Peluang Karir Jurusan Metalurgi: Menggali Prospek Kerja yang Menarik

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 12.54

Sumber: pexels.com

Apakah kamu siswa SMA/SMK/sederajat? Dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi?

Tentu sejak dini kamu harus mempersiapkan diri. Salah satunya memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Oleh karena itu, memilih jurusan kuliah tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jika seseorang ingin masuk ke Jurusan Teknik Metalurgi, mereka harus tahu tentang apa itu dan bagaimana mereka dapat bekerja setelah lulus. Menurut situs web Institut Teknologi Bandung (ITB), selama perkuliahannya di Program Studi Teknik Metalurgi, dia akan belajar banyak hal yang menarik.

Setelah selesai kuliah, siswa akan memiliki pemahaman tentang:

  1. Pembuatan bijih hasil penambangan siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis, mineral berharga dipisahkan dari mineral pengotornya. Proses ini termasuk pencucian batubara dan pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni seperti emas, perak, timah, tembaga, aluminium, dll.
  2. Menggabungkan logam dengan bahan lain untuk membuat paduan logam. Contoh paduan logam adalah baja, besi cor, aluminium, kuningan, nikel, superalloy, dan sebagainya.
  3. Membentuk logam dan memperbaiki struktur mikro paduan logam melalui perlakuan panas untuk mendapatkan sifat yang dibutuhkan untuk aplikasi.
  4. Hubungan antara struktur mikro dengan sifat logam dan paduannya, seperti pengaruh partikel karbida terhadap kekuatan dan ketahanan korosi baja.

Untuk mendapatkan pengetahuan praktis di industri, calon mahasiswa harus melakukan kunjungan ke industri setidaknya dua kali selama masa perkuliahan. Kunjungan pertama terjadi setelah kuliah tahun kedua, dalam program Kuliah Kerja, dan kunjungan kedua terjadi pada akhir tahun ketiga, dalam program Kerja Praktek.

Dalam program Kuliah Kerja, mahasiswa hanya akan belajar tentang kegiatan industri dalam waktu yang relatif singkat, hanya dua hari. Di sisi lain, dalam kegiatan Kerja Praktek, mahasiswa diharapkan dapat lebih mengenal pekerjaan industri secara langsung selama lebih dari satu setengah bulan.

Mahasiswa juga akan memiliki kesempatan untuk melakukan kunjungan atau ekskursi ke industri tertentu yang berkaitan dengan mata kuliah yang mereka ikuti. Sebagai contoh, kunjungan ke industri pengecoran logam untuk kursus pengecoran logam dan ke industri semen untuk kursus pemanfaatan mineral industri.

Prospek Kerja Jurusan Metalurgi

Lulusan metalurgi nantinya dapat bekerja di berbagai industri, seperti:

1. Industri logam

2. Industri pertambangan

3. Industri baja

4. Industri minyak dan gas

5. Industri manufaktur

6. Lembaga penelitian

7. Perguruan tinggi

8. Perusahaan jasa konsultan

9. Pemasaran

10. Pemerintahan

Jadi, calon mahasiswa harus tahu tentang prospek kerja di Jurusan Teknik Matalurgi.


Disadur dari: kompas.com