Apa itu Hortikultura? (Definisi, Tanggung Jawab, Keterampilan)

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Juni 2024, 18.41

Sumber: pexels.com

Pertanian dan bisnis mempekerjakan individu yang terampil dalam hortikultura untuk menanam tanaman untuk konsumsi, tujuan pengobatan, dan estetika. Para profesional di bidang ini dapat bekerja di lingkungan komersial dan industri, pertanian dan ilmu pangan. Memahami apa itu hortikultura dan apa saja yang dibutuhkan untuk berkarir di bidang ini dapat membantu Anda menentukan apakah ini adalah pilihan karir yang tepat untuk Anda. Dalam artikel ini, kami menjawab 'Apa itu hortikultura?", mengulas apa yang dilakukan oleh para profesional di bidang ini, mengeksplorasi mengapa Anda harus mempelajarinya, menyoroti kualifikasi yang diperlukan, mengeksplorasi tujuan bidang ini, dan menemukan keterampilan yang bermanfaat untuk peran hortikultura.

Apa itu hortikultura?

Untuk memahami jawaban dari pertanyaan 'Apa itu hortikultura?", ada baiknya Anda memahami apa yang dilakukan oleh para profesional di industri ini. Ahli hortikultura adalah profesional pertanian yang bekerja dengan tanaman, menggunakan metode ilmiah dari botani, biologi, dan fisiologi tanaman untuk menumbuhkan dan menjaga kesehatan tanaman. Anda dapat menggunakan hortikultura dalam pengaturan laboratorium, di mana studi tentang siklus hidup tanaman dapat mengoptimalkan proses pemuliaan dan pemilihan tanaman, atau dalam lansekap, untuk memberi saran tentang pemilihan, penataan, dan perawatan tanaman. Praktik hortikultura biasanya dapat dibagi ke dalam empat bidang, seperti:

1. Pomologi

Pomologi, juga dikenal sebagai ilmu buah, mempelajari pertumbuhan buah dan kacang-kacangan. Cabang hortikultura ini bertujuan untuk melindungi pohon buah dari penyakit dan hama, meningkatkan tingkat pertumbuhan untuk menghasilkan panen yang lebih tinggi dan berkualitas lebih baik. Para profesional di bidang ini sering bekerja dengan petani buah independen atau komersial untuk mempelajari perkecambahan, pembuahan, dan pemangkasan pohon buah dalam berbagai kondisi. Ahli buah juga memahami metode transportasi dan pemrosesan untuk memastikan hasil panen tetap berkualitas.

2. Olerikultur

Sementara pomologi melibatkan pertumbuhan buah-buahan dan kacang-kacangan, olerikultur adalah studi tentang menanam sayuran untuk konsumsi. Karier di bidang olerikultur dapat melibatkan identifikasi dan klasifikasi berbagai kelompok tanaman untuk mengidentifikasi vegetasi yang paling mungkin menghasilkan bagian yang dapat dimakan dengan tingkat tertinggi. Berdasarkan metode ilmiah, petani dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang proses lainnya, termasuk produksi, penyimpanan, pemrosesan, dan pemeliharaan tanaman. Olerikultur juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan teknik pertanian tradisional dan modern, seperti:

  • Pertanian berkelanjutan
  • Pertanian bioteknologi
  • Pertanian organik
  • Pertanian akuaponik
  • Kebun hidroponik

3. Hortikultura hias

Hortikultura hias adalah praktik mendesain dan merawat tanaman yang digunakan untuk menghias bangunan publik dan pribadi, seperti bisnis, rumah, gedung, dan sekolah. Cabang hortikultura ini sering kali bekerja dengan pohon dan tanaman hias, termasuk menanam tanaman di laboratorium, mendesain lanskap untuk lapangan golf dan tempat rekreasi lainnya, serta mengelola rangkaian bunga untuk pajangan. Beberapa orang bahkan terlibat dalam pengembangan metode pertumbuhan baru untuk tanaman dalam kondisi iklim yang berbeda. Jika Anda tertarik untuk menggabungkan studi tentang tanaman dengan desain artistik, hortikultura hias dapat menjadi karier yang menarik

4. Vitikultur

Vitikultur adalah studi tentang anggur, dengan fokus pada pertumbuhan dan produksi untuk membuat anggur. Para profesional yang bekerja di cabang ini berfokus pada produksi dan pengembangan anggur berkualitas dan memastikan tanaman bebas dari jamur dan hama. Vitikultur juga dapat mencakup penanaman anggur untuk digunakan dalam jus anggur, kismis, atau minyak biji anggur. Anggur dapat menjadi tanaman yang sensitif, dan para ahli vitikultur sering kali memiliki pengetahuan tentang cuaca, iklim, dan tanah yang memengaruhi perkembangan, rasa, dan kualitas panen. Para profesional ini sering mempelajari seluruh kebun anggur untuk mengamati berbagai tahap pertumbuhan tanaman sepanjang musim.

Tanggung jawab ahli hortikultura

Memahami peran dan tanggung jawab seorang ahli hortikultura dapat membantu Anda memutuskan apakah ini adalah pilihan karier yang tepat untuk Anda. Menjadi seorang profesional hortikultura dapat memberi Anda berbagai peluang karier, dan lingkungan kerja Anda dapat berbeda sesuai dengan posisi Anda. Misalnya, mereka yang mengajar hortikultura di universitas dapat menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dalam lingkungan kelas, sementara mereka yang bekerja di kebun anggur cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya di luar ruangan. Tanggung jawab dapat berubah sesuai dengan musim, tetapi mereka yang dipekerjakan sebagai ahli hortikultura dapat bekerja sepanjang tahun, beberapa tugas dan tanggung jawab seorang ahli hortikultura dapat mencakup:

  • memberikan konsultasi kepada petani dan penanam mengenai praktik-praktik keberlanjutan
  • memelihara rumput di lapangan olahraga atau lapangan golf
  • memberikan konsultasi tentang teknik irigasi, pengendalian hama, dan pengelolaan gulma
  • menyediakan layanan konsultasi untuk kebun anggur, kilang anggur, dan petani anggur komersial
  • meneliti dan mendapatkan wawasan tentang pemuliaan dan pengembangan varietas anggur baru di bidang akademik
  • memberikan saran kepada petani, tukang kebun, dan pengembang lanskap tentang pemupukan yang aman bagi lingkungan dan teknik pengendalian hama yang baik
  • mengelola ruang perkotaan dan komersial seperti taman kota dan area rekreasi publik
  • membantu dalam budidaya tanaman dan tanaman pangan
  • meneliti dan menciptakan metode untuk meningkatkan hasil panen dan membiakkan varietas baru
  • bekerja sama dengan perusahaan benih untuk memberi saran tentang persiapan, penyimpanan, dan perkecambahan benih
  • memotong dan memangkas rumput dan tanaman
  • memulai pembibitan dan mengelola proses pembibitan hingga tanaman
  • mengawasi staf pertanian dan memberikan instruksi untuk produksi tanaman
  • mengelola inventaris tanaman
  • melakukan tes tanah untuk pH.

Alasan untuk belajar hortikultura

Jika Anda sedang memutuskan spesialisasi universitas, Anda dapat mempertimbangkan alasan-alasan berikut ini untuk mengejar gelar di bidang hortikultura:

  • Menerapkan pembelajaran di kelas ke dalam skenario kehidupan nyata

Mengejar gelar di bidang hortikultura memungkinkan Anda untuk menerapkan pengetahuan Anda di dunia nyata. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang genetika tanaman, Anda dapat bereksperimen di laboratorium untuk menciptakan varietas tanaman baru. Peluang karier lain yang terbuka untuk Anda termasuk menjadi penata taman atau ahli arborist atau mengajar di universitas atau lembaga pendidikan lainnya.

  • Menanam makanan sehat untuk manusia dan hewan

Mempelajari ilmu hortikultura memungkinkan Anda untuk belajar dan mengembangkan makanan sehat untuk dikonsumsi. Ahli hortikultura mungkin sering bekerja dengan perusahaan pertanian untuk membantu mereka meningkatkan teknik budidaya mereka untuk menghasilkan buah dan sayuran. Para profesional ini juga dapat melakukan tes hama dan penyakit untuk membantu petani bereksperimen dengan berbagai varietas tanaman yang lebih tahan terhadap penyakit.

  • Membantu membangun daya tarik estetika pada properti

Properti residensial dan komersial dapat mempekerjakan ahli hortikultura untuk membantu mereka menciptakan estetika yang penuh warna untuk tujuan dekorasi. Taman kota sering kali dapat menggunakan tanaman berbunga untuk membangun tampilan yang ramah. Mengejar gelar di bidang hortikultura dapat memberi Anda keahlian untuk membantu bisnis dan pemilik rumah mengubah tanaman hias dan bunga menjadi daya tarik yang menarik untuk menarik perhatian orang yang lewat.

  • Kualifikasi ahli hortikultura

Anda dapat menjadi ahli hortikultura dengan berlatih di kebun anda dan bereksperimen dengan menanam dan mengelola kesehatan tanaman, buah dan sayuran. Jika Anda ingin menekuni bidang ini sebagai karier, berikut adalah aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan:

  • Pendidikan

Banyak posisi entry-level yang mengharuskan Anda memiliki gelar sarjana untuk memasuki bidang ini. Memilih jurusan hortikultura atau jurusan terkait seperti botani, ilmu lingkungan atau biologi dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk menjadi ahli hortikultura. Gelar ini dapat memakan waktu tiga hingga empat tahun, tergantung pada institusi dan programnya, dan dapat diselesaikan di tempat atau secara online, jika Anda ingin berspesialisasi lebih lanjut, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendapatkan gelar master dalam bidang hortikultura. Gelar master, yang dapat memakan waktu satu hingga dua tahun, dapat memberi Anda pengetahuan yang lebih khusus dan memungkinkan Anda untuk mengajar di kelas atau bekerja dalam penelitian. Mengambil kursus manajemen bisnis atau keuangan juga dapat membantu Anda jika Anda ingin membuka bisnis hortikultura sendiri.

  • Pelatihan

Beberapa pemberi kerja mungkin lebih memilih sejumlah pengalaman di bidangnya. Keahlian yang diperoleh dari posisi paruh waktu, sukarelawan atau magang memungkinkan Anda untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan Anda dalam lingkungan profesional. Pertimbangkan untuk magang di perusahaan lanskap, penanam tanaman komersial, atau pembibitan tanaman untuk mendapatkan pengalaman praktis. Konservasi tanaman, perlindungan lingkungan dan organisasi masyarakat juga dapat bermanfaat bagi Anda dalam mempelajari keterampilan dan pengetahuan baru.

Tujuan hortikultura

Ilmu budidaya tanaman dapat memiliki banyak tujuan, termasuk:

  • meningkatkan produksi dan kualitas buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah
  • mengembangkan pembibitan untuk sektor swasta dan publik
  • meneliti cara-cara baru untuk pertanian berkelanjutan
  • memastikan kesehatan tanah yang baik untuk tanaman
  • melatih petani dalam teknologi terkini
  • membantu menumbuhkan tanaman untuk tujuan pengobatan
  • mendapatkan cara-cara baru untuk menghasilkan florikultura dengan hasil tinggi dan bebas penyakit.

Keterampilan seorang ahli hortikultura

Ahli hortikultura memiliki banyak keterampilan, termasuk:

  • Kolaborasi

Para profesional hortikultura cenderung bekerja dalam tim atau dengan profesional lain seperti petani, penata taman, atau spesialis pertanian lainnya. Kolaborasi dapat mendorong mereka yang bekerja dalam tim Anda untuk bekerja menuju satu tujuan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Jika ahli hortikultura bekerja secara langsung dengan klien dan tim penjualan, keterampilan interpersonal mungkin diperlukan untuk mengkomunikasikan informasi tentang praktik pertumbuhan tanaman atau hasil panen.

  • Keterampilan analitis

Ahli hortikultura mungkin bekerja dengan data yang terkait dengan tanaman. Dalam karier ini, Anda mungkin juga mengetahui tentang cuaca, kondisi tanah, kondisi kelembaban, kebutuhan sinar matahari, dan detail relevan lainnya yang mempengaruhi tanaman. Ahli hortikultura biasanya menggunakan komputer untuk mengumpulkan informasi, sehingga akan sangat bermanfaat bagi para profesional ini untuk memiliki pengetahuan tentang perangkat lunak khusus yang digunakan. Selain itu, mengikuti perkembangan perangkat lunak teknologi terbaru dapat membantu Anda mengurangi biaya dan meningkatkan kualitas produk Anda.

  • Berpikir kritis

Seringkali, ahli hortikultura diharuskan untuk menyelesaikan masalah dengan tanaman, sehingga memiliki pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah dapat membantu Anda dalam memberikan pendapat yang terinformasi dengan baik dalam jawaban Anda. Para profesional ini sering kali dapat memberikan konsultasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan tanaman untuk petani dan profesional pertanian. Para profesional ini akan sangat terbantu dengan mengetahui cara mengidentifikasi masalah tanaman seperti penyakit atau kekeringan dan cara mengatasinya.

Disadur dari: https://au.indeed.com/