Teknik Industri: Pengertian dan Sejarah

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

25 April 2024, 10.31

Sumber: en.wikipedia.org

Teknik industri

Teknik industri adalah profesi teknik yang berkaitan dengan optimalisasi proses, sistem, atau organisasi yang kompleks dengan mengembangkan, meningkatkan, dan mengimplementasikan sistem terintegrasi dari orang, uang, pengetahuan, informasi, dan peralatan. Teknik industri adalah pusat dari operasi manufaktur.

Insinyur industri menggunakan pengetahuan dan keterampilan khusus dalam ilmu matematika, fisika, dan sosial, bersama dengan prinsip dan metode analisis dan desain teknik, untuk menentukan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh dari sistem dan proses. Beberapa prinsip teknik industri diikuti dalam industri manufaktur untuk memastikan aliran sistem, proses, dan operasi yang efektif. Ini termasuk:

  • Manufaktur Ramping
  • Six Sigma
  • Sistem Informasi
  • Kemampuan Proses
  • Define, Measure, Analyze, Improve and Control (DMAIC).

Prinsip-prinsip ini memungkinkan terciptanya sistem, proses, atau situasi baru untuk koordinasi tenaga kerja, material, dan mesin yang berguna dan juga meningkatkan kualitas dan produktivitas sistem, fisik atau sosial. Bergantung pada subspesialisasi yang terlibat, teknik industri juga dapat tumpang tindih dengan, riset operasi, teknik sistem, teknik manufaktur, teknik produksi, teknik rantai pasokan, ilmu manajemen, manajemen teknik, teknik keuangan, ergonomi atau teknik faktor manusia, teknik keselamatan, teknik logistik, teknik kualitas, atau kapabilitas atau bidang terkait lainnya.

Sejarah

Asal usul

Teknik industri

Ada konsensus umum di antara para sejarawan bahwa akar dari profesi teknik industri berawal dari Revolusi Industri. Teknologi yang membantu memekanisasi operasi manual tradisional dalam industri tekstil termasuk pesawat terbang, mesin pemintal, dan mungkin yang paling penting adalah mesin uap yang menghasilkan skala ekonomi yang membuat produksi massal di lokasi terpusat menjadi menarik untuk pertama kalinya.

Konsep sistem produksi berawal dari pabrik-pabrik yang diciptakan oleh inovasi-inovasi ini. Ada juga yang berpendapat bahwa mungkin Leonardo da Vinci adalah insinyur industri pertama karena ada bukti bahwa ia menerapkan sains pada analisis pekerjaan manusia dengan memeriksa kecepatan seseorang menyekop kotoran sekitar tahun 1500. Ada juga yang menyatakan bahwa profesi insinyur industri tumbuh dari studi Charles Babbage tentang operasi pabrik dan khususnya karyanya tentang pembuatan pin lurus pada tahun 1832. Namun, secara umum dikatakan bahwa upaya-upaya awal ini, meskipun berharga, hanya bersifat observasional dan tidak berusaha merekayasa pekerjaan yang dipelajari atau meningkatkan hasil secara keseluruhan.

Spesialisasi tenaga kerja

Konsep Pembagian Kerja dan "Tangan Tak Terlihat" kapitalisme yang diperkenalkan oleh Adam Smith dalam bukunya The Wealth of Nations memotivasi banyak inovator teknologi Revolusi Industri untuk membangun dan mengimplementasikan sistem pabrik. Upaya James Watt dan Matthew Boulton menghasilkan fasilitas manufaktur mesin terintegrasi pertama di dunia, termasuk penerapan konsep seperti sistem kontrol biaya untuk mengurangi limbah dan meningkatkan produktivitas dan lembaga pelatihan keterampilan untuk pengrajin.

Charles Babbage menjadi terkait dengan teknik industri karena konsep yang ia perkenalkan dalam bukunya On the Economy of Machinery and Manufacturers yang ia tulis sebagai hasil dari kunjungannya ke pabrik-pabrik di Inggris dan Amerika Serikat pada awal tahun 1800-an. Buku ini mencakup subjek-subjek seperti waktu yang dibutuhkan untuk melakukan tugas tertentu, efek dari pembagian tugas menjadi elemen-elemen yang lebih kecil dan tidak terlalu detail, dan keuntungan yang bisa diperoleh dari tugas yang berulang-ulang.

Bagian yang dapat dipertukarkan

Eli Whitney dan Simeon North membuktikan kelayakan gagasan suku cadang yang dapat dipertukarkan dalam pembuatan senapan dan pistol untuk Pemerintah AS. Di bawah sistem ini, masing-masing komponen diproduksi secara massal dengan toleransi untuk memungkinkan penggunaannya dalam produk jadi apa pun. Hasilnya adalah pengurangan yang signifikan dalam kebutuhan akan keterampilan dari pekerja khusus, yang pada akhirnya mengarah pada lingkungan industri yang akan dipelajari kemudian.

Pelopor

Frederick Taylor (1856-1915) secara umum dianggap sebagai bapak dari disiplin teknik industri. Ia memperoleh gelar di bidang teknik mesin dari Stevens Institute of Technology dan mendapatkan beberapa paten dari penemuannya. Buku-bukunya, Manajemen Toko dan Prinsip-prinsip Manajemen Ilmiah, yang diterbitkan pada awal 1900-an, merupakan awal dari teknik industri. Peningkatan efisiensi kerja di bawah metodenya didasarkan pada peningkatan metode kerja, pengembangan standar kerja, dan pengurangan waktu yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan. Dengan keyakinan yang teguh pada metode ilmiah, Taylor melakukan banyak eksperimen di bengkel mesin pada mesin dan juga manusia. Taylor mengembangkan "studi waktu" untuk mengukur waktu yang dibutuhkan untuk berbagai elemen dari suatu tugas dan kemudian menggunakan pengamatan studi untuk mengurangi waktu lebih lanjut. Studi waktu dilakukan untuk metode yang lebih baik sekali lagi untuk memberikan standar waktu yang akurat untuk merencanakan tugas-tugas manual dan juga untuk memberikan insentif.

Tim suami-istri Frank Gilbreth (1868-1924) dan Lillian Gilbreth (1878-1972) adalah peletak dasar gerakan teknik industri lainnya yang karyanya bertempat di Sekolah Teknik Industri Universitas Purdue. Mereka mengkategorikan elemen-elemen gerakan manusia menjadi 18 elemen dasar yang disebut therbligs. Perkembangan ini memungkinkan para analis untuk merancang pekerjaan tanpa pengetahuan tentang waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan. Perkembangan ini merupakan awal dari bidang yang lebih luas yang dikenal sebagai faktor manusia atau ergonomi.

Pada tahun 1908, mata kuliah pertama tentang teknik industri ditawarkan sebagai mata kuliah pilihan di Pennsylvania State University, yang kemudian menjadi program terpisah pada tahun 1909 melalui upaya Hugo Diemer. Gelar doktoral pertama di bidang teknik industri diberikan pada tahun 1933 oleh Cornell University.

Pada tahun 1912, Henry Laurence Gantt mengembangkan bagan Gantt, yang menguraikan tindakan organisasi beserta hubungannya. Bagan ini kemudian dibuka dalam bentuk yang kita kenal saat ini oleh Wallace Clark.

Dengan pengembangan jalur perakitan, pabrik Henry Ford (1913) menyumbang lompatan yang signifikan di bidang ini. Ford mengurangi waktu perakitan mobil dari lebih dari 700 jam menjadi 1,5 jam. Selain itu, ia adalah pelopor ekonomi kesejahteraan kapitalis ("kapitalisme kesejahteraan") dan pembawa bendera pemberian insentif keuangan bagi karyawan untuk meningkatkan produktivitas.

Pada tahun 1927, Technische Hochschule Berlin merupakan universitas pertama di Jerman yang memperkenalkan gelar ini. Program studi yang dikembangkan oleh Willi Prion pada saat itu masih bernama Bisnis dan Teknologi dan dimaksudkan untuk memberikan pendidikan yang memadai bagi keturunan industrialis.

Sistem manajemen kualitas komprehensif (Total quality management atau TQM) yang dikembangkan pada tahun empat puluhan mendapatkan momentum setelah Perang Dunia II dan merupakan bagian dari pemulihan Jepang setelah perang.

Institut Teknik Industri Amerika dibentuk pada tahun 1948. Pekerjaan awal oleh F. W. Taylor dan Gilbreths didokumentasikan dalam makalah yang dipresentasikan kepada American Society of Mechanical Engineers seiring dengan meningkatnya minat dari sekadar meningkatkan kinerja mesin menjadi kinerja proses manufaktur secara keseluruhan, terutama dimulai dengan presentasi Henry R. Towne (1844-1924) tentang makalahnya yang berjudul The Engineer as An Economist (1886).

Praktik modern

Dari tahun 1960 hingga 1975, dengan pengembangan sistem pendukung keputusan dalam pasokan seperti perencanaan kebutuhan material (MRP), seseorang dapat menekankan masalah waktu (inventaris, produksi, peracikan, transportasi, dll.) dari organisasi industri. Jacob Rubinovitz, ilmuwan Israel, memasang program CMMS yang dikembangkan di IAI dan Control-Data (Israel) pada tahun 1976 di Afrika Selatan dan di seluruh dunia.

Pada tahun 1970-an, dengan penetrasi teori manajemen Jepang seperti Kaizen dan Kanban, Jepang menyadari tingkat kualitas dan produktivitas yang sangat tinggi. Teori-teori ini meningkatkan masalah kualitas, waktu pengiriman, dan fleksibilitas. Perusahaan-perusahaan di barat menyadari dampak besar dari Kaizen dan mulai menerapkan program peningkatan berkelanjutan mereka sendiri. W. Edwards Deming memberikan kontribusi yang signifikan dalam meminimalkan varians yang dimulai pada tahun 1950-an dan berlanjut hingga akhir hayatnya.

Pada tahun 1990-an, mengikuti proses globalisasi industri global, penekanannya adalah pada manajemen rantai pasokan dan desain proses bisnis yang berorientasi pada pelanggan. Teori kendala, yang dikembangkan oleh ilmuwan Israel Eliyahu M. Goldratt (1985), juga merupakan tonggak penting dalam bidang ini.

Perbandingan dengan disiplin ilmu teknik lainnya
Teknik secara tradisional bersifat dekomposisional, yaitu untuk memahami keseluruhan sesuatu, pertama-tama dipecah menjadi bagian-bagiannya, lalu menyatukannya kembali untuk menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menguasai keseluruhannya. Pendekatan rekayasa industri dan sistem (ISE) adalah sebaliknya; satu bagian tidak dapat dipahami tanpa konteks keseluruhan sistem. Perubahan pada satu bagian dari sistem akan mempengaruhi keseluruhan sistem, dan peran satu bagian adalah untuk melayani keseluruhan sistem dengan lebih baik.

Selain itu, teknik industri juga mempertimbangkan faktor manusia dan hubungannya dengan aspek teknis dari situasi dan semua faktor lain yang memengaruhi keseluruhan situasi, sementara disiplin ilmu teknik lainnya berfokus pada desain benda mati.

"Insinyur Industri mengintegrasikan kombinasi orang, informasi, material, dan peralatan yang menghasilkan organisasi yang inovatif dan efisien. Selain manufaktur, Insinyur Industri bekerja dan berkonsultasi di setiap industri, termasuk rumah sakit, komunikasi, e-commerce, hiburan, pemerintah, keuangan, makanan, farmasi, semikonduktor, olahraga, asuransi, penjualan, akuntansi, perbankan, perjalanan, dan transportasi."

"Teknik Industri adalah cabang Teknik yang paling erat kaitannya dengan sumber daya manusia karena kami menerapkan keterampilan sosial untuk bekerja dengan semua jenis karyawan, mulai dari insinyur, tenaga penjualan, hingga manajemen puncak. Salah satu fokus utama seorang Insinyur Industri adalah untuk meningkatkan lingkungan kerja manusia - bukan untuk mengubah pekerja, tetapi untuk mengubah tempat kerja."

"Semua insinyur, termasuk Insinyur Industri, mempelajari matematika melalui kalkulus dan persamaan diferensial. Teknik Industri berbeda karena didasarkan pada matematika variabel diskrit, sedangkan semua teknik lainnya didasarkan pada matematika variabel kontinu. Kami menekankan penggunaan aljabar linier dan persamaan perbedaan, dibandingkan dengan penggunaan persamaan diferensial yang begitu lazim dalam disiplin ilmu teknik lainnya. Penekanan ini menjadi jelas dalam pengoptimalan sistem produksi di mana kami mengurutkan pesanan, menjadwalkan batch, menentukan jumlah unit penanganan bahan, mengatur tata letak pabrik, menemukan urutan gerakan, dll. Sebagai Insinyur Industri, kami hampir secara eksklusif berurusan dengan sistem komponen terpisah."

Insinyur yang berlatih

Secara tradisional, aspek utama dari teknik industri adalah merencanakan tata letak pabrik dan merancang jalur perakitan dan paradigma manufaktur lainnya. Dan sekarang, dalam sistem manufaktur ramping, insinyur industri bekerja untuk menghilangkan pemborosan waktu, uang, material, energi, dan sumber daya lainnya.

Contoh-contoh di mana teknik industri dapat digunakan termasuk pembuatan bagan proses, pemetaan proses, merancang stasiun kerja perakitan, menyusun strategi untuk berbagai logistik operasional, konsultasi sebagai ahli efisiensi, mengembangkan algoritme keuangan baru atau sistem pinjaman untuk bank, merampingkan operasi dan lokasi ruang gawat darurat atau penggunaan di rumah sakit, merencanakan skema distribusi yang kompleks untuk bahan atau produk (disebut sebagai manajemen rantai pasokan), dan memperpendek antrean (atau antrean) di bank, rumah sakit, atau taman hiburan.

Insinyur industri modern biasanya menggunakan sistem waktu gerak yang telah ditentukan sebelumnya, simulasi komputer (terutama simulasi peristiwa diskrit), bersama dengan alat matematika yang luas untuk pemodelan, seperti optimasi matematika dan teori antrean, dan metode komputasi untuk analisis, evaluasi, dan pengoptimalan sistem. Insinyur industri juga menggunakan alat ilmu data dan pembelajaran mesin dalam pekerjaan mereka karena keterkaitan yang kuat antara disiplin ilmu ini dengan bidang tersebut dan latar belakang teknis serupa yang dibutuhkan oleh insinyur industri (termasuk dasar yang kuat dalam teori probabilitas, aljabar linier, dan statistik, serta memiliki keterampilan pengkodean).

Disadur dari: en.wikipedia.org