Manajemen Biaya Manufaktur Kemampuan Penting Bagi Produsen

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

06 Mei 2024, 09.59

Sumber: Pinterest.com

Tantangan manajemen biaya manufaktur
Menerapkan berbagai praktik terbaik ini bukanlah tugas yang sepele. Bahkan dalam kondisi terbaik sekalipun, produsen dapat mengalami kesulitan untuk menemukan dan melacak biaya produksi mereka secara akurat dan mengidentifikasi di mana harus memprioritaskan penyesuaian untuk mendapatkan dampak finansial terkuat. Hal yang semakin memperumit masalah adalah sejumlah faktor tantangan lainnya, termasuk yang berikut ini:

Dinamika pasar yang berubah
Entah disebabkan oleh gejolak geopolitik atau tren ekonomi makro, dinamika pasar selalu berubah. Beberapa tantangan yang dihadapi produsen saat ini termasuk gangguan bakat tenaga kerja, kekurangan bahan baku penting, kesulitan logistik rantai pasokan yang disebabkan oleh kemacetan pelabuhan, dan prospek ekonomi yang lemah. Semua faktor ini berdampak pada biaya produksi dan membutuhkan pertimbangan yang cermat dan manajemen aktif untuk mengatasinya.

Gangguan rantai pasokan
Gangguan rantai pasokan telah menjadi masalah yang membayangi produsen dan konsumen dalam ekonomi global pasca pandemi saat ini. Studi Deloitte baru-baru ini mencatat bahwa 80% eksekutif manufaktur melaporkan mengalami dampak yang berat atau sangat berat dari gangguan dalam rantai pasokan mereka dalam 12 hingga 18 bulan terakhir. Ketika produsen menavigasi lingkungan rantai pasokan yang menantang, ketersediaan bahan baku yang tidak konsisten mendatangkan malapetaka pada pendekatan manajemen inventaris JIT yang dikelola dengan baik yang mendukung praktik manajemen biaya dan menyebabkan inefisiensi logistik yang berdampak pada biaya.

Harga bahan baku yang berfluktuasi
Naik atau turun, harga bahan baku yang berfluktuasi dapat menghambat kemampuan produsen untuk merencanakan dan mengelola biaya langsung produksi secara tepat dari waktu ke waktu. Analitik real-time dapat membantu mereka melacak biaya bahan baku yang berubah-ubah dan mengelola sumber bahan baku sebagai respons terhadap perubahan biaya.

Mempertahankan kualitas produk sekaligus memangkas biaya
Meskipun mungkin tergoda untuk memangkas biaya hingga habis-habisan, produsen harus selalu mengelola biaya dengan fokus pada kepuasan pelanggan. Ini berarti mengelola biaya bersamaan dengan kualitas, itulah sebabnya mengapa lean manufacturing merupakan pendekatan yang disukai untuk manajemen biaya manufaktur.

Tren masa depan dalam manajemen biaya manufaktur
Manajemen biaya manufaktur sudah menjadi ceruk keuangan yang sangat terspesialisasi yang biasanya dipimpin oleh akuntan biaya manufaktur yang berkualifikasi yang memiliki kredensial akuntan manajemen bersertifikat (CMA) atau akuntan publik bersertifikat (CPA). Karena proses manufaktur terus tumbuh lebih kompleks dan merasakan dampak transformasi digital dan otomatisasi, manajemen biaya manufaktur harus mengimbanginya. Produsen yang secara efektif memanfaatkan kecerdasan buatan, perangkat analisis data, dan otomatisasi akan lebih siap untuk mengukur kinerja biaya secara real time, membuat peramalan yang lebih canggih, dan mengelola rantai pasokan secara lebih efektif dalam skala besar.

Kemampuan semacam ini akan menjadi sangat penting karena akuntan biaya manufaktur kemungkinan akan menghadapi hambatan ekonomi dalam waktu dekat saat mereka mengelola persediaan JIT. Harga dan ketersediaan bahan baku yang tidak konsisten, bersama dengan kekurangan tenaga kerja dan kendala rantai pasokan lainnya, akan menambah variabel ke dalam persamaan biaya yang akan membutuhkan fleksibilitas dan perencanaan kontinjensi yang paling baik dilayani oleh aliran data yang akurat dan tepat waktu, serta kemampuan analisis yang kuat.

Optimalkan arus kas dan minimalkan biaya dengan perangkat lunak akuntansi NetSuite
Dari gangguan rantai pasokan hingga pengetatan ekonomi, produsen diminta untuk mengelola biaya mereka dalam lingkungan yang semakin tidak stabil. Software akuntansi Cloud NetSuite menyediakan fondasi akuntansi yang solid bagi produsen untuk menerapkan kontrol dan pelaporan keuangan otomatis untuk mendukung aktivitas manajemen biaya manufaktur. Platform cloud ini menawarkan wawasan real-time kepada produsen tentang metrik keuangan yang menjadi bahan analisis biaya. Sementara itu, organisasi industri dapat meningkatkan kekuatan NetSuite Cloud Accounting dengan NetSuite for Manufacturing, yang dibuat khusus untuk produsen yang ingin mengoptimalkan arus kas dan meminimalkan biaya dari satu platform. Solusi ERP cloud manufaktur ini menyediakan alat yang memudahkan untuk mengelola pengadaan, merencanakan produksi, dan mengarahkan proses manufaktur secara terpadu.

Manajemen biaya manufaktur adalah kemampuan penting bagi produsen untuk memaksimalkan profitabilitas operasi mereka. Jika dilakukan dengan baik, manajemen biaya produksi tidak hanya menurunkan biaya. Praktik ini juga menginformasikan penetapan harga dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik saat memprioritaskan barang yang paling menguntungkan untuk produksi dari waktu ke waktu.

Pertanyaan umum manajemen biaya manufaktur

  1. Bagaimana anda mengelola biaya di bidang manufaktur? produsen cenderung menggunakan kombinasi praktik akuntansi yang kuat, analisis data, dan kerangka kerja manajemen, seperti lean manufacturing, untuk melacak dan mengelola biaya di bidang manufaktur.
  2. Apa saja biaya dasar manufaktur? biaya dasar yang digunakan untuk membuat produk termasuk biaya bahan baku; biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung dalam mendesain, memproduksi, dan mengirimkan produk; dan biaya overhead manufaktur.
  3. Apa saja contoh biaya produksi? beberapa contoh biaya produksi adalah biaya untuk membeli bahan baku, upah pekearja pabrik, sewa fasilitas pabrik, biaya peralatan, persediaan selain bahan baku, biaya teknologi dan IT, serta asuransi dan pajak.
  4. Apa saja tiga komponen biaya produksi? tiga komponen biaya produksi adalah bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead pabrik.

Disadur dari: netsuite.com