Apa Perbedaan antara Hortikultura dan Pertanian?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

30 Juni 2024, 19.02

Sumber: pexels.com

Bertani selalu menjadi bagian penting dari kehidupan kita sejak dahulu kala. Namun, seiring dengan kemajuan masyarakat, begitu pula cara bertani. Dan di zaman modern ini, pertanian telah dibagi menjadi banyak cabang, dan setiap cabang merupakan studi yang sangat luas.

Pertanian adalah istilah umum yang terkait dengan pertanian yang mungkin pernah didengar oleh hampir semua orang. Namun, hortikultura adalah istilah lain yang banyak muncul dalam beberapa tahun terakhir. Dan banyak orang menggunakannya secara bergantian tanpa memahami perbedaannya.

Itulah yang ingin kami bedakan dengan bantuan blog ini. Kami juga tidak hanya akan membahas perbedaannya, tetapi juga akan menjelaskan kesamaannya.

Perbedaan antara Pertanian dan Hortikultura

Pertanian adalah ilmu yang melibatkan praktik-praktik pertanian seperti budidaya tanaman, pemeliharaan hewan, dll. Hal ini juga yang menyebabkan perkembangan masyarakat manusia secara keseluruhan. Di sisi lain, hortikultura adalah ilmu serupa yang berfokus pada budidaya tanaman pangan dan tanaman dengan menggunakan teknik khusus.

Ada banyak faktor yang membedakan pertanian dan hortikultura, dan kami akan membahasnya secara mendetail.

1. Skala

Satu perbedaan utama antara pertanian dan hortikultura adalah skalanya. Pertanian dilakukan dalam skala yang jauh lebih luas. Pertanian melibatkan penggunaan lahan yang luas dan memenuhi kebutuhan ekonomi yang lengkap dengan produksi skala besar.

Pertanian juga merupakan sumber pekerjaan dan sumber daya seperti obat-obatan, bahan baku, dll. Di sisi lain, hortikultura dilakukan dalam skala yang lebih kecil dan dapat bersifat komersial. Banyak orang juga menyebutnya sebagai subdivisi dari pertanian.

2. Hasil

Perbedaan lain antara keduanya adalah hasil produksinya, yang cukup jelas. Semakin besar skala produksinya, semakin banyak hasilnya. Itulah yang terjadi di pertanian. Sebagai perbandingan, hortikultura lebih berfokus pada peningkatan kualitas produk dan keberlanjutan. Itulah mengapa hasil produksi hortikultura jauh lebih rendah, bahkan dalam skala komersial.

3. Anggaran dan sumber daya

Kebutuhan sumber daya dan anggaran di bidang pertanian sangat tinggi dibandingkan dengan hortikultura. Namun, hortikultura akan mengalahkan pertanian jika kita melihat pengeluaran per unit untuk sumber daya. Hal ini karena hortikultura memanfaatkan teknologi dan sumber daya terbaru. Dan dengan demikian, kebutuhan per unit lebih tinggi. Namun, ini adalah skenario kasus yang jarang terjadi.

4. Pekerjaan Vs. Hobi

Karena pertanian adalah sumber lapangan kerja dan penting dari sudut pandang ekonomi, maka pertanian menjadi pilihan untuk pekerjaan. Dan itu tidak sama dengan hortikultura. Banyak orang memilih hortikultura hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang dan bukan sebagai pekerjaan utama. Hal ini tidak berarti bahwa hortikultura tidak dapat menjadi pekerjaan tetapi bukan merupakan pilihan bagi sebagian besar orang.

5. Kegiatan yang terlibat

Kegiatan yang terlibat dalam pertanian adalah sebagai berikut:

  • Irigasi
  • Budidaya tanaman
  • Pemeliharaan
  • Peternakan sapi
  • Perikanan

Kegiatan yang terlibat dalam hortikultura meliputi:

  • Budidaya kebun
  • Budidaya buah-buahan dan sayuran
  • Pemeliharaan kebun

6. Kategori Tanaman

Ada juga beberapa perbedaan dalam kategori tanaman yang mereka hasilkan. Mari kita lihat perbedaan-perbedaan itu.

Pertanian

  • Tanaman pangan seperti padi, jagung, kentang, dan segala bentuk tanaman pangan olahan.
  • Perkebunan seperti kopi, teh, kakao, kelapa, dan segala bentuk olahan perkebunan.
  • Hasil dari kehutanan seperti kayu, madu, dan hasil hutan olahan lainnya.
  • Produk perikanan dan peternakan juga merupakan bagian dari pertanian.

Hortikultura

  • Florikultura memanfaatkan tanaman hias, termasuk dalam kategori tanaman hortikultura.
  • Tanaman biofarmasi juga lazim dalam komunitas hortikultura.
  • Buah-buahan dan sayuran bernilai tinggi dari masing-masing tanaman juga termasuk dalam kategori tanaman hortikultura.

Apakah ada kesamaan antara Hortikultura dan Pertanian?

Karena hortikultura adalah salah satu dari sekian banyak cabang pertanian, maka sangat mudah untuk mengacaukan keduanya. Namun, kita baru saja melihat bahwa ada banyak perbedaan di antara keduanya. Tapi apakah ada kesamaan? Ya, ada banyak persamaan juga.

  • Keduanya membutuhkan pemahaman tentang ilmu tanaman, tanah, dan teknik pengelolaan hama.
  • Ada keterlibatan budidaya tanaman dalam keduanya.
  • Selain itu, keduanya juga membutuhkan penggunaan alat dan mesin yang membantu dalam proses penanaman, pengolahan, dan pemanenan tanaman.

Mana yang lebih penting: Pertanian atau Hortikultura?

Tidak ada jawaban yang spesifik untuk hal ini, karena keduanya memiliki relevansinya masing-masing. Pentingnya juga akan tergantung pada sudut pandang Anda. Keduanya penting bagi masyarakat manusia. Selain itu, peningkatan dalam hortikultura akan membuka jalan bagi kemajuan pertanian juga. Dalam hal ini, hortikultura menjadi sangat penting.

Bagaimana Hortikultura penting?

Hortikultura juga memiliki banyak manfaat bagi keberlanjutan lingkungan, yang pada akhirnya bermanfaat bagi masyarakat. Hortikultura membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dan berkontribusi pada rehabilitasi lingkungan. Dan seiring dengan pertumbuhan lanskap, kebutuhan akan hortikultura yang berkelanjutan juga akan meningkat.

Disadur dari: https://fallandfallow.com/