OEM: Peran dan Pengaruh dalam Industri Otomotif dan Teknologi

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

16 Mei 2024, 10.48

Sumber: en.wikipedia.org

Produsen peralatan asli

Produsen peralatan asli (OEM) umumnya dianggap sebagai perusahaan yang memproduksi suku cadang dan peralatan yang mungkin dipasarkan oleh produsen lain. Istilah ini juga digunakan dalam beberapa cara lain, yang menyebabkan ambiguitas. Istilah ini terkadang berarti pembuat sistem yang mencakup subsistem perusahaan lain, produsen produk akhir, suku cadang otomotif yang diproduksi oleh perusahaan yang sama yang memproduksi suku cadang asli yang digunakan dalam perakitan mobil, atau pengecer bernilai tambah.

Suku cadang otomotif

Ketika mengacu pada suku cadang mobil, OEM biasanya mengacu pada produsen peralatan asli, yaitu suku cadang yang kemudian dirakit dan dipasang selama konstruksi kendaraan baru. Sebaliknya, suku cadang aftermarket adalah suku cadang yang dibuat oleh perusahaan selain OEM, yang mungkin dipasang sebagai pengganti atau tambahan setelah mobil keluar dari pabrik. Sebagai contoh, jika Ford menggunakan busi Autolite, baterai Exide, injektor bahan bakar Bosch, dan blok mesin dan kepala mesin Ford sendiri saat membuat mobil, maka pemulih dan kolektor mobil menganggapnya sebagai suku cadang OEM.

Suku cadang merek lain akan dianggap sebagai suku cadang aftermarket, seperti busi Champion, aki DieHard, injektor bahan bakar Kinsler, dan blok dan kepala mesin BMP. Banyak produsen suku cadang mobil menjual suku cadang melalui berbagai saluran, misalnya kepada pembuat mobil untuk pemasangan selama konstruksi kendaraan baru, kepada pembuat mobil untuk dijual kembali sebagai suku cadang pengganti bermerek pembuat mobil, dan melalui rantai pasokan perdagangan umum. Merek suku cadang tertentu dapat berupa OEM pada beberapa model kendaraan dan purnajual pada model lainnya.

Perangkat lunak komputer

Microsoft adalah contoh populer dari perusahaan yang mengeluarkan sistem operasi Windows untuk digunakan oleh produsen komputer OEM melalui bundling Microsoft Windows. Kunci produk OEM memiliki harga yang lebih rendah daripada kunci produk ritel, terutama karena dibeli dalam jumlah besar, meskipun mereka menggunakan perangkat lunak yang sama dengan versi ritel Windows. Mereka terutama untuk OEM produsen PC dan pembangun sistem, dan dengan demikian biasanya dijual dalam kesepakatan lisensi volume ke berbagai produsen (Dell, HP, ASUS, Acer, Lenovo, Wistron, Inventec, Supermicro, Compal Electronics, Quanta Computer, Foxconn, Pegatron, Jabil, Flex, dll.).

OEM ini biasanya menggunakan prosedur yang dikenal sebagai System Locked Pre-installation, yang mengaktifkan Windows pada PC yang akan dijual melalui distribusi massal. OEM ini juga biasanya membundel perangkat lunak yang tidak terinstal pada stok Windows pada gambar Windows yang akan digunakan dengan PC mereka (driver perangkat keras yang sesuai, perangkat lunak anti-malware dan pemeliharaan, berbagai aplikasi, dll.).

Individu juga dapat membeli lisensi "pembangun sistem" OEM untuk penggunaan pribadi (untuk menyertakan perangkat keras virtual), atau untuk dijual/dijual kembali pada PC yang mereka buat. Sesuai dengan EULA Microsoft mengenai produsen PC dan lisensi OEM pembangun sistem, kunci produk terkait dengan motherboard PC tempat ia diinstal, dan biasanya tidak ada pemindahan kunci antar PC sesudahnya. Hal ini berbeda dengan kunci ritel, yang dapat ditransfer, asalkan hanya diaktifkan pada satu PC pada satu waktu. Perubahan perangkat keras yang signifikan akan memicu pemberitahuan pengaktifan ulang, seperti halnya pada produk eceran.

OEM langsung secara resmi bertanggung jawab atas hal-hal seperti media instalasi/pemulihan, dan dengan demikian biasanya disediakan hingga akhir tahun 2000-an. Hal ini dihapuskan dan diganti dengan partisi pemulihan yang terletak di drive penyimpanan utama PC (dan tersedia untuk dipesan dari produsen berdasarkan permintaan) agar pengguna dapat memperbaiki atau memulihkan sistem mereka ke kondisi pabrik. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya, tetapi juga merupakan konsekuensi dari keusangan dan penghapusan  secara bertahap dari tahun 2010 dan seterusnya. Pembuat sistem juga memiliki persyaratan yang berbeda mengenai media instalasi dari OEM Langsung.

Meskipun media ritel Windows yang bersih dapat diinstal dan diaktifkan pada perangkat ini dengan kunci OEM (paling sering menggunakan kunci SLP yang sudah tertanam di dalam firmware sistem), media pemulihan OEM yang sebenarnya yang dibuat oleh produsen PC (bukan pembangun sistem atau versi Windows ritel) biasanya hanya berfungsi pada lini model PC yang dirancang untuk itu. Sebagai contoh, disk pemulihan/USB untuk Toshiba Satellite P50-B hanya akan berfungsi pada model tersebut, dan bukan Satellite S55T.

Skala ekonomis

OEM mengandalkan kemampuan mereka untuk menurunkan biaya produksi melalui skala ekonomis. Menggunakan OEM juga memungkinkan perusahaan yang membeli untuk mendapatkan komponen atau produk yang dibutuhkan tanpa harus memiliki dan mengoperasikan pabrik.

Disadur dari: en.wikipedia.org