Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Buka Beasiswa untuk Lulusan SMA dan SMK

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

11 Mei 2024, 13.11

Sumber: en.tempo.co

Kedutaan Besar Jepang mengumumkan bahwa mereka menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang telah lulus SMA atau SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, Sekolah Tinggi Teknologi/KOSEN, dan Sekolah Tinggi Pelatihan Khusus/SENSHU di Jepang untuk tahun ajaran 2025 (April 2025). Beasiswa ini merupakan bagian dari Program Beasiswa Monbukagakusho Pemerintah Jepang.

Dalam keterangan pers yang diterima Tempo, Jumat, 19 April 2024, sebelum masuk universitas/perguruan tinggi, penerima beasiswa akan terlebih dahulu mengikuti sekolah persiapan selama satu tahun. Selama di sekolah persiapan, penerima beasiswa akan dibekali dengan pembelajaran sesuai dengan program yang dipilih.

Program GAKUBU untuk bidang studi sosial akan mempelajari pengetahuan umum Jepang, matematika, dan bahasa Inggris. Program GAKUBU untuk bidang studi IPA akan mempelajari fisika, kimia, dan biologi.

Program KOSEN akan mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan peminatan perguruan tinggi, pengetahuan umum bahasa Jepang, matematika, dan lain-lain. Program SENSHU akan mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan peminatan perguruan tinggi, pengetahuan umum bahasa Jepang, dan lain-lain.

Bagi pendaftar yang memilih program GAKUBU bidang studi sosial, setelah dinyatakan lulus seleksi utama, jika MEXT menilai bahwa pendaftar memiliki kemampuan bahasa Jepang yang memadai, maka pendaftar akan langsung ditempatkan di universitas tanpa mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu. Hal ini tergantung pada keputusan MEXT dan universitas di Jepang. Ketentuan terkait hal ini akan dijelaskan setelah lulus seleksi utama.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU di bidang studi sains yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang kuat dan berminat untuk langsung masuk ke universitas tanpa sekolah persiapan, permohonan dapat dilakukan setelah dinyatakan lulus seleksi utama.

Untuk dapat mengajukan beasiswa ini, salah satu persyaratannya adalah memiliki nilai akademik yang baik dan lahir pada atau setelah bulan April 2000. Di antara fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah biaya kuliah yang ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sekitar 117.000 yen/bulan (Rp12 juta) dan tidak ada ikatan dinas.

Dokumen untuk seleksi beasiswa ini harus dikirim/diserahkan ke kantor Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat tanggal 8 Mei 2024. Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dilihat di situs Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.

Disadur dari: en.tempo.co