkinkan fotografer ponsel sehari-hari untuk merasa dan tampil seperti seorang profesional. Kevin dan Mike dengan cepat menggandakan diri, menawarkan filter baru dan lebih baik dalam aplikasi. Tak lama kemudian, filter menjadi begitu lazim di Instagram sehingga kami harus meyakinkan semua teman kami bahwa foto-foto kami yang paling indah sebenarnya adalah tanpa filter. Gulir cukup jauh ke dalam feed Instagram milenial mana pun dan Anda akan menemukan foto-foto yang difilter dengan sangat baik di awal perjalanan Instagram mereka.

Bermain-main

Wawasan pelanggan bisa sangat kuat sehingga menyebabkan sebuah produk "berputar." Kunci utama dari sebuah pivot adalah Anda harus tetap menancapkan satu kaki di tanah. Sebagian besar pivot yang sukses tetap berakar pada satu aspek dari produk mereka sambil mengubah arah ke aspek lainnya. Poros favorit saya adalah Play-doh. Ya, Play-doh itu. Awalnya bernama Kutol, Play-doh adalah produk pembersih yang mengalami penurunan adopsi. Mereka kemudian berbicara dengan seorang guru sekolah yang menggunakan Kutol sebagai alat seni dan kerajinan tangan di kelasnya. Play-doh terus berinvestasi pada produk mereka namun mengubah target pasar mereka. Dengan meluncurkan warna-warna baru dan menarik, Play-doh bangkit kembali dan menjadi mainan anak-anak yang masih kita cintai sampai sekarang.

Google+

Masa-masa tersulit dalam pengembangan produk adalah kemunduran. MVP yang tidak ada yang menggunakan dan prototipe yang berantakan mungkin membuat Anda berhenti di tengah jalan. Namun, Anda dapat mengulang kembali proses ini dan melihat kembali apa yang mungkin terlewatkan di setiap tahap. Saya tetap terinspirasi oleh tim di Google+, salah satu kegagalan terbesar di zaman kita. Ketika Google+ mengalami kegagalan, tim produk menghasilkan produk yang luar biasa dan bertahan lama, terutama Hangouts dan Google Photos. Ketika kesempatan berubah, tim-tim ini mundur dari proses ini, membentuk tim baru, dan berinvestasi pada peluang baru.

Cara meningkatkan proses pengembangan produk Anda

Selama proses ini, Anda akan membuat dokumen, peta jalan, item pekerjaan, dan banyak lagi. Untuk mendukung upaya Anda, Anda memerlukan alat dan sistem manajemen produk yang fleksibel seperti halnya tim Anda yang kreatif. Alat-alat ini perlu bekerja sama sehingga Anda dapat maju dengan mulus dari penemuan, membangun peta jalan, hingga menyelesaikan alur kerja pertama, dan mendokumentasikan semuanya. Secara internal, tim produk Atlassian telah menggunakan rangkaian Atlassian untuk memberikan produk dan layanan dengan sukses selama ... beberapa dekade.

Bagaimana jira product discovery membantu dalam proses pengembangan produk

Sampai saat ini, bagian yang paling menantang dari proses ini untuk dikelola adalah mengapa di balik apa yang Anda bangun. Secara tradisional, adalah tugas manajer produk untuk mengkomunikasikan "mengapa" ini, dan menunjukkan bukti untuk arahan tim. Jira Product Discovery adalah pusat di mana Anda dapat memprioritaskan, berkolaborasi, dan memberikan ide produk baru - semuanya di Jira. Ini dirancang untuk membantu Anda mengintegrasikan data dari penemuan pelanggan ke dalam proses pengembangan Anda. Berdasarkan data tersebut, Anda dapat memprioritaskan peluang, mengkomunikasikan arah, dan merencanakan pekerjaan ke depannya. Coba Jira Product Discovery untuk mengumpulkan tim Anda dan membangun dampak. 

Disadur dari: atlassian.com