Mengenal Apa itu Pura Mangkunagaran

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

08 Mei 2024, 10.10

Sumber: pinterest

Pura Mangkunegaran (Pura Mangkunegaran, ꦥꦸꦫꦩꦁꦏꦸꦤꦒꦫꦤ꧀) adalah sebuah kompleks istana di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Ini adalah istana resmi dan tempat tinggal Adipati Mangkunegara dan keluarganya. Kompleks istana ini merupakan salah satu pusat kebudayaan Jawa dan memiliki museum yang memamerkan artefak kerajaan Mangkunegaran.

Sejarah

Kompleks istana ini dibangun pada tahun 1757 (AJ 1690) dengan mengikuti gaya keraton atas perintah Mangkunegara I, Adipati Mangkunegaran yang pertama.

Istana ini dibangun setelah Perjanjian Salatiga ditandatangani oleh Mangkunegara I, Hamengkubuwana I, Pakubuwana III, dan VOC pada bulan Maret 1757. Perjanjian ini mengawali pembentukan Kadipaten Mangkunegaran dan penobatan Mangkunegara I sebagai penguasa pertama.

Seperti istana-istana lain di Jawa, Pura Mangkunegaran telah mengalami beberapa kali renovasi, peremajaan, perubahan pada bagian dan strukturnya, dan juga penambahan gaya Eropa yang populer pada arsitekturnya selama masa penjajahan Belanda.

Arsitektur

Arsitektur Pura Mangkunegaran memiliki ciri-ciri yang mirip dengan istana-istana lain di Surakarta dan Yogyakarta, memiliki berbagai fitur seperti halaman (pamédan), aula (pendapa), ruang depan atau ruang depan (pringgitan), rumah utama (dalem), dan harem atau apartemen pribadi (keputrèn). Hampir seluruh kompleks Pura Mangkunegaran dikelilingi oleh tembok, kecuali halaman (pamédan) yang hanya dikelilingi oleh pagar besi. Halaman itu sendiri dulunya dan sekarang masih digunakan sebagai tempat latihan pasukan Legiun Mangkunegaran. Di sebelah timur halaman terdapat markas pasukan infanteri dan kavaleri Legiun Mangkunegaran yang memiliki bangunan seperti benteng.

Gerbang kedua Pura Mangkunegaran mengarah ke halaman dalam dan Pendopo Ageng yang berukuran 3.500 m2 (37.673,69 kaki persegi). Pendopo Agung Pura Mangkunegaran dapat menampung lima hingga sepuluh ribu orang, dan dianggap sebagai pendopo terbesar di Indonesia. Pilar-pilar kayu di Pendopo Agung berbentuk persegi dan terbuat dari kayu yang berasal dari pohon-pohon Hutan Kethu (Alas Kethu) yang terletak di Wonogiri dan merupakan salah satu wilayah yang dimiliki oleh Kadipaten Mangkunegaran. Seluruh bagian bangunan Pura Mangkunegaran dibangun tanpa menggunakan paku sebagai pengikatnya.

Warna utama dari pendopo ini adalah hijau, kuning, dan merah tua (pareanom) yang merupakan warna kebesaran Kadipaten Mangkunegaran. Warna cerah pada langit-langit Pura Mangkunegaran melambangkan astrologi Hindu-Jawa yang lekat dengan budaya dinasti Mataram. Langit-langit Pura Mangkunegaran juga memiliki beberapa lampu gantung antik. Pada era awal Kadipaten Mangkunegaran, orang-orang yang hadir di Pura Mangkunegaran biasanya duduk bersila di lantai. Kemudian pada masa pemerintahan Mangkunegara VI, penggunaan kursi mulai diperkenalkan. Di dalam Pura Mangkunegaran terdapat beberapa gamelan keramat, yaitu gamelan Kyai Seton, gamelan Kyai Kanyut Mesem, dan gamelan Lipur Sari, masing-masing gamelan tersebut hanya dimainkan pada acara-acara khusus atau tertentu.

Di belakang Bangsal Agung, terdapat beranda terbuka yang disebut Pringgitan yang memiliki tangga menuju ke rumah utama (Dalem Ageng). Beranda ini berukuran 1.000 m² dan digunakan sebagai tempat pertunjukan wayang kulit.

Pringgitan mengarah ke rumah utama (Dalem Ageng), merupakan bangunan berbentuk limas dengan luas ± 1.000 m2 (10.763,91 kaki persegi). Secara tradisional, rumah utama ini digunakan sebagai kamar pengantin adipati dan bangsawan, namun saat ini bangunan ini telah difungsikan sebagai museum yang memamerkan beberapa artefak kerajaan Mangkunegaran, foto-foto adipati Mangkunegaran, pakaian dan pakaian kerajaan, medali, perhiasan kerajaan, peralatan wayang kulit, uang logam, petanen (tempat bersemayamnya Dewi Sri), dan masih banyak lagi.

Di belakang rumah utama (Dalem Ageng), terdapat Keputrèn yang secara kasar diterjemahkan sebagai harem. Secara tradisional, tempat ini digunakan sebagai tempat tinggal permaisuri dan putri kerajaan. Namun sekarang, Keputrèn digunakan sebagai apartemen atau tempat tinggal pribadi untuk adipati dan keluarganya. Bagian dari Pura Mangkunegaran ini memiliki taman dengan berbagai macam tanaman, bunga, semak hias, sangkar burung, kolam air mancur, dan beberapa patung bergaya Eropa klasik.

Menghadap ke arah taman, terdapat pula Pracimoyasa, sebuah ruang tamu dengan bentuk segi delapan yang difungsikan sebagai ruang pertemuan. Di dalam ruangan ini terdapat beberapa perabotan Eropa dan cermin berbingkai emas di dindingnya.

Kompleks Pura Mangkunagaran juga memiliki sebuah perpustakaan yang disebut Perpustakaan Rekso Pustoko yang dibangun pada tahun 1867 oleh Mangkunegara IV. Perpustakaan ini terletak di lantai dua Kantor Urusan Istana yang terletak di sebelah kiri halaman (pamèdan). Perpustakaan ini memiliki beberapa peninggalan sejarah yang berharga seperti naskah bersampul kulit, buku-buku yang ditulis dalam bahasa dan aksara Jawa, koleksi gambar-gambar bersejarah, foto-foto, dan berkas-berkas arsip perkebunan dan harta benda yang dimiliki Kadipaten Mangkunegaran.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/