Arsitek vs Insinyur: Apa Manfaat Gelar Teknik Dibanding Gelar Arsitektur?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

06 Mei 2024, 06.52

Sumber: pexels.com

Jika Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara arsitektur dan teknik, Anda berada di tempat yang tepat. Di bawah ini, kami akan membahas perbedaan pendidikan dan karier seorang arsitek vs insinyur. Kami juga akan menyoroti manfaat memilih jalur karier di bidang teknik.

Gambaran umum tentang Teknik vs Arsitektur

Baik teknik dan arsitektur berkaitan dengan desain. Namun, perbedaan antara arsitektur dan teknik - dalam hal area fokus, persyaratan pendidikan, dan peluang kerja - membedakan peran terkait ini sebagai dua profesi yang berbeda.

Kesamaan yang dimiliki Teknik dan Arsitektur

Sebelum kita membahas perbedaan insinyur vs arsitek, kita harus membahas cara-cara di mana peran pekerjaan ini serupa. Arsitektur dan teknik adalah dua pekerjaan yang berbeda dengan banyak tumpang tindih.

Baik arsitek maupun insinyur dapat menyelesaikan beberapa tugas pekerjaan yang sama, terutama desain bangunan dan struktur. Selama fase pra-konstruksi proyek dan bahkan setelah konstruksi dimulai, pekerjaan insinyur atau arsitek yang terlibat dalam proyek ini sangat penting untuk menyelesaikan bangunan.

Beberapa tugas pekerjaan yang mungkin Anda lakukan - terlepas dari apakah Anda memilih untuk menjadi insinyur atau arsitek - termasuk yang berikut ini: 

  • Mengembangkan desain sesuai dengan kode bangunan, fungsionalitas, prosedur keselamatan, dan ekspektasi estetika
  • Menggunakan perangkat lunak desain berbantuan komputer untuk menghasilkan gambar dan model proyek infrastruktur bangunan
  • Membuat estimasi biaya berdasarkan pengetahuan dunia nyata tentang proses konstruksi, standar bangunan, dan bahan yang tersedia
  • Memantau kemajuan proyek dengan mengunjungi lokasi konstruksi
  • Tumpang tindih ini tidak hanya berlaku pada tugas-tugas pekerjaan. Ada juga tumpang tindih dalam keahlian yang dibutuhkan oleh arsitek dan insinyur yang terlibat dalam proses konstruksi bangunan. 

Sebagai contoh, baik arsitek maupun insinyur membutuhkan keterampilan komputer - khususnya, keterampilan desain komputer. Selain keterampilan komputer, insinyur dan arsitek juga membutuhkan keterampilan dalam manajemen proyek konstruksi. Keterampilan berpikir kritis yang kuat juga penting.
Insinyur dan arsitek juga membutuhkan pengetahuan tentang hal-hal berikut:

  • Kode bangunan
  • Rencana konstruksi
  • Kontrak konstruksi
  • Peraturan keselamatan

Baik insinyur maupun arsitek harus mengembangkan keterampilan langsung untuk praktik profesional. Untuk melakukannya, diperlukan pengalaman praktis dalam meneliti kode bangunan, menggunakan perangkat lunak desain berbantuan komputer, dan menghabiskan waktu di lokasi konstruksi.

Mahasiswa teknik mencapai pengembangan keterampilan ini melalui pengalaman belajar berikut ini:

  • Proyek-proyek langsung di studio desain
  • Magang
  • Kerja sama
  • Klinik
  • Kompetisi
  • Proyek-proyek akhir

Mahasiswa arsitektur mempelajari keterampilan praktis melalui kursus studio dan kelas serta instruksi berbasis proyek. Melalui pengalaman belajar inilah mahasiswa membangun portofolio desain mereka. Magang adalah bagian dari persiapan untuk mendapatkan lisensi arsitek. Magang ini biasanya dilakukan setelah kelulusan.

Insinyur seperti apa yang berbagi tugas dengan Arsitek?

Terlepas dari bidang-bidang yang sama ini, ada banyak perbedaan antara kedua program gelar dan pekerjaan ini. Salah satu perbedaan utama adalah bahwa bidang arsitektur lebih terfokus pada desain bangunan daripada bidang teknik.

Arsitektur secara khusus berkaitan dengan desain bangunan dan struktur.

Teknik berlaku untuk desain solusi untuk semua jenis masalah dan situasi dunia nyata. Perbedaan ini berarti bahwa semua arsitek mendesain bangunan, tetapi tidak semua insinyur melakukannya.

Rekayasa mencakup berbagai disiplin ilmu dan aplikasi. Banyak dari aplikasi ini tidak ada hubungannya dengan desain struktur bangunan. Sebagai contoh, beberapa jenis insinyur dapat mengembangkan perangkat, proses, dan sistem seperti berikut ini:

  • Perangkat keras atau perangkat lunak komputer
  • Perangkat mekanis
  • Senyawa kimia
  • Intervensi biomedis

Seorang insinyur dapat mengubah fokus profesional mereka dan bahkan disiplin ilmu tempat mereka bekerja selama karier mereka. Namun, mendesain bangunan bukanlah bagian dari deskripsi pekerjaan bagi sebagian besar insinyur. Insinyur mesin tidak mendesain bangunan, begitu juga dengan insinyur listrik atau kimia. Disiplin ilmu teknik yang paling memungkinkan untuk mengembangkan desain dan rencana konstruksi bangunan adalah teknik sipil.

Insinyur yang merancang dan mengembangkan bangunan dan proyek infrastruktur lainnya sering kali memiliki jabatan seperti:

  • Insinyur sipil
  • Insinyur struktural
  • Insinyur konstruksi

Bahkan bidang teknik sipil tidak hanya terfokus pada desain bangunan seperti halnya arsitektur.

Teknik sipil mencakup semua jenis proyek infrastruktur, termasuk:

  • Desain bangunan industri
  • Desain bangunan tempat tinggal
  • Desain jembatan
  • Desain jalan dan jalan raya
  • Desain bandara

Proyek sumber daya air, termasuk fasilitas pengolahan air limbah dan sistem air
Solusi lingkungan
Karena bidang teknik sipil sangat luas, banyak insinyur sipil yang lebih suka menggunakan gelar yang lebih khusus. Insinyur struktur dan insinyur konstruksi adalah jenis insinyur sipil. Mereka fokus pada desain, pengembangan dan konstruksi struktur bangunan. Hal ini membuat mereka menjadi jenis insinyur yang paling dekat hubungannya dengan arsitek. 

Perbedaan Arsitek vs Insinyur

Apa itu arsitektur? Arsitektur adalah desain artistik dari struktur bangunan.

Meskipun menguasai teknik adalah bagian penting dari kesuksesan dalam arsitektur, ini adalah disiplin yang berfokus pada seni. Prinsip-prinsip desain estetika memandu pekerjaan seorang arsitek.

Desain teknik, di sisi lain, didasarkan pada prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan matematika tingkat lanjut.

Tujuan mendesain semua bangunan dan struktur adalah untuk menyeimbangkan fungsi dan estetika. Hal ini berlaku untuk insinyur dan arsitek. Namun, insinyur lebih menekankan pada fungsi. Insinyur mendasarkan desain pada konsep, praktik, dan perhitungan matematika dan sains untuk memecahkan masalah. Arsitektur adalah desain bangunan yang lebih erat kaitannya dengan prinsip-prinsip desain artistik.

Pekerjaan sehari-hari dan pekerjaan besar yang terlibat dalam kedua profesi ini mencerminkan perbedaan antara teknik dan arsitektur. Anda juga dapat melihat perbedaan antara peran insinyur dan arsitek ketika Anda melihat kurikulum kedua disiplin ilmu teknik sipil dan arsitektur. Fokus Insinyur pada Matematika dan Sains Dibanding Desain Artistik. Baik insinyur maupun arsitek adalah desainer. Namun, insinyur sipil dan arsitek mendekati bidang ini dari perspektif yang berbeda.

Arsitek berasal dari latar belakang desain artistik. Itulah mengapa arsitek lebih fokus pada tampilan desain bangunan daripada insinyur sipil. Arsitek menyelesaikan mata kuliah seperti matematika, konstruksi, struktur, dan fisika. Namun, sebagian besar kurikulum mahasiswa arsitektur bersifat artistik.

Contoh mata kuliah yang berfokus pada artistik untuk arsitek adalah sebagai berikut:

  • Pengantar Desain dan Media Digital
  • Mode Komunikasi Desain
  • Pengantar Desain
  • Studio Desain Arsitektur

Insinyur sipil juga membutuhkan kreativitas, tetapi tidak harus dalam arti artistik atau estetika. Sebaliknya, para insinyur menggunakan pikiran kreatif mereka - bersama dengan pengetahuan mereka tentang sains dan matematika - untuk mengembangkan solusi terhadap tantangan kehidupan nyata. Insinyur sipil yang berkaitan dengan proses pembangunan dan konstruksi, seperti insinyur struktur dan insinyur konstruksi, memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengembangan rencana bangunan.

Karena mereka menggunakan prinsip-prinsip sains dan matematika untuk memandu rencana mereka, calon insinyur sipil perlu mengambil banyak mata kuliah dalam mata pelajaran ini. Setidaknya seperempat dari kurikulum perguruan tinggi sarjana insinyur sipil adalah mata kuliah sains dan matematika.

Mahasiswa jurusan teknik mengambil mata kuliah prinsip-prinsip teknik umum yang berlaku di berbagai disiplin ilmu teknik, seperti teknik mesin, sipil, kimia dan listrik. Mereka juga mengambil banyak mata kuliah khusus dalam disiplin ilmu teknik yang mereka pilih. Untuk insinyur sipil, tentu saja, ini berarti mata kuliah khusus untuk disiplin teknik sipil.

Karena cabang teknik yang paling dekat hubungannya dengan arsitektur adalah teknik sipil, kita akan mempelajari lebih dalam tentang kurikulum teknik sipil. Melalui kurikulum yang luas ini, calon insinyur sipil mempelajari prinsip-prinsip dan keterampilan untuk aplikasi seperti desain jalan raya, teknik transportasi, dan proses konstruksi.

Untuk jurusan teknik sipil, mata kuliah yang umum meliputi yang berikut ini:

  • Sistem teknik sipil
  • Sistem transportasi
  • Analisis struktural
  • Teknik lingkungan
  • Teknik geoteknik
  • Teknik hidrolik

Sifat-sifat dan perilaku material teknik

Mekanika dasar fluida adalah contoh mata kuliah yang lebih umum yang sangat penting bagi para insinyur sipil. Probabilitas dan statistik untuk insinyur sipil adalah contoh lainnya. Dengan mempelajari metode komputer yang digunakan dalam teknik sipil, para calon insinyur sipil mengembangkan keterampilan komputer mereka dalam desain bangunan. Ini termasuk penggunaan perangkat lunak desain berbantuan komputer (CAD). Banyak program teknik sipil juga mencakup bidang-bidang seperti komunikasi teknik. Kursus-kursus tentang praktik profesional di bidang teknik juga dapat menjadi bagian dari kurikulum.

Jumlah pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi Arsitek vs Insinyur

Untuk insinyur sipil dan arsitek, tingkat pendidikan minimum yang diperlukan adalah gelar sarjana. Gelar di bidang teknik sipil dan arsitektur juga ada di tingkat master dan seterusnya. Gelar sarjana di bidang arsitektur atau teknik sipil dapat membantu para profesional yang sudah mapan untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang lebih tinggi atau membantu para perubah karier untuk memulai pekerjaan baru.

Meskipun gelar sarjana diperlukan untuk arsitek dan insinyur sipil, seorang arsitek membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan gelar ini. Gelar sarjana biasanya disebut gelar empat tahun, sehingga gagasan bahwa satu gelar sarjana membutuhkan waktu lebih lama dari yang lain mungkin terdengar aneh.

Seperti kebanyakan program gelar sarjana, gelar sarjana di bidang teknik biasanya membutuhkan sekitar 120 jam kredit kuliah. Itu berarti empat tahun studi paruh waktu. Beberapa program mungkin membutuhkan waktu lebih lama, terutama jika mereka menggabungkan pengalaman kerja bersama untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung.

Namun, Bachelor of Architecture (BArch) adalah program khusus yang dirancang untuk diselesaikan dalam waktu lima tahun studi penuh waktu. Alih-alih gelar akademis, BArch adalah gelar profesional.

Banyak arsitek lebih suka memilih program gelar yang diakreditasi oleh Badan Akreditasi Arsitektur Nasional. Alasan mengapa akreditasi sangat penting dalam bidang arsitektur adalah karena, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, sebagian besar negara bagian di AS mengharuskan penyelesaian program terakreditasi untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi.

Program gelar sarjana arsitektur yang terakreditasi harus mencakup setidaknya 150 kredit kuliah. Itu jauh lebih banyak daripada 120 kredit yang biasanya harus diselesaikan oleh para insinyur. Di beberapa sekolah, program Sarjana Arsitektur mencakup 160 atau bahkan 170 kredit.

Tentu saja, ini berarti bahwa mahasiswa arsitektur harus berharap untuk menyelesaikan studi mereka lebih lama. Mahasiswa jurusan arsitektur sering kali mengambil mata kuliah pengantar arsitektur atau pra-arsitektur sejak tahun pertama kuliah. Mahasiswa dalam program Sarjana Arsitektur dapat menyelesaikan kelas inti profesional mereka selama tahun kedua hingga keempat. Mereka kemudian akan menghabiskan tahun kelima studi mereka terutama untuk mengerjakan proyek desain capstone.

Persyaratan lisensi untuk pekerjaan di bidang Teknik vs Arsitektur

Salah satu perbedaan terbesar antara arsitek dan insinyur adalah apakah lisensi diperlukan atau tidak, terutama untuk pekerjaan tingkat pemula.

Secara umum, para insinyur dapat mengejar lisensi. Namun, mereka tidak memerlukannya untuk mendapatkan pekerjaan tingkat pemula di bidang teknik sipil.

Arsitek harus memiliki lisensi. Tanpa lisensi, lulusan program Sarjana Arsitektur hanya memenuhi syarat untuk peran magang di perusahaan arsitektur.

Persyaratan lisensi untuk insinyur sipil

Insinyur sipil adalah salah satu jenis insinyur yang lebih cenderung mengejar lisensi. Namun, para insinyur biasanya mengejar lisensi Insinyur Profesional (PE) di akhir karir mereka.

Anda tidak perlu menjadi insinyur berlisensi hanya untuk mulai mengerjakan desain bangunan dan proyek infrastruktur lainnya. Umumnya, BLS melaporkan, insinyur perlu memiliki lisensi ketika mereka akan menjadi orang yang menyetujui rencana dan menandatangani proyek, atau jika mereka ingin bekerja dalam manajemen teknik yang mengawasi pekerjaan insinyur lain. Anda mungkin juga memerlukan lisensi PE jika Anda berencana untuk memberikan layanan teknik Anda secara langsung kepada publik, demikian dilaporkan BLS.

Di sebagian besar negara bagian, insinyur sipil yang mencari lisensi harus memiliki gelar dari program terakreditasi, pengalaman kerja, dan nilai kelulusan pada dua ujian lisensi. Para pelamar mengikuti ujian Fundamentals of Engineering (FE) terlebih dahulu - terkadang tak lama setelah lulus kuliah. Hanya setelah mereka memiliki pengalaman kerja yang diperlukan untuk mendapatkan lisensi, mereka mengambil ujian kedua, yang dikenal sebagai ujian Prinsip dan Praktik Teknik.

Persyaratan lisensi arsitek

Selain gelar Sarjana Arsitektur - lebih disukai dari program yang terakreditasi - arsitek harus menyelesaikan magang berbayar selama tiga tahun sebelum mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi. Umumnya, arsitek baru menemukan kesempatan magang dengan perusahaan arsitektur yang sudah mapan melalui Program Pengalaman Arsitektur (AXP) Dewan Pendaftaran Arsitektur Nasional (NCARB). Dalam beberapa kasus, BLS melaporkan, waktu yang dicurahkan untuk magang selama kuliah juga dapat diperhitungkan dalam persyaratan pelatihan ini. Peserta magang arsitektur tidak hanya mengambil kopi atau menangani tugas-tugas administratif. Selama pelatihan, mereka membantu pekerjaan arsitektural yang substantif, seperti menyiapkan gambar dan dokumen arsitektural dan meneliti kode bangunan. Mereka melakukan pekerjaan ini di bawah bimbingan seorang arsitek berlisensi.

Setelah menyelesaikan magang mereka, arsitek baru harus lulus Ujian Registrasi Arsitek untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan lisensi. Persyaratan lisensi negara bagian berbeda-beda. Beberapa negara bagian mungkin memberlakukan persyaratan tambahan. Untuk arsitek berlisensi, mempertahankan lisensi profesional dengan reputasi yang baik biasanya membutuhkan kursus atau lokakarya pendidikan berkelanjutan.

Haruskah Saya menjadi Arsitek atau Insinyur?

Perbedaan utama antara arsitek dan insinyur ini berarti bahwa satu jurusan cenderung lebih menarik bagi siswa daripada yang lain.

Jika kurikulum teknik yang penuh dengan matematika dan sains lebih sesuai dengan kekuatan dan minat Anda, ada baiknya mempertimbangkan manfaat memilih teknik daripada arsitektur. Manfaat ini termasuk tingkat gaji yang lebih baik, persiapan karir yang lebih cepat, penekanan pada sains dan matematika dibandingkan dengan desain estetika, dan peluang karir yang lebih beragam setelah lulus.

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memilih arsitektur atau teknik? Mungkin ada baiknya Anda mengetahui bahwa arsitek dan insinyur, secara obyektif, adalah pekerjaan yang bagus. Haruskah Anda belajar atau bekerja di bidang arsitektur vs teknik? Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Ini hanya masalah preferensi, kekuatan, dan prioritas pribadi Anda.

Untuk kedua karir tersebut, Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (BLS) melaporkan gaji rata-rata yang menggandakan upah rata-rata untuk semua pekerjaan pada tahun 2020. U.S. News & World Report menempatkan arsitek dan insinyur sipil di antara pekerjaan teknik terbaik, meskipun insinyur sipil berada di peringkat yang lebih tinggi di antara pekerjaan insinyur dan terdaftar sebagai salah satu pekerjaan terbaik secara keseluruhan.

Selain itu, meskipun kedua pekerjaan tersebut memiliki tekanan, tekanan yang paling signifikan - memastikan bahwa bangunan dan struktur aman - konsisten di seluruh pekerjaan ini.

Namun, ada perbedaan penting antara peran pekerjaan ini dan pelatihan serta pendidikan yang diperlukan untuk mendapatkannya. Faktor-faktor pembeda yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih jalur karier arsitek dan insinyur meliputi:

  • Penekanan pada sains dan matematika vs. seni
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar
  • Berbagai peluang karier potensial yang tersedia untuk Anda

Bukan berarti teknik sipil adalah karier yang lebih baik daripada arsitek. Bagi orang-orang yang menyukai sisi artistik dari desain bangunan, pendidikan dan jalur karier yang lebih terfokus dan penekanan pada seni dan estetika adalah keuntungan, bukan kerugian. Harus menghabiskan satu tahun ekstra di sekolah dan mengejar lisensi di awal karir Anda adalah kelemahan kecil. Namun, banyak arsitek yang merasa bahwa hambatan untuk memenuhi persyaratan ini sangat berharga.

Waktu yang lebih singkat bagi insinyur untuk memperoleh gelar sarjana

Jika Anda terburu-buru untuk menyelesaikan pendidikan Anda dan memulai karir Anda, waktu yang lebih singkat untuk menyelesaikan gelar sarjana adalah poin yang mendukung teknik. Baik arsitek maupun insinyur umumnya harus memiliki gelar sarjana untuk mulai bekerja di lapangan. Namun, tahun studi tambahan yang diperlukan untuk gelar Sarjana Arsitektur dapat mendorong siswa yang ragu-ragu untuk memilih pekerjaan teknik sipil.

Lulus dari program teknik sipil dalam waktu empat tahun bukanlah hal yang mudah. Bukan hal yang aneh jika mahasiswa yang mengejar gelar sarjana di bidang apa pun membutuhkan waktu lebih dari empat tahun.

Rata-rata program gelar sarjana teknik sipil dapat diselesaikan dalam empat tahun studi penuh waktu. Namun, beberapa program gelar teknik sipil mungkin memerlukan lebih dari 120 jam kredit yang merupakan jumlah kredit minimum untuk gelar sarjana.

Anda mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan gelar ini jika Anda kesulitan dengan beberapa mata kuliah yang menantang atau berganti jurusan selama masa studi Anda. Tentu saja, mahasiswa yang mengejar gelar mereka secara paruh waktu akan berada di sekolah lebih lama. Mahasiswa teknik sipil yang memanfaatkan peluang pengalaman kerja bersama mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk lulus.

Karena mahasiswa teknik menyelesaikan persyaratan gelar sarjana mereka dalam waktu yang lebih singkat daripada mahasiswa arsitektur, mereka menikmati manfaat tertentu. Mereka dapat menghemat biaya kuliah dan masuk ke dunia kerja lebih cepat.

Ingat juga, bahwa insinyur dapat memasuki karir mereka lebih cepat daripada arsitek. Meskipun magang pasca sarjana diperlukan di antara para insinyur yang mengejar lisensi, tidak semua insinyur sipil harus memiliki lisensi. Lulusan baru sering kali langsung masuk ke peran insinyur tingkat pemula. Sementara itu, arsitek baru masih akan berusaha menyelesaikan masa magang tiga tahun mereka. Meskipun peran magang di firma arsitektur yang diatur melalui Program Pengalaman Arsitektur ini dibayar, ini tidak sama dengan terjun langsung ke dalam karir Anda. Di akhir masa magang ini, calon arsitek masih harus mengikuti Ujian Registrasi Arsitek untuk mendapatkan lisensi.

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan ke sekolah pascasarjana untuk jurusan teknik atau arsitektur, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah. O*NET melaporkan bahwa persyaratan untuk mendapatkan gelar master lebih umum di kalangan arsitek. Di antara para ahli industri yang disurvei, 24 persen responden merasa bahwa gelar master diperlukan untuk arsitek. Di antara para insinyur sipil, hanya 10 persen responden yang menyatakan bahwa karyawan baru harus memiliki gelar master.

Peluang karier insinyur yang lebih luas

Umumnya, arsitek mendesain struktur bangunan untuk perumahan atau komersial. Insinyur mungkin merancang struktur bangunan, tetapi mereka juga merancang banyak hal lainnya.

Pekerjaan insinyur meliputi:

  • Mesin
  • Mobil
  • Senyawa kimia
  • Bahan-bahan manufaktur
  • Perangkat listrik dan elektronik
  • Terobosan medis

Gelar teknik yang berbeda mengarah ke jalur karier yang berbeda pula. Namun, luasnya pilihan berarti bahwa karier di bidang teknik akan menarik bahkan bagi siswa yang tidak bermimpi untuk merancang bangunan. Apa pun disiplin ilmu teknik yang Anda pilih, memiliki latar belakang di bidang teknik akan memberikan dasar yang serbaguna bagi mereka yang ingin memecahkan masalah untuk mencari nafkah. Bahkan jika Anda memutuskan untuk mengejar disiplin ilmu yang berbeda, Anda dapat memanfaatkan fondasi dalam teknik sipil ini untuk melanjutkan pendidikan lebih lanjut dan bekerja di bidang teknik apa pun.

Misalkan Anda akhirnya memutuskan bahwa desain bangunan bukan untuk Anda. Jika Anda bersekolah di jurusan arsitektur, Anda mungkin kurang beruntung. Gelar Sarjana Arsitektur Anda mungkin tidak relevan di banyak bidang lain. Di sisi lain, masih banyak yang dapat Anda lakukan dengan gelar sarjana teknik sipil.

Anda dapat menggunakan gelar teknik sipil untuk mengembangkan aspal yang digunakan untuk membuat jalan. Insinyur sipil juga merancang sistem transportasi seperti kereta api. Atau Anda dapat mengembangkan sistem dan fasilitas untuk solusi lingkungan seperti pengolahan air dan pengelolaan limbah.

Mahasiswa dalam program gelar sarjana teknik mengambil mata kuliah dasar-dasar teknik umum. Mereka juga menyelesaikan mata kuliah khusus untuk teknik sipil. Latar belakang ini memungkinkan mereka untuk dengan mudah mengubah karir teknik mereka ke disiplin ilmu lain. Yang diperlukan hanyalah kombinasi yang tepat antara pendidikan dan pengalaman.
Pekerjaan yang dilakukan insinyur juga dapat memuaskan dalam banyak hal lainnya. Insinyur memecahkan masalah penting seperti mengobati penyakit serius, mengembangkan metode untuk memurnikan air minum yang tidak aman di lokasi terpencil, dan meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat.

Pekerjaan arsitek vs insinyur

Pekerjaan arsitek jauh lebih kecil daripada pekerjaan insinyur secara keseluruhan - atau bahkan pekerjaan insinyur sipil secara lebih spesifik.

BLS melaporkan bahwa ada 125.500 arsitek yang bekerja di Amerika Serikat pada tahun 2021. Sebagai perbandingan, BLS melaporkan tenaga kerja insinyur sipil sebanyak 125.500 orang, dan jumlah total insinyur yang dilaporkan oleh BLS lebih dari 1,67 juta.

Industri arsitektur, teknik, dan layanan terkait adalah pemberi kerja utama arsitek, yang mempekerjakan 70% tenaga kerja pada tahun 2021. BLS melaporkan bahwa wiraswasta adalah situasi pekerjaan paling umum berikutnya untuk arsitek, yang merupakan 17% dari karir di bidang ini. Entitas pemerintah dan industri konstruksi masing-masing mempekerjakan 3% arsitek pada tahun 2020.

Di antara para insinyur sipil, hampir separuh dari profesi ini bekerja untuk industri jasa teknik. Pemerintah negara bagian mempekerjakan 11% insinyur sipil pada tahun 2021. Pemerintah daerah mempekerjakan 10% dari pekerjaan ini. Sebanyak 6% profesi lainnya bekerja di industri konstruksi bangunan non-hunian. Pemerintah federal mempekerjakan 3% insinyur sipil.

Prospek pekerjaan agak lebih baik untuk insinyur sipil daripada arsitek pada tahun 2021. BLS memperkirakan pekerjaan untuk insinyur sipil akan meningkat 7% antara 2021 dan 2031. Proyeksi ini melebihi tingkat pertumbuhan pekerjaan yang diharapkan di semua pekerjaan dan akan menghasilkan 22.100 peluang kerja baru. Untuk arsitek, BLS memproyeksikan tingkat pertumbuhan yang lebih lambat dari rata-rata, yaitu 3%. Tingkat pertumbuhan tersebut akan menghasilkan 3.300 pekerjaan baru selama satu dekade.

Gaji arsitek vs gaji insinyur

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah perbedaan potensi penghasilan antara arsitek dan insinyur. Dalam hal gaji arsitek vs insinyur, insinyur cenderung menghasilkan lebih banyak uang.

Baik arsitek dan insinyur memiliki potensi penghasilan yang cukup besar. Namun, secara umum, gelar insinyur memiliki gaji yang lebih tinggi daripada gelar arsitektur.

Gaji rata-rata untuk insinyur di semua disiplin ilmu pada tahun 2021 adalah $ 99.040, BLS melaporkan. Insinyur dengan gaji tertinggi, insinyur perminyakan, mendapatkan upah rata-rata sebesar $ 130.850 pada tahun 2021. Insinyur dengan bayaran terendah, insinyur pertanian, memperoleh gaji rata-rata $82.640.

Insinyur sipil memperoleh gaji tahunan rata-rata $88.050. Gaji ini sedikit di bawah gaji rata-rata insinyur. Namun, gaji ini masih ribuan dolar di atas gaji arsitek.

Untuk arsitek, gaji rata-rata adalah $80,180 pada tahun 2021. Gaji jauh lebih tinggi untuk arsitek yang bekerja untuk pemerintah. Pada tahun 2021, gaji rata-rata untuk arsitek pemerintah adalah $99,330.

Arsitek yang menjabat sebagai kepala perusahaan mereka sendiri atau mitra di firma arsitektur yang sudah mapan dapat menghasilkan lebih banyak uang. Para arsitek tingkat tinggi ini terkadang bisa mendapatkan hingga $100.000 atau bahkan $200.000 per tahun.

Namun, wiraswasta juga memiliki risiko. Sebuah firma harus sukses untuk mencapai penghasilan yang menguntungkan ini. Untuk naik ke peran mitra di sebuah firma, Anda membutuhkan banyak pengalaman.

Dapatkah Anda menjadi arsitek dengan gelar teknik?

Bayangkan Anda memulai kuliah di jurusan teknik, namun kemudian memutuskan bahwa arsitektur lebih cocok untuk Anda. Anda dapat melakukan transisi ke karir arsitek. Anda harus menjalani lebih banyak pendidikan.
Latar belakang Anda di bidang teknik, terutama teknik sipil, sangat berharga. Ini membantu Anda memahami sisi sains dan matematika dari desain bangunan. Namun, program studi ini tidak mencakup prinsip-prinsip desain atau keterampilan teknis yang berkaitan dengan arsitektur.

Sebagai seorang insinyur, Anda sudah memiliki gelar sarjana. Pilihan terbaik Anda sebagai insinyur yang menjadi arsitek adalah mengejar gelar profesional yang disebut Master of Architecture (MArch).

Beberapa gelar MArch diperuntukkan bagi arsitek mapan yang ingin memajukan karier mereka. Ada juga yang diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi di bidang lain yang ingin berganti karier. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa MArch untuk mencermati persyaratan dan hasil dari program ini.

Program MArch dapat memakan waktu satu hingga lima tahun, BLS melaporkan. Mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang sarjana dalam bidang arsitektur harus mengharapkan program gelar master mereka akan lebih lama. Seringkali, gelar Master of Architecture untuk para pengubah karir membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat tahun untuk menyelesaikannya.

Teknik arsitektur vs Arsitektur

Bagaimana dengan bidang teknik arsitektur? Perbedaan utama antara arsitektur vs teknik arsitektur adalah bahwa teknik arsitektur termasuk dalam bidang teknik. Faktanya, teknik arsitektur adalah salah satu subbidang yang lebih baru dari teknik sipil. Terlepas dari kesamaan nama, yang membedakan peran arsitek vs insinyur arsitektur adalah bahwa insinyur arsitektur dilatih dalam prinsip-prinsip dan metode teknik. Mereka berfokus terutama pada sistem teknik - seperti struktur bangunan - yang merupakan bagian penting dari proyek arsitektur.

Disadur dari: https://www.degreequery.com/