Stok dan Aliran: Konsep Dasar dalam Ekonomi dan Akuntansi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

25 Maret 2024, 13.21

Sumber: id.wikipedia.org

Dalam bidang ekonomi, bisnis, akuntansi, dan bidang terkait, terdapat perbedaan antara jumlah yang merupakan saham dan jumlah yang mengalir. Ini adalah unit pengukuran yang berbeda. Persediaan diukur pada titik waktu tertentu dan mewakili jumlah saat ini (misalnya 31 Desember 2004), yang mungkin telah diakumulasikan sebelumnya. Variabel aliran diukur dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, aliran diukur dalam satuan waktu (misalnya satu tahun). Dalam hal ini, arus sama dengan laju atau kecepatan.

Misalnya, produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat mewakili jumlah total dolar yang dibelanjakan dalam kurun waktu tertentu, misalnya dalam satu tahun. Jadi ini adalah variabel berjalan dengan satuan dolar/tahun. Sebaliknya, modal fisik di Amerika Serikat adalah total nilai dolar dari peralatan, bangunan, dan aset produktif lainnya dalam perekonomian AS, yang dinyatakan dalam dolar. Diagram ini menunjukkan bagaimana pasokan modal saat ini meningkat seiring dengan masuknya investasi baru dan menurun seiring menurunnya inflasi.

Stok dan Arus di Rekening

Jadi terdapat terlalu banyak pohon. Aset pada tanggal neraca (atau pada titik waktu tertentu), arus adalah jumlah transaksi (penjualan, pembelian, pendapatan atau beban) selama periode akuntansi. Dengan membagi nilai arus kegiatan ekonomi dengan nilai rata-rata persediaan pada periode akuntansi, kita dapat mengukur jumlah perubahan (atau perubahan) persediaan pada periode akuntansi tersebut. Beberapa item akuntansi selalu ditampilkan sebagai arus (seperti keuntungan atau pendapatan), sementara item lainnya ditampilkan sebagai saham dan arus (seperti ekuitas).

Investasi memiliki individu atau negara, uang atau utang. , barang, alat produksi, dekorasi, kekayaan, sumber daya manusia (atau pekerjaan). Skala aliran mencakup pendapatan, pengeluaran, tabungan, pembayaran utang, investasi tetap, investasi inventaris, dan pemanfaatan tenaga kerja. Ini adalah unit pengukuran yang berbeda. Modal adalah konsep suatu tindakan yang menghasilkan uang secara berkala, konsep pelarian.

Penggunaan yang lebih luas

Kekayaan dan pelarian juga merupakan proses alami dalam berbagai konteks di luar ekonomi, bisnis, dan bidang terkait. Konsep-konsep ini terkait dengan banyak kuantitas yang dilestarikan seperti energi, stoikiometri, pengendalian sumber dan zat seperti gas rumah kaca dan polutan kronis lainnya yang terakumulasi di lingkungan atau organisme. Misalnya, mengurangi perubahan iklim sangat mudah untuk mengatasi masalah hewan dan penerbangan dan tujuan utamanya adalah mengurangi pepohonan (bertahannya gas rumah kaca di atmosfer) dengan memanipulasi arus (mengurangi masukan seperti emisi gas rumah kaca). dan peningkatan aliran, seperti pengambilan oksigen). Dalam organisme hidup seperti tubuh manusia, homeostasis energi menggambarkan hubungan linier antara aliran (energi yang kita keluarkan dan makanan yang kita makan serta limbah yang kita keluarkan) dan simpanan (ditunjukkan oleh penambahan dan penurunan berat badan seiring waktu). Dalam ilmu pengetahuan global, banyak masalah penyimpanan dan aliran yang muncul, seperti siklus karbon, siklus nitrogen, siklus air, dan anggaran energi bumi. Oleh karena itu, pepohonan dan aliran merupakan bagian penting dari model sistem dinamis. Jay Forrester menyebut ini sebagai "tingkat" bukan "suku bunga". Secara umum, saham (atau "indeks") adalah entitas yang terakumulasi dari waktu ke waktu melalui arus masuk atau terdepresiasi melalui arus keluar. Barang hanya dapat ditukar melalui penerbangan. Secara matematis, pohon dapat dilihat sebagai aliran yang terakumulasi atau terkonsolidasi seiring berjalannya waktu dan aliran yang menebang pohon. Benda biasanya selalu mempunyai nilai. Misalnya, ukuran populasi atau jumlah air di waduk pada waktu tertentu.

Aliran (atau "kecepatan") mengubah pohon seiring waktu. . Secara umum perbedaan antara input (peningkatan persediaan) dan output (penurunan persediaan) sangatlah berbeda. Aliran biasanya diukur dalam jangka waktu tertentu, seperti jumlah kelahiran per hari atau bulan.

Disadur dari Artikel : id.wikipedia.org