Membandingkan desain sistem

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

07 Mei 2024, 10.30

sumber: uwaterloo.ca

Bagaimana perbandingannya dengan teknik mekatronika?
Dalam teknik desain sistem, fokus pada semester awal adalah membangun dasar pengetahuan teknik umum, serta pengetahuan dan pengalaman dengan metodologi desain yang dapat diterapkan secara luas. Mahasiswa kemudian dapat mengambil pilihan teknis dan mengerjakan proyek-proyek desain tingkat lanjut di bidang-bidang yang menjadi minat mereka, seperti mekatronika, sistem cerdas, interaksi manusia-komputer, pemodelan sistem, dan energi alternatif.

Sebaliknya, program teknik mekatronika berfokus secara khusus pada desain sistem mekatronika yang efektif yang menggabungkan konsep mekanik, elektronik, komputer, dan perangkat lunak, seperti robotika, sistem kendaraan, dan perangkat “pintar”.

Bagi siswa yang tertarik pada aplikasi luas desain dan sistem mekatronika, pendekatan terbaik mungkin adalah menggabungkan program Desain Sistem dengan Opsi Mekatronika.

Bagaimana perbandingannya dengan rekayasa komputer, sistem, dan perangkat lunak?
Program-program di bidang teknik komputer dan teknik sistem berfokus hampir secara eksklusif pada sistem komputasi (perangkat keras/perangkat lunak), sedangkan Desain Sistem mencakup berbagai macam sistem yang jauh lebih luas yang mungkin atau mungkin tidak termasuk sistem komputasi. Demikian pula, program rekayasa perangkat lunak Waterloo berfokus hampir secara eksklusif pada pengembangan perangkat lunak.

Banyak mahasiswa desain sistem menemukan diri mereka dalam pekerjaan yang berorientasi pada perangkat lunak (pemrograman), terutama selama masa kerja awal. Namun, mahasiswa kami tidak terikat untuk mengikuti jalur yang hanya berorientasi pada komputer atau perangkat lunak.

Mahasiswa mengambil sekitar satu mata kuliah berbasis komputer per semester selama dua tahun pertama masa studi, setelah itu mereka dapat memilih untuk mengambil mata kuliah pilihan yang terkait dengan komputer dan perangkat lunak, atau berkonsentrasi pada bidang-bidang seperti sistem ergonomi-manusia dan sosial-lingkungan. Proyek desain senior mencakup berbagai aplikasi, pemodelan sistem lingkungan, analisis konflik, pengenalan pola, sistem cerdas, interaksi manusia-komputer, dan biomekanik.

Bagaimana jika dibandingkan dengan manajemen dan teknik industri?

Teknik industri secara tradisional berfokus pada penerapan metode teknik untuk peningkatan proses manufaktur dan industri, namun telah diperluas untuk mencakup domain terkait pekerjaan lainnya seperti perawatan kesehatan dan manajemen informasi. Ini adalah fokus program teknik manajemen Waterloo, yang ditawarkan oleh Departemen Ilmu Manajemen kami.

Rekayasa desain sistem mencakup banyak metode teknik industri sebagai bagian dari kurikulum inti, seperti penjadwalan dan optimasi, faktor manusia dan ergonomi, manajemen informasi, dan manajemen proyek, yang diterapkan dalam proyek desain tim tahun pertama siswa. Namun, siswa kami juga mempelajari dasar-dasar disiplin ilmu mekanik, listrik, komputasi, sipil, dan rekayasa perangkat lunak, yang memungkinkan mereka menentukan di mana mereka memfokuskan studi mereka di tahun-tahun atas.

Disadur dari: uwaterloo.ca