Kemenperin Fasilitasi Diskon 40 Persen untuk Pembelian Mesin Baru Buatan Lokal oleh IKM

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

12 Februari 2024, 14.41

Sumber: kemenperin.go.id

Dalam industri manufaktur, mesin dan peralatan merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang produktivitas. Penggunaan teknologi baru pada mesin dan peralatan di sektor industri akan meningkatkan persaingan, karena proses akan meningkat dan menghasilkan produk dengan kualitas lebih tinggi.

Saat ini mesin dan peralatan yang digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) masih tergolong sederhana dan sebagian besar sudah berusia lebih dari 25 tahun. Untuk itu, Kementerian Perdagangan, Perindustrian, dan Energi memberikan dukungan finansial untuk memfasilitasi pembelian mesin dan peralatan guna membantu perusahaan kecil maupun besar dalam merestorasi mesin atau peralatan produksinya.

“Kami yakin dengan adanya mesin dan peralatan baru, perusahaan kecil dan menengah dalam negeri dapat terus meningkatkan keterampilan, efisiensi dan efektivitasnya sehingga persaingan dapat terjadi dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Usaha Kecil. Administrasi kata Komisi. Kementerian Perindustrian, Media dan Industri Lainnya (IKMA), Reni Yanita, Jakarta, Rabu (12/1).

Reni menjelaskan, pihaknya memiliki program perbaikan mesin dan peralatan untuk usaha kecil dan menengah. Program ini merupakan program pembiayaan pembelian mesin atau peralatan baru, dengan harga pembelian minimal Rp 10 juta dan harga pembelian maksimal Rp 500 juta. Ia menjelaskan: "Tingkat diskontonya adalah 25% dari harga pembelian mesin dan peralatan luar negeri dan 40% dari harga pembelian mesin dan peralatan dalam negeri."

Pemilik usaha berhak atas kawasan ini, yaitu perusahaan industri kecil dengan jumlah karyawan maksimal 19 orang dan nilai investasi kurang dari Rp 1 miliar (tidak termasuk tanah dan bangunan tempat perusahaan berlokasi). Selain itu, beberapa industri menengah dengan jumlah karyawan minimal 19 orang dan nilai investasi minimal Rp 1 miliar, atau beberapa industri menengah dengan jumlah karyawan minimal 20 hingga 99 orang dengan total nilai investasi . sebesar Rp 15 miliar.

"UKM ini bisa berbentuk badan hukum maupun perseorangan. Yang utama adalah memiliki izin usaha industri di bawah KBLI untuk bidang usahanya," kata Reni. Peralatan yang berhak mendapatkan penggantian adalah peralatan yang diproduksi atau diproduksi dalam kurun waktu tiga tahun sebelum tahun permohonan, peralatan yang belum digunakan, telah diperbaiki atau diproduksi dan dipasang peralatan mesin di tempat produksi IKM.

Pada tahun 2021, Sekretariat IKMA Kemenperin mengirimkan mesin dan peralatan hingga peralatan perbaikan dengan total nilai penyusutan sebesar Rp12,1 miliar. Nilai investasi UKM yang diterima dalam fasilitas ini sebesar Rp77,7 miliar.

“Dukungan bantuan dana pembelian mesin dan peralatan dikelola oleh Direktorat IKM Pangan, Barang dan Perlengkapan Rumah Tangga (PFBB), Industri dan Kegiatan Kimia Lainnya, Sandang dan IKM (IA IKM KSK). ), “Mekanikal, Elektronik, dan Alat Angkut (LMEAA)”, Sekretariat IKM Logam, kata Reni.

Pada tahun 2021, Kementerian Perindustrian menyetujui permohonan 46 IKM dibawah arahan Direksi IKM PFBB untuk menyetujui fasilitas perbaikan ini. Mayoritas (71%) merupakan industri menengah yang sebagian besar diproduksi di wilayah Jawa Barat.

Kementerian Perindustrian juga menyetujui perjanjian restrukturisasi 54 IKM binaan Direksi IA IKM KSK. Dari jumlah tersebut, 82% merupakan usaha kecil dan mayoritas pelamar berasal dari Bangai, Sulawesi Tengah. Saat itu, program reformasi Pengurus IKM LMEAA diberikan kepada 16 IKM yang sebagian besar merupakan usaha menengah.

“Program reformasi ini akan memungkinkan usaha kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan modal untuk berinvestasi pada mesin dan peralatan baru dan kesulitan mengakses dana dari lembaga keuangan untuk terus membeli mesin dan peralatan baru,” ujarnya. dikatakan kata Reni.

Agar lebih banyak perusahaan kecil dan besar dapat memperoleh manfaat dari kegiatan mereka untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing, Sekretaris IKMA Kementerian Perdagangan, Perindustrian dan Energi Peningkatan Mekanik atau Peralatan. Program tahun 2022.


Disadur dari: 
https://kemenperin.go.id/artikel/23081/IKM-Beli-Mesin-Baru-Buatan-Lokal,-Kemenperin-Fasilitasi-Diskon-40-Persen