Industri otomotif

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

14 Maret 2024, 09.13

Sumber: Wikipedia

Industri otomotif terdiri dari banyak perusahaan dan organisasi yang terlibat dalam desain, pengembangan, manufaktur, pemasaran, penjualan, perbaikan dan modifikasi mobil. Mobil merupakan salah satu industri dengan pendapatan terbesar di dunia (dari 16% di Prancis menjadi 40% di negara-negara seperti Slovakia).

Kata mobil berasal dari bahasa Yunani autos (diri) dan bahasa Latin motivus (gerakan). ) berarti semua jenis kendaraan resmi. Diciptakan oleh Elmer Sperry (1860-1930), istilah ini pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan mobil pada tahun 1898.

Sejarah
Industri otomotif dimulai pada tahun 1860-an ketika ratusan produsen kereta tanpa kuda. Manufaktur mobil awal melibatkan kerja manual para pekerja. Prosesnya berevolusi dari mesin yang bekerja pada mobil yang tidak bergerak menjadi sistem ban berjalan di mana mobil melewati beberapa stasiun yang dioperasikan oleh mesin yang lebih terampil. Peralatan robotik telah dimasukkan ke dalam proses tersebut sejak tahun 1960an, dan saat ini sebagian besar mobil dibuat dengan mesin otomatis. 

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat memimpin dunia dalam bidang manufaktur mobil, dengan tiga produsen terbesar di dunia pada saat itu adalah General Motors, Ford Motor Company, dan Chrysler. , GM dan Ford terus memegang posisi teratas. bagian.. Dua pabrikan, mesin terbesar di pertengahan tahun. Pada tahun 1929, sebelum Depresi Besar, terdapat 32.028.500 mobil yang digunakan di seluruh dunia, lebih dari 90% di antaranya diproduksi oleh American Automobile Association. Pada saat itu, Amerika mempunyai satu mobil untuk setiap 4,87 orang.  Sejak tahun 1945, sekitar tiga perempat produksi mobil dunia. Pada tahun 1980, Amerika Serikat disusul oleh Jepang, namun pada tahun 1994 kembali menjadi nomor satu di dunia. Jepang sedikit tertinggal dari Amerika Serikat dalam bidang manufaktur pada tahun 2006 dan 2007, dan Tiongkok (Jepang) menduduki peringkat pertama pada tahun 2008, memproduksi 13,8 juta unit pada tahun 2009. Amerika Serikat menyalip Jepang pada tahun 2011 untuk menjadi industri otomotif terbesar kedua. Pada tahun 2017, Tiongkok memproduksi lebih dari 29 juta kendaraan, sebuah rekor dan pangsa terbesar di Amerika Serikat. Dari tahun 1970 (140 model) hingga 1998 (260 model) dan 2012 (684 model), jumlah model mobil di Amerika Serikat meningkat.

Keselamatan
Keselamatan adalah perlindungan terhadap semua kecelakaan dan bencana. sarana untuk memperoleh. Penyebab kerugian atau kerusakan. Dalam industri otomotif, keselamatan berarti pengguna, pengemudi atau produsen tidak terkena kecelakaan yang mungkin timbul pada mobil dan komponennya. Keamanan kendaraan itu sendiri berarti tidak ada risiko bahaya.

Keselamatan merupakan hal yang penting dalam industri otomotif yang diatur dengan ketat. Mobil dan kendaraan bermotor lainnya harus mematuhi berbagai undang-undang lokal dan internasional sebelum dipasarkan. ISO 26262 dianggap sebagai salah satu kerangka kerja terbaik untuk mencapai keselamatan mekanis. 

Jika masalah keselamatan, kecelakaan, cacat produk, atau kesalahan teknis terjadi selama proses pembuatan mobil, pabrikan mungkin meminta pengembalian lot, untuk keseluruhan proses. Proses ini disebut penarikan produk. Penarikan produk terjadi di semua industri dan dapat diproduksi atau berasal dari bahan mentah.

Pengujian dan pelacakan produk serta operasi di berbagai tahap rantai nilai memastikan keselamatan dan keamanan produk akhir dan produk tidak akan ditarik . ini akan dilakukan. Ini memenuhi persyaratan pengguna dan industri teknik. Namun, industri otomotif sangat mengkhawatirkan pengembalian keuntungan, yang akan berdampak negatif pada keuangan.

Ekonomi
Pada tahun 2007 terdapat sekitar 806 juta mobil dan truk ringan di pasar. sepanjang jalan, 980.000 juta liter ( Lebih dari 980.000.000 m 3 dikonsumsi). ) bensin dan solar setiap tahun.  Mobil adalah alat transportasi utama di banyak negara berkembang. Kantor Boston Consulting Group di Detroit mengatakan bahwa pada tahun 2014, sepertiga permintaan global akan datang dari empat pasar BRIC (Brasil, Rusia, India dan Cina). Saat ini, di negara-negara berkembang, industri otomotif sedang mengalami kemerosotan.  Tren ini kemungkinan akan terus berlanjut, terutama karena generasi muda di negara-negara perkotaan tidak lagi ingin memiliki mobil dan lebih memilih bentuk transportasi lain.  Pasar sepeda motor kuat lainnya termasuk Iran dan Indonesia.  Pasar mobil baru menjual lebih banyak mobil dibandingkan mobil yang sudah ada.

J.D. Pasar negara berkembang menyumbang 51% dari penjualan kendaraan ringan global pada tahun 2010, menurut sebuah studi oleh J.D. kekuatan Sebuah studi tahun 2010 memperkirakan bahwa tren ini akan semakin cepat.   Namun, laporan terbaru (2012) menemukan sebaliknya. Dengan kata lain, industri otomotif sedang menyusut bahkan di negara-negara BRIC.  Di Amerika Serikat, penjualan kendaraan mencapai 17,8 juta unit pada tahun 2000. 

Pada bulan Juli 2021, Komisi Eropa menerbitkan "Fit for 55" yang berisi pedoman penting untuk masa depan industri otomotif. Mulai tahun 2035, semua mobil baru di pasar Eropa harus merupakan kendaraan tanpa emisi. 

Pemerintah di 24 negara berkembang dan sekelompok produsen mobil besar, termasuk GM, Ford, Volvo, BYD Auto, Jaguar Land Rover, dan Mercedes-Benz, telah berjanji untuk mengurangi emisi global pada tahun 2040 dan pasar-pasar utama pada tahun 2040. 2035 ". Kami berkomitmen untuk mencapai penjualan baru kendaraan dan van."   Negara-negara produsen mobil besar, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Volkswagen, Toyota, Peugeot, Honda, Nissan, dan Hyundai, belum memenuhinya.

Dampak terhadap lingkungan hidup
Industri otomotif global adalah konsumen air yang besar. Beberapa perkiraan menyebutkan bahwa setiap mobil yang dibuat, dengan atau tanpa ban, menggunakan lebih dari 180.000 L (39.000 imp gal) air. Proses produksi yang banyak menggunakan air antara lain persiapan permukaan, pengecatan, pelapisan, pembersihan, pendinginan, pengkondisian udara, boiler, dan lain-lain, namun tidak termasuk bagian pembuatannya. Toko cat banyak menggunakan air, karena peralatan yang produknya menggunakan air harus dicuci dengan air. 

Pada tahun 2022, Gigafactory Berlin-Brandenburg Tesla menghadapi tantangan hukum akibat kekeringan dan penurunan permukaan air tanah di wilayah tersebut. Menteri Ekonomi Brandenburg Joerg Steinbach mengatakan tersedia cukup air untuk tahap pertama, namun permintaan akan meningkat seiring perluasan operasi Tesla. Pembangkit ini akan melipatgandakan konsumsi air di wilayah Gruenheide, yang memiliki kontrak dengan pemerintah setempat sebesar 1,4 juta meter kubik per tahun.
 

Disadur dari: 

https://en.wikipedia.org/wiki/Automotive_industry 

https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_otomotif