Hortikultura: Pengelompokkan, Jenis dan Sejarah

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

17 Mei 2024, 19.32

Sumber: pinterest

Hortikultura adalah seni dan ilmu untuk menanam tanaman. Definisi ini terlihat dari etimologinya, yang berasal dari kata Latin hortus, yang berarti "kebun" dan cultura yang berarti "membudidayakanPenting untuk dicatat bahwa ada berbagai divisi hortikultura karena tanaman ditanam untuk berbagai tujuan. Divisi-divisi ini termasuk, tetapi tidak terbatas pada: berkebun, produksi tanaman / perbanyakan tanaman, arborikultura, lansekap, florikultura, dan pemeliharaan rumput. Untuk masing-masing bidang tersebut, terdapat berbagai profesi, aspek, alat yang digunakan, dan tantangan yang terkait; masing-masing membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang sangat khusus dari ahli hortikultura.

Biasanya, hortikultura dicirikan sebagai budidaya tanaman hias, skala kecil / non industri, dibandingkan dengan budidaya tanaman / ternak skala besar yang terlihat di bidang pertanian. Namun, ada beberapa aspek hortikultura yang bersifat industri/komersial seperti produksi rumah kaca di seluruh dunia.

Hortikultura dimulai dengan domestikasi tanaman sekitar 10.000-20.000 tahun yang lalu. Pada awalnya, hanya tanaman untuk makanan yang ditanam dan dipelihara, tetapi pada akhirnya seiring dengan semakin banyaknya manusia yang tinggal menetap, tanaman juga ditanam untuk nilai hiasnya. Hortikultura dianggap telah menyimpang dari pertanian selama abad pertengahan ketika orang mulai menanam tanaman untuk kesenangan/estetika, bukan hanya untuk makanan.

Teknologi yang muncul memajukan industri ini, terutama dalam hal mengubah tanaman agar lebih tahan terhadap parasit, penyakit, dan kekeringan. Teknologi modifikasi seperti Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic Repeats (CRISPR/Cas9), juga meningkatkan nutrisi, rasa, dan hasil panen.

Ada banyak organisasi dan perkumpulan hortikultura yang ditemukan di seluruh dunia, yang dibentuk oleh para ahli hortikultura dan mereka yang berkecimpung dalam industri ini. Ini termasuk: The Royal Horticultural Society, International Society for Horticultural Science, The American Society of Horticultural Science,The Horticultural Society of India, The Global Horticulture Initiative, The Chartered Institute of Horticulture, dan The Australian Society of Horticultural Science.

Divisi hortikultura dan jenis-jenis ahli hortikultura

Ada banyak divisi dan sub-divisi dalam hortikultura, hal ini karena tanaman ditanam untuk berbagai alasan. Divisi-divisi hortikultura meliputi:

  • berkebun
  • produksi dan perbanyakan tanaman-tanaman tropis dalam potuntuk tujuan estetikanak hortikultura
  • lansekap
  • florikultura
  • desain dan pemeliharaan taman
  • pemeliharaan rumput
  • konservasi tanaman dan restorasi lanskap.

Ini mencakup budidaya semua tanaman termasuk, namun tidak terbatas pada: pohon hias/semak/tanaman, buah-buahan, sayuran, bunga, rumput, kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, dan tanaman obat/tanaman yang dapat dimakan. Budidaya ini dapat dilakukan di ruang taman, pembibitan, rumah kaca, kebun anggur, kebun buah, taman, area rekreasi, dll.

Bibit bunga di sebuah pasar di Breda, Belanda

Ahli hortikultura, adalah mereka yang mempelajari dan mempraktikkan budidaya tanaman secara profesional. Ada banyak jenis ahli hortikultura dengan jabatan yang berbeda, termasuk: tukang kebun, penanam, petani, arborist, florikulturis, penata taman, ahli agronomi, perancang, arsitek lanskap, spesialis perawatan taman, manajer pembibitan, kurator kebun raya, ahli terapi hortikultura, dan masih banyak lagi. Mereka dapat dipekerjakan oleh berbagai perusahaan/institusi termasuk, namun tidak terbatas pada: kebun raya, kebun pribadi/umum, taman, pemakaman, rumah kaca, lapangan golf, kebun anggur, perkebunan, perusahaan lansekap, pembibitan, institusi pendidikan, dll. Mereka juga bisa menjadi wiraswasta.

Sejarah

Hortikultura dimulai dengan domestikasi tanaman 10.000-20.000 tahun yang lalu, dan sejak saat itu, telah terintegrasi secara mendalam ke dalam sejarah umat manusia. Penting untuk dicatat bahwa domestikasi tanaman terjadi secara independen dalam berbagai peradaban, di seluruh dunia. Sejarah hortikultura tumpang tindih dengan sejarah pertanian dan sejarah botani, karena ketiganya berawal dari domestikasi berbagai tanaman untuk makanan. Di Eropa, pertanian dan hortikultura berbeda pada suatu saat selama Abad Pertengahan.

Praktik awal dalam hortikultura

Praktik awal dalam hortikultura mencakup sejumlah cara yang berbeda yang dilakukan orang untuk mengelola lahan (menggunakan berbagai macam alat), dengan berbagai metode dan jenis tanaman yang dibudidayakan untuk berbagai macam kegunaan. Metode, alat, dan tanaman yang ditanam, selalu bergantung pada budaya dan iklim.

Amerika Utara dan Tengah sebelum dijajah

Ada sejumlah praktik hortikultura tradisional yang kita ketahui saat ini: seperti masyarakat adat di Amerika Utara yang belum terjajah menggunakan biochar untuk meningkatkan produktivitas tanah dengan cara membara limbah tanaman- pemukim Eropa menyebut tanah ini sebagai Terra Preta de Indio.Di Amerika Utara, penduduk asli menanam jagung, labu, dan bunga matahari - di antara tanaman lainnya. Budaya Mesoamerika berfokus pada budidaya tanaman dalam skala kecil, seperti milpa atau ladang jagung, di sekitar tempat tinggal mereka atau di petak-petak khusus yang sesekali dikunjungi selama migrasi dari satu daerah ke daerah berikutnya.Di Amerika Tengah, suku Maya melibatkan penambahan hutan dengan pohon-pohon yang berguna seperti pepaya, alpukat, kakao, ceiba, dan sawo. Di ladang, berbagai tanaman seperti kacang-kacangan, labu, labu, dan cabai ditanam. Ahli hortikultura pertama di banyak budaya, sebagian besar atau secara eksklusif adalah perempuan.

Penggunaan historis tanaman dalam hortikultura

Selain nilai obat dan nutrisi yang dimiliki tanaman, tanaman juga ditanam untuk keindahannya, dan untuk mengesankan dan menunjukkan kekuasaan, pengetahuan, status, dan bahkan kekayaan dari mereka yang memegang kendali atas bahan tanaman yang dibudidayakan. Kekuatan simbolis yang dimiliki tanaman ini telah ada bahkan sebelum awal budidaya mereka.

Ada bukti bahwa berbagai kebun yang dikelola oleh suku Aztec bersifat sakral, karena mereka menanam tanaman yang memiliki nilai religius. Tanaman ditanam untuk hubungan metaforis mereka dengan Dewa dan Dewi.Bunga memiliki kekuatan simbolis dalam upacara keagamaan, karena mereka dipersembahkan kepada para Dewa, serta diberikan dalam upacara kepada para pemimpin untuk menunjukkan hubungan mereka dengan para Dewa.

Aspek hortikultura

Perbanyakan

Perbanyakan tanaman dalam hortikultura adalah proses di mana perbanyakan suatu spesies dilakukan, meningkatkan jumlah individu tanaman. Perbanyakan melibatkan metode seksual dan aseksual. Dalam perbanyakan seksual digunakan benih, sedangkan perbanyakan aseksual melibatkan pembagian tanaman, pemisahan umbi, umbi, dan umbi - dengan menggunakan teknik seperti pemotongan, pelapisan, pencangkokan.

Pemilihan tanaman

Ketika memilih tanaman untuk dibudidayakan, seorang ahli hortikultura dapat mempertimbangkan aspek-aspek berdasarkan tujuan penggunaan tanaman dan dapat mencakup morfologi tanaman, kelangkaan, dan kegunaan.Ketika memilih tanaman untuk lanskap, ada pengamatan lokasi yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertimbangan mengenai jenis tanah, suhu/iklim, cahaya, kelembaban, dan tanaman yang sudah ada sebelumnya. Evaluasi lingkungan yang diberikan ini menjadi pertimbangan saat memilih bahan tanaman untuk lokasi tersebut. Pemilihan tanaman mungkin untuk tampilan tahunan, atau mungkin untuk penanaman yang lebih permanen. Karakteristik tanaman seperti tinggi/ukuran dewasa, warna, kebiasaan tumbuh, nilai hias, waktu berbunga, dan potensi invasif merupakan hal yang menentukan proses pemilihan tanaman.

Mengontrol variabel lingkungan atau tumbuh

Faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan tanaman meliputi: suhu, cahaya, air, pH, ketersediaan nutrisi, kejadian cuaca (hujan, salju, hujan es, hujan es dan hujan beku, embun, angin dan embun beku), kelembaban, ketinggian, medan, dan efek iklim mikro.Dalam hortikultura, variabel-variabel lingkungan ini dapat dihindari, dikontrol, atau dimanipulasi di lingkungan pertumbuhan dalam ruangan.

Suhu

Tanaman membutuhkan suhu tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Kontrol suhu dapat dilakukan melalui berbagai metode. Menutupi tanaman dengan plastik dalam bentuk kerucut - yang disebut topi panas, atau terowongan, dapat membantu memanipulasi suhu di sekitarnya. Mulsa juga merupakan metode yang efektif untuk melindungi tanaman di luar ruangan dari embun beku selama musim dingin. Di dalam, metode pencegahan embun beku lainnya termasuk penggunaan mesin angin, pemanas, dan alat penyiram.

Cahaya

Tanaman telah berevolusi untuk membutuhkan jumlah cahaya yang berbeda, dan lamanya siang hari; pertumbuhan dan perkembangannya ditentukan oleh jumlah cahaya/intensitas cahaya yang diterimanya. Kontrol ini dapat dicapai secara artifisial melalui penggunaan lampu neon dalam pengaturan dalam ruangan. Memanipulasi jumlah cahaya juga dapat mengontrol pembungaan. Memperpanjang hari mendorong pembungaan tanaman yang berumur panjang dan mencegah pembungaan tanaman yang berumur pendek.

Air

Metode pengelolaan air melibatkan penggunaan sistem irigasi/drainase, dan mengendalikan kelembaban tanah sesuai kebutuhan spesies. Metode irigasi meliputi irigasi permukaan, irigasi sprinkler, sub-irigasi, dan irigasi tetes. Volume air, tekanan, dan frekuensi diubah untuk mengoptimalkan lingkungan tumbuh. Dalam skala kecil, penyiraman dapat dilakukan secara manual.

Media tanam dan pengelolaan tanah

Pemilihan media tanam dan komponen-komponen pada media membantu mendukung kehidupan tanaman. Di dalam lingkungan rumah kaca, petani dapat memilih untuk menanam tanaman mereka dalam sistem akuaponik di mana tidak ada tanah yang digunakan. Seringkali petani dalam lingkungan rumah kaca akan memilih campuran tanpa tanah yang tidak menyertakan komponen tanah alami. Campuran ini menawarkan keuntungan seperti penyerapan air, kemandulan, dan umumnya sangat tersedia di industri.

Metode pengelolaan tanah sangat luas, tetapi mencakup penggunaan pupuk, rotasi tanaman terencana untuk mencegah degradasi tanah yang terlihat pada monokultur, pemberian pupuk, dan analisis tanah.

Pengendalian dengan menggunakan lingkungan tertutup

Faktor abiotik seperti cuaca, cahaya, dan suhu adalah hal-hal yang dapat dimanipulasi dengan lingkungan tertutup seperti rumah kaca, rumah kaca, konservatori, rumah poli, dan rumah teduh. Bahan-bahan yang digunakan dalam konstruksi bangunan-bangunan ini dipilih berdasarkan iklim, tujuan, dan anggaran.

Rangka dingin menyediakan lingkungan tertutup, dibangun dekat dengan tanah dan dengan bagian atas yang terbuat dari kaca atau plastik. Kaca atau plastik memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam bingkai pada siang hari dan mencegah hilangnya panas yang seharusnya hilang sebagai radiasi gelombang panjang pada malam hari. Hal ini memungkinkan tanaman untuk mulai ditanam sebelum musim tanam dimulai. Rumah kaca/konservatori memiliki fungsi yang serupa, tetapi konstruksinya lebih besar dan dipanaskan dengan sumber energi eksternal. Mereka dapat dibangun dari kaca, meskipun sekarang terutama terbuat dari lembaran plastik. Rumah kaca yang lebih mahal dan modern dapat mencakup kontrol suhu melalui naungan dan kontrol cahaya atau AC serta penyiraman otomatis. Rumah teduh menyediakan naungan untuk membatasi kehilangan air melalui evapotranspirasi.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/