Apa Itu Pengembangan Produk? 7 Langkah Membuat Produk 2024

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

15 Mei 2024, 08.15

sumber: pexels.com

Pelajari segala sesuatu tentang siklus hidup pengembangan produk serta taktik untuk meningkatkan alur kerja Anda untuk membantu mewujudkan visi Anda.

Bahkan untuk bisnis e-niaga yang paling sukses sekalipun, perjalanan menuju produk jadi jarang sekali menyerupai garis lurus. Jika Anda seorang calon wirausahawan, proses pengembangan produk bahkan mungkin tampak diselimuti misteri-bagaimana ide di kepala Anda menjadi objek 3D yang bisa Anda pegang di tangan Anda?

Pengembangan produk yang efektif melibatkan riset pasar, manajemen produk, dan banyak uji coba. Meskipun setiap cerita berbeda, ada beberapa praktik terbaik yang dilakukan oleh para pendiri untuk memulai bisnis dan mengirimkan produk jadi.

Dalam panduan ini, pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang siklus hidup pengembangan produk serta taktik untuk meningkatkan alur kerja guna membantu mewujudkan visi Anda.

Apa itu pengembangan produk?

Pengembangan produk mengacu pada proses lengkap untuk membawa produk dari ide ke pasar. Hal ini juga menggambarkan proses memperbarui produk yang sudah ada atau memperkenalkan produk lama ke pasar yang baru. Hal ini termasuk mengidentifikasi kebutuhan pasar, membuat konsep produk, membangun peta jalan produk, meluncurkan produk, dan mengumpulkan umpan balik.

Pengembangan produk baru (NPD) secara khusus mengacu pada pembuatan produk baru dari awal dan membawanya ke pasar. Prosesnya tidak berakhir sampai siklus hidup produk selesai. Dan, Anda dapat melanjutkan proses pengembangan produk setelah peluncuran dengan mengumpulkan umpan balik pengguna dan mengulangi produk dan mengembangkan versi baru.

Siapa yang bertanggung jawab untuk pengembangan produk?

Di perusahaan mana pun, baik bisnis tahap awal maupun perusahaan yang sudah mapan, pengembangan produk menyatukan setiap departemen, termasuk desain, teknik, manufaktur, pemasaran produk, UI/UX, dan banyak lagi. Setiap kelompok dalam tim pengembangan produk memainkan peran penting dalam proses mendefinisikan, mendesain, membangun, menguji, dan mengirimkan produk. Kompleksitas siklus pengembangan produk membuat manajemen produk menjadi semakin penting.

Cara membuat rencana pengembangan produk

Rencana pengembangan produk (atau strategi pengembangan produk) adalah metodologi yang akan digunakan bisnis untuk memandu pengembangan produknya. Ini adalah rencana terperinci dengan tonggak dan pos pemeriksaan yang membuat tim multidisiplin tetap berada di jalur yang tepat dan menuju tujuan yang sama hingga peluncuran produk.

Sebelum memulai tahap pengembangan produk apa pun, tuliskan rencana Anda di atas kertas. Tanyakan: Berapa lama waktu yang kita butuhkan? Apa saja tenggat waktunya? Seberapa sering kita akan bertemu? Apa tujuan kita?

Nanti dalam panduan ini, kita akan membahas proses pengembangan produk. Anda dapat menggunakan ini sebagai garis besar untuk memetakan tujuan mini, cara kerja, dan area tanggung jawab untuk setiap tahap.

Mengapa rencana pengembangan produk penting?

Rencana pengembangan produk adalah tahap penting dalam proses karena alasan berikut:

  • Menyelaraskan tim. Membuat semua orang berada di halaman yang sama sejak awal memastikan bahwa anggota tim dapat memiliki otonomi dan bergerak cepat menuju produk akhir yang sama.
  • Menciptakan pos-pos pemeriksaan. Rencana Anda harus memiliki irama pertemuan dan tujuan yang ingin dicapai pada setiap tahap. Hal ini memungkinkan tim untuk berkumpul secara berkala agar tetap berada di jalur yang benar.
  • Menghilangkan risiko. Dengan memiliki rencana yang memperhitungkan semua riset kompetitif, riset pasar, dan riset audiens target, Anda tidak akan melewatkan satu hal pun.
  • Berisi metrik keberhasilan. Bagaimana Anda tahu jika proses Anda berhasil? Rencana Anda menjelaskan dengan tepat seperti apa kesuksesan itu dan bagaimana cara mengukurnya.
  • Hal ini memungkinkan Anda menjadi lebih kreatif. Dengan adanya pagar pembatas, Anda tidak perlu mengatur proses secara mikro. Tim akan memiliki panduan yang jelas untuk berinovasi. 

Proses pengembangan produk baru 7 langkah

Meskipun proses pengembangan produk berbeda di setiap industri, pada dasarnya proses ini dapat dibagi menjadi tujuh tahap: penciptaan ide, penelitian, perencanaan, pembuatan prototipe, pencarian sumber daya, penentuan biaya, dan komersialisasi.

Gunakan kerangka kerja pengembangan berikut ini untuk membawa ide produk Anda ke pasar.

Menghasilkan ide

Banyak calon wirausahawan terjebak pada tahap pertama: ide dan curah pendapat. Hal ini sering terjadi karena mereka menunggu ide jenius untuk mengungkapkan produk sempurna yang harus mereka jual. Meskipun membangun sesuatu yang pada dasarnya "baru" dapat memuaskan secara kreatif, banyak ide terbaik yang merupakan hasil dari pengulangan produk yang sudah ada.

Model SCAMPER adalah alat yang berguna untuk menghasilkan ide produk dengan cepat dengan mengajukan pertanyaan tentang produk yang sudah ada. Setiap huruf merupakan singkatan dari sebuah pertanyaan:

  • Substitute (misalnya, bulu palsu untuk bulu)
  • Gabungkan (misalnya, casing ponsel dan baterai)
  • Sesuaikan (misalnya, bra menyusui dengan jepitan depan)
  • Memodifikasi (misalnya, sikat gigi elektrik dengan desain yang lebih ramping)
  • Memanfaatkan dengan cara lain (misalnya, tempat tidur anjing dengan busa memori)
  • Singkirkan (misalnya, menyingkirkan perantara untuk menjual kacamata hitam dan memberikan penghematan kepada konsumen)
  • Membalikkan/menata ulang (misalnya, tas ransel yang tidak membuat pakaian Anda kusut)

Dengan mempertimbangkan petunjuk-petunjuk ini, Anda dapat menemukan cara-cara baru untuk mengubah ide yang sudah ada atau bahkan mengadaptasinya untuk target audiens atau masalah yang baru. Menggunakan wawasan dari analisis bisnis juga dapat membantu untuk lebih memahami peluang di pasar.

Lakukan riset pasar

Memulai produksi sebelum Anda memvalidasi ide Anda bisa berujung pada kegagalan. Validasi produk memastikan Anda tidak akan membuang waktu, uang, dan tenaga untuk sebuah ide yang tidak akan terjual. Ada beberapa cara untuk memvalidasi ide produk Anda, termasuk:

  • Mengirimkan survei online untuk mendapatkan umpan balik
  • Memulai kampanye crowdfunding
  • Melakukan uji coba pemasaran, dengan merilis ide Anda ke kelompok kecil dari target pasar Anda
  • Meneliti permintaan pasar menggunakan Google Trends
  • Mengukur minat melalui keikutsertaan dalam email atau pre-order
  • Meminta umpan balik awal di forum seperti Reddit
  • Menjalankan studi kelayakan untuk menilai apakah ide yang kamu ajukan layak untuk diinvestasikan

Penting untuk mendapatkan umpan balik dari audiens yang substansial dan tidak bias. Berhati-hatilah untuk tidak menilai umpan balik secara berlebihan dari orang-orang yang "pasti akan membeli"-sampai uang berpindah tangan, Anda tidak bisa menganggap seseorang sebagai pelanggan. Meminta saran dari keluarga dan teman Anda (kecuali jika mereka memiliki pengalaman sebelumnya di industri Anda) juga merupakan hal yang harus dihindari.

Penelitian validasi juga akan melibatkan analisis kompetitif. Jika ide atau ceruk pasar Anda memiliki potensi untuk mengambil pangsa pasar, kemungkinan besar ada pesaing yang sudah beroperasi di bidang tersebut.

Meneliti pesaing akan membantu Anda memahami bagaimana mereka menarik pelanggan dan melakukan penjualan. Tanyakan kepada calon pelanggan apa yang mereka sukai atau tidak sukai dari pesaing Anda untuk menentukan keunggulan kompetitif Anda.

Informasi yang dikumpulkan dari melakukan validasi produk dan riset pasar akan mengukur permintaan untuk produk Anda dan tingkat persaingan sebelum Anda memulai perencanaan. 

Kembangkan rencana

Karena pengembangan produk dapat dengan cepat menjadi rumit, penting untuk meluangkan waktu untuk membuat rencana sebelum Anda mulai membuat prototipe. Pada tahap ini, sering kali akan sangat membantu jika Anda memiliki peta jalan produk yang jelas.

Tempat terbaik untuk memulai perencanaan adalah dengan sketsa yang digambar tangan tentang seperti apa produk Anda nantinya. Sketsa tersebut harus sedetail mungkin, dengan label yang menjelaskan berbagai fitur dan fungsi.

Anda tidak membutuhkan gambar berkualitas profesional, karena Anda tidak akan mengirimkannya ke produsen pada tahap ini. Namun, Anda bisa mengalihdayakan tahap ini ke ilustrator teknis. Dribbble dan UpWork adalah dua situs yang mencantumkan daftar pekerja lepas untuk disewa.

Sebagai bagian dari diagram Anda, buatlah daftar komponen atau bahan yang dibutuhkan. Sebagai contoh, sebuah desain dompet bisa disertai dengan daftar ini:

  • Ritsleting (besar dan kecil)
  • Jepitan logam
  • Tali kulit
  • Kantung pelindung
  • Label timbul
  • Dompet interior

Rencana Anda juga harus menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menginformasikan harga, posisi merek, biaya, dan strategi pemasaran:

  • Apakah produk tersebut akan menjadi barang sehari-hari atau untuk acara-acara khusus? 
  • Apakah akan menjadi produk mewah atau produk dengan harga terjangkau?
  • Apakah akan menggunakan bahan premium atau ramah lingkungan? 
  • Seperti apa kemasan dan labelnya?

Buatlah sebuah prototipe

Tujuan dari tahap pembuatan prototipe selama pengembangan produk adalah untuk membuat produk jadi yang akan digunakan sebagai sampel untuk produksi massal. Pembuatan prototipe biasanya melibatkan eksperimen dengan beberapa versi produk Anda, perlahan-lahan menghilangkan pilihan dan melakukan perbaikan hingga Anda puas dengan sampel akhir. 

Tingkat kesulitan pembuatan prototipe tergantung pada jenis produk yang Anda kembangkan. Kasus yang paling murah dan paling sederhana adalah produk yang dapat Anda buat sendiri, seperti:

  • Resep makanan
  • Formulasi kosmetik atau perawatan pribadi
  • Beberapa desain fesyen dan perhiasan

Namun, lebih sering daripada tidak, pengusaha akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk membuat prototipe produk mereka. Jika Anda memulai merek pakaian, bekerjasamalah dengan penjahit lokal, tukang sepatu, atau pembuat pola. Layanan ini biasanya dapat ditemukan secara online dengan mencari layanan lokal di Google atau menghubungi sekolah desain atau mode untuk bantuan pembuatan prototipe.

Untuk benda-benda seperti mainan, aksesoris rumah tangga, elektronik, dan banyak benda keras lainnya, Anda mungkin memerlukan rendering 3D untuk membuat prototipe. Gunakan UpWork atau Freelancer untuk menemukan seniman atau insinyur yang terlatih dalam perangkat lunak desain dan perancangan berbantuan komputer (CAD). Atau, cobalah SketchUp, Tinkercad, atau Vectary untuk membuat model 3D sendiri.

Dengan inovasi pencetakan 3D, desain digital dapat diubah menjadi sampel fisik dengan biaya yang jauh lebih rendah dan waktu penyelesaian yang lebih cepat daripada metode pembuatan cetakan tradisional.

Versi pertama yang dapat digunakan dari prototipe Anda (atau produk yang layak minimum) dapat dirilis ke kelompok uji kecil untuk mengukur minat dan menguji sensitivitas harga dan pesan. Umpan balik yang dikumpulkan pada tahap ini memungkinkan Anda untuk membuat iterasi produk dan membangun sesuatu yang lebih berharga untuk target pasar Anda.

Didirikan pada tahun 2019 oleh teman masa kecil Charlie Bowes-Lyon dan Freddy Ward, Wild ingin menghilangkan sampah plastik dan sekali pakai dari kamar mandi di seluruh dunia.

Charlie Bowes-Lyon dan Freddy Ward meluncurkan Wild untuk menghilangkan kemasan deodoran plastik sekali pakai. Proses pengembangan produk mereka mencakup 35 kali iterasi sebelum diluncurkan. 

Sumber bahan dan mitra produksi 

Setelah Anda memiliki prototipe produk yang Anda sukai, saatnya untuk mulai mengumpulkan bahan dan mendapatkan mitra yang dibutuhkan untuk produksi. Ini juga disebut sebagai membangun rantai pasokan Anda: vendor, aktivitas, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat produk dan membawanya ke tangan pelanggan. 

Saat mencari produsen atau pemasok, ikuti praktik terbaik dalam mencari sumber daya:

  • Pertimbangkan mitra penyimpanan, pengiriman, dan pergudangan.
  • Cari beberapa pemasok untuk berbagai bahan yang berbeda yang Anda perlukan untuk membandingkan biaya dan membuat cadangan.
  • Menghadiri pameran perdagangan yang didedikasikan untuk pengadaan. Diskusikan bahan dan bangun hubungan pribadi dengan pemasok, yang dapat menjadi sangat berharga saat tiba waktunya untuk menegosiasikan harga.
  • Bandingkan keuntungan dan kerugian dari pengadaan secara lokal atau internasional.
  • Cari daftar Alibaba dengan produk yang serupa dengan produk Anda dan kemudian hubungi pabrik untuk mengetahui apakah mereka dapat memproduksi desain spesifik Anda.

Tentukan biaya anda

Anda sekarang harus memiliki gambaran yang lebih jelas tentang berapa biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi produk Anda. Penentuan biaya adalah proses analisis bisnis di mana Anda mengambil semua informasi yang dikumpulkan untuk menemukan harga pokok penjualan (HPP) dan menentukan harga eceran dan margin kotor.

Perhitungan Anda harus mencakup bahan baku, biaya penyiapan pabrik, biaya produksi, dan biaya pengiriman. Pertimbangkan biaya lain seperti pengiriman, biaya impor, dan bea masuk yang harus Anda bayarkan untuk mengirimkan produk akhir ke tangan pelanggan. Biaya-biaya ini dapat berdampak signifikan pada HPP Anda, tergantung di mana Anda memproduksi produk.

Jika Anda dapat memperoleh beberapa penawaran harga untuk bahan atau produsen yang berbeda selama tahap pengadaan, Anda dapat menyertakan kolom yang berbeda untuk setiap mata anggaran yang membandingkan biayanya. Pilihan lainnya adalah membuat versi kedua dari spreadsheet, sehingga Anda dapat membandingkan produksi lokal dengan produksi luar negeri.

Setelah total HPP dihitung, Anda dapat membuat strategi penetapan harga untuk produk Anda.

Luncurkan produk Anda

Pada tahap ini, Anda sudah memiliki produk yang menguntungkan dan sukses yang siap untuk diluncurkan ke dunia. Langkah terakhir dalam metodologi ini adalah memperkenalkan produk Anda ke pasar. Pada tahap ini, tim pengembangan produk akan menyerahkan kendali ke bagian pemasaran untuk peluncuran produk.

Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk iklan yang mahal, jangan khawatir. Anda masih bisa menjalankan strategi masuk ke pasar yang sukses dengan menggunakan taktik berikut:

  • Mengirim email peluncuran produk ke daftar pelanggan Anda
  • Bekerja sama dengan pemberi pengaruh dalam kampanye pemasaran afiliasi
  • Menampilkan produk Anda dalam panduan hadiah
  • Mengaktifkan Belanja Instagram
  • Mengumpulkan ulasan dari pelanggan awal

Contoh pengembangan produk

Dalam film yang diangkat dari kisah nyata, BlackBerry 2023, para pendiri Research in Motion (RIM) membuat prototipe awal ponsel pintar mereka untuk menemani presentasi di hadapan para investor. Meskipun produk akhir tidak terlihat seperti iterasi pertama, prototipe tersebut berfungsi sebagai bukti konsep dan titik tolak untuk mendapatkan pendanaan atau menguji pasar. 

Pengembangan produk menjadi bagian penting dari bisnis RIM (yang kemudian dinamai BlackBerry) dalam perlombaan melawan Apple, yang pada akhirnya perusahaan ini kalah karena gagal memahami pasar dan terburu-buru dalam membuat produk akhir tanpa pengujian yang memadai.

Jangan membuat kesalahan yang sama-pahami industri dan pasar Anda. Siklus pengembangan produk secara alami akan berbeda di setiap industri, jadi mari kita lihat sekilas apa yang harus Anda pertimbangkan dengan studi kasus untuk masing-masing industri.

Pengembangan mode dan pakaian jadi

Dalam industri fesyen, pengembangan produk biasanya dimulai dengan cara lama: dengan sketsa yang digambar tangan atau yang setara dengan digital yang dibuat menggunakan program seperti Procreate.

Sketsa kemudian dikembangkan menjadi sampel menggunakan pembuat pola atau penjahit. Selama fase pembuatan prototipe, satu set ukuran dibuat, yang berarti serangkaian sampel dengan ukuran berbeda untuk setiap ukuran yang ingin Anda jual. 

Produksi akan dibuat dengan tangan oleh desainer, diproduksi oleh pabrik, atau dicetak oleh perusahaan cetak sesuai permintaan (untuk kaos atau aksesori bergambar). 

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Tag gantung: Label bermerek yang digantung pada pakaian dan biasanya berisi informasi seperti harga, ukuran, dll.
  • Label: Label kain yang dijahit atau dicap pada garmen yang biasanya berisi informasi tentang isi kain dan instruksi perawatan.
  • Tes pencucian: Melakukan tes pencucian pada produk Anda untuk mengetahui apakah produk tersebut dapat bertahan dari waktu ke waktu dan bagaimana cara merawatnya.

Sarah Donofrio mendedikasikan hidupnya untuk dunia fashion dengan bekerja untuk merek-merek besar sebelum meluncurkan lini pakaiannya sendiri. 

Pengembangan kecantikan dan perawatan pribadi

Dari riasan wajah, produk mandi, hingga perawatan kulit, sebagian besar label baru di industri kecantikan berawal dari dapur. Para pendiri bereksperimen dengan bahan-bahan, beberapa bahkan meluncurkan produk buatan tangan, sebelum memproduksi secara massal melalui produsen.

Pelabelan putih juga populer di industri kecantikan dan kosmetik. Ini adalah proses menemukan produk atau produsen yang sudah ada, kemudian mengemas dan memberi merek pada produk yang sudah mereka produksi. Apa pun cara yang Anda pilih, produksi massal untuk kosmetik biasanya dilakukan dengan bekerja sama dengan laboratorium dan ahli kimia untuk memastikan kualitasnya tetap konsisten dalam skala besar.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Label dan peringatan. Identifikasi semua bahan yang digunakan dalam produk dan reaksi potensial apa pun.
  • Hukum dan peraturan. Teliti peraturan FDA dan bagaimana peraturan tersebut berkaitan dengan produk dan kemasan Anda, baik di tempat produk tersebut diproduksi maupun di tempat Anda akan menjualnya.
  • Umur simpan. Lakukan pengujian dan tambahkan tanggal kedaluwarsa yang diperlukan pada produk.

Dalam panduan untuk memulai lini perawatan kulit ini, Meghan Cox membahas masa-masa awal memulai bisnisnya, Amalie. Meskipun ia meluncurkan formulasi buatan tangan, ia akhirnya beralih ke manufaktur-dan kemudian membuka laboratoriumnya sendiri. 

Makanan dan minuman

Produk makanan dan minuman termasuk yang paling mudah untuk mulai dikembangkan dengan biaya rendah dari rumah. Membuat bar energi baru bisa semudah membeli bahan-bahan dan mengutak-atik resepnya di dapur Anda sendiri, seperti yang dilakukan Lara Merriken saat memulai Lärabar.

Untuk beralih dari resep ke produk kemasan yang dapat Anda jual di toko atau online, Anda perlu mencari dapur komersial yang memiliki izin untuk memproduksi makanan dan telah lulus inspeksi kesehatan dan keselamatan. Ini adalah fasilitas manufaktur yang berspesialisasi dalam memproses bahan mentah dan memproduksi produk makanan dan minuman dalam skala besar.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan:

  • Label dan peringatan. Anda harus menampilkan daftar bahan dan informasi gizi.
  • Hukum dan peraturan. Banyak negara memiliki peraturan seputar informasi diet, peringatan alergen, dan klaim kesehatan yang harus Anda patuhi.
  • Tanggal kedaluwarsa. Anda perlu memahami masa pakai produk Anda dan bagaimana Anda akan memproduksi, mengemas, dan menyimpan produk untuk mengakomodasi hal ini.

Hannah Mendoza menghabiskan waktu satu tahun di dapurnya sendiri untuk mengasah resepnya untuk Clevr Blends, sebuah merek latte susu nabati superfood. 

Menyelesaikan siklus pengembangan produk 

Selama pengembangan produk, setiap perjalanan menuju produk jadi berbeda dan setiap industri memiliki keunikan tersendiri dalam menciptakan sesuatu yang baru.

Jika Anda merasa kesulitan untuk memahami semuanya, ingatlah bahwa setiap produk yang hadir sebelum produk Anda harus mengatasi tantangan yang sama. Dengan mengikuti langkah-langkah dalam panduan ini, Anda dapat mengelola tugas berat untuk membawa produk baru ke pasar dengan lebih baik.

Apa pun yang Anda kembangkan, dengan melakukan semua persiapan yang diperlukan-melalui penelitian, perencanaan, pembuatan prototipe, pencarian sumber, dan penetapan biaya-Anda bisa menyiapkan diri untuk produk akhir yang sukses.

Apa yang dimaksud dengan proses pengembangan produk?

Proses pengembangan produk mengacu pada langkah yang diambil bisnis untuk membawa produk ke pasar. Ini bisa berupa produk yang benar-benar baru, memperbarui produk lama, atau memperkenalkan produk yang sudah ada ke pasar baru. Proses ini melibatkan pengembangan dan pengujian konsep, pembuatan prototipe, penetapan biaya, dan komersialisasi produk dengan memasarkannya secara online.

Bagaimana cara mendapatkan ide produk baru?

  1. Curah pendapat
  2. Ulasan pelanggan
  3. Menguji pemasaran
  4. Memeriksa pesaing Anda
  5. Survei audiens
  6. Media sosial
  7. Pasar grosir B2B
  8. Pengujian konsep
  9. Publikasi tren konsumen online

Apa perbedaan antara pengembangan produk dan manajemen produk?

Pengembangan produk mengacu pada konseptualisasi dan penciptaan produk baru dari siklus hidup produk. Ini melibatkan strategi produk tertentu untuk mewujudkan ide. Manajemen produk bertanggung jawab untuk memandu semua tim produk dalam menciptakan produk yang dapat digunakan dan dibeli pelanggan, serta peta jalan produk. Baik manajemen produk dan departemen pengembangan produk bekerja sama untuk merencanakan dan membangun peta jalan produk yang akan membawa produk ke pasar.

Apa saja 7 tahap dalam proses pengembangan produk?

  1. Pembuatan ide
  2. Penelitian
  3. Perencanaan
  4. Pembuatan prototipe
  5. Sumber
  6. Penetapan biaya
  7. Komersialisasi

Apa yang dimaksud dengan produk yang layak minimum?

Produk yang layak minimum (MVP) adalah versi produk Anda dengan fungsionalitas yang cukup untuk digunakan oleh pelanggan awal. MVP membantu memvalidasi konsep produk di awal proses pengembangan produk Anda. Ini juga membantu manajer produk mendapatkan umpan balik dari pengguna secepat mungkin untuk mengulang dan membuat perbaikan kecil dan bertahap pada produk.

Disadur dari: shopify.com