Mengupas Sains dari Ilmu Pendidikan itu Sendiri

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

29 April 2024, 14.30

Tallinn University

Ilmu pendidikan bertujuan untuk mendefinisikan, memahami, dan merekomendasikan kebijakan dan praktik pendidikan. Mereka kadang-kadang disebut sebagai studi pendidikan, teori pendidikan, dan secara historis disebut pedagogi. Pedagogi, andragogi, kurikulum, pembelajaran, kebijakan pendidikan, organisasi, dan kepemimpinan hanyalah beberapa dari banyak mata pelajaran yang dicakup oleh ilmu pendidikan. Banyak bidang akademis, termasuk sejarah, filsafat, sosiologi, dan psikologi, mempengaruhi teori pendidikan.

Istilah "fakultas pendidikan" sering digunakan untuk menyebut departemen, fakultas, program gelar, dan gelar dalam ilmu pendidikan. Demikian pula, masih lazim untuk menyebutkan bahwa dia sedang mempelajari pendidikan, meskipun di sebagian besar negara Eropa, hal ini secara historis dikenal sebagai mempelajari pedagogi (dalam bahasa Inggris) dan jarang digambarkan sebagai mempelajari ilmu pendidikan. Demikian pula, bergantung pada negaranya, ahli teori pendidikan dapat disebut sebagai pedagog.

Teori pendidikan budaya, misalnya, memperhitungkan bagaimana pendidikan berlangsung lintas budaya, termasuk di rumah, penjara, dan tempat ibadah selain di sekolah. Contoh tambahan termasuk teori pendidikan behavioris yang diturunkan dari psikologi pendidikan dan teori pendidikan fungsionalis yang diturunkan dari sosiologi pendidikan.

Para filsuf dan sofis Yunani melakukan upaya terdokumentasi pertama untuk memahami pendidikan di Eropa, namun terdapat juga bukti perbincangan di kalangan intelektual dari budaya Arab, India, dan Tiongkok yang terjadi pada era yang sama atau bahkan lebih awal.

Teori-teori nomatif dari pendidikan

  • Filsafat pendidikan

Filsafat normatif atau teori-teori pendidikan menyajikan pendapat tentang apa yang seharusnya menjadi pendidikan, sikap-sikap apa yang harus dipupuk, mengapa pendidikan harus dipupuk, bagaimana dan kepada siapa pendidikan harus dilakukan, dan bentuk-bentuk apa yang harus diambil. Mereka mungkin mengambil manfaat dari temuan-temuan [pemikiran filosofis] serta dari penyelidikan faktual tentang manusia dan psikologi pembelajaran. Teori pendidikan normatif filosofis yang komprehensif sering kali mencakup jenis-jenis pernyataan berikut selain pemeriksaan terhadap jenis-jenis yang disebutkan di atas: 1. Premis normatif mendasar tentang apa yang baik atau benar; 2. Premis faktual mendasar tentang kemanusiaan dan dunia; 3. Kesimpulan mengenai disposisi yang harus diusung oleh pendidikan, berdasarkan dua jenis premis ini; 4. Premis faktual tambahan tentang topik-topik seperti psikologi pembelajaran dan teknik pengajaran; dan 5. Kesimpulan tambahan mengenai topik seperti teknik yang harus diterapkan dalam pendidikan.".

Pengembangan pemikiran tentang persoalan-persoalan abadi, penguasaan teknik penyelidikan ilmiah, penanaman intelektualitas, produksi agen perubahan, pengembangan spiritualitas, dan keteladanan masyarakat demokratis adalah beberapa contoh tujuan pendidikan. Ide-ide pendidikan yang umum mencakup pedagogi kritis, pendidikan Montessori, pendidikan Waldorf, progresivisme pendidikan, esensialisme pendidikan, dan pendidikan demokratis.

  • Teori kurikulum

Teori normatif kurikulum bertujuan untuk "menggambarkan, atau menetapkan norma, untuk kondisi seputar banyak konsep dan konstruksi" yang mendefinisikan kurikulum. Proposisi normatif ini berbeda dengan proposisi di atas karena teori kurikulum normatif belum tentu tidak dapat diuji. Pertanyaan sentral yang diajukan oleh teori kurikulum normatif adalah: dengan adanya filosofi pendidikan tertentu, apa yang perlu diketahui dan mengapa? Beberapa contohnya adalah: pemahaman yang mendalam terhadap Kitab-Kitab Hebat, pengalaman langsung yang didorong oleh minat siswa, pemahaman yang dangkal terhadap berbagai pengetahuan (misalnya Pengetahuan Inti), permasalahan dan permasalahan sosial dan komunitas, pengetahuan dan pemahaman yang spesifik terhadap budaya dan pencapaiannya.

Sumber:

https://en.wikipedia.org