Industri Kelapa Sawit di Indonesia: Antara Kontribusi Ekonomi dan Isu Kerusakan Lingkungan

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

21 Juni 2024, 09.35

sumber: en.infosawit.com

Industri kelapa sawit memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, menjadi tulang punggung pendapatan negara, dan secara signifikan mendorong kemajuan ekonomi di banyak desa. Namun, keberadaan kelapa sawit tidak terlepas dari tantangan lingkungan yang menuntut tindakan keberlanjutan.

Seperti yang InfoSAWIT kutip dari Palm Oil Analytic, sektor kelapa sawit di Indonesia memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian, sebagai komoditas ekspor terbesar, memperkuat neraca perdagangan dengan pemasukan sekitar US$ 20 miliar per tahun. Permintaan dunia menegaskan bahwa Indonesia memainkan peran utama dalam perdagangan minyak sawit dunia.

Industri kelapa sawit juga menyediakan lapangan kerja bagi jutaan masyarakat Indonesia, termasuk petani kecil dan buruh perkebunan. Selain itu, dengan membangun infrastruktur di desa-desa, seperti jalan dan sekolah, industri ini mendorong kemajuan dan mengurangi kemiskinan di desa-desa.

Namun, ada beberapa masalah yang mendesak tentang lingkungan, seperti penebangan hutan untuk penanaman kelapa sawit. Hal ini menyebabkan hilangnya habitat bagi spesies endemik, seperti orangutan, harimau, dan gajah. Konservasi keanekaragaman hayati menjadi hal yang mendesak untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

"Alih fungsi lahan menjadi perkebunan monokultur akan mengancam keanekaragaman hayati dan kestabilan ekosistem. Hal ini tidak hanya berdampak pada flora dan fauna secara lokal, namun juga pada keberlanjutan ekosistem secara keseluruhan," tulis Palm Oil Oil Analytic.

Sementara itu, konservasi gambut menjadi perkebunan kelapa sawit secara signifikan akan meningkatkan emisi gas rumah kaca dan perubahan iklim secara global.

Untuk menghindari dampak buruk terhadap lingkungan, Indonesia telah melakukan beberapa hal untuk menuju praktik budidaya yang berkelanjutan.

Program sertifikasi seperti Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) merupakan hal yang signifikan untuk mendorong produksi kelapa sawit yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan. Negara-negara produsen yang mendapatkan sertifikat ini harus mematuhi standar-standar tertentu yang melindungi lingkungan dan masyarakat lokal.

Pemerintah Indonesia menerapkan peraturan dan kebijakan untuk mengendalikan deforestasi dan mendorong praktik-praktik berkelanjutan di industri kelapa sawit, termasuk banyak industri maju yang berkomitmen untuk menggunakan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan melalui rantai pasoknya dengan mengedepankan prinsip-prinsip sosial dan lingkungan.

Industri kelapa sawit memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, namun untuk memastikan keberlanjutan dalam jangka panjang, diperlukan hal-hal konkrit dan komitmen dari semua pihak untuk menjaga keseimbangan antara kemajuan ekonomi dan pelestarian lingkungan. (T2)

Disadur dari: en.infosawit.com