Apa itu Tablet atau Pil?

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

28 Mei 2024, 13.21

Tablet Berbentuk Cakram - Wikipedia

Tablet, juga disebut pil, adalah bentuk sediaan oral farmasi (dosis padat oral, atau OSD) atau satuan padat. Tablet memiliki eksipien yang sesuai. Ini terdiri dari dosis padat dari zat aktif dan eksipien, yang biasanya dalam bentuk bubuk, yang ditekan. Obat tablet memiliki keuntungan utama, yaitu memastikan dosis yang konsisten dan membuatnya mudah dikonsumsi.

Tablet dibuat dengan cara dikompresi atau dicetak. Eksipien dapat termasuk bahan pengencer, bahan pengikat atau bahan granulasi, glidan (alat bantu aliran), dan pelumas untuk memastikan tablet dibuat dengan baik; bahan penghancur yang membantu tablet pecah di dalam usus; pemanis atau perasa untuk meningkatkan rasa; dan pigmen untuk membuat tablet terlihat lebih menarik atau membantu mengidentifikasi tablet yang tidak diketahui secara visual. Lapisan polimer biasanya digunakan untuk membuat tablet lebih halus dan mudah ditelan, mengontrol laju pelepasan bahan aktif, membuatnya lebih tahan terhadap lingkungan (memperpanjang umur simpannya), atau membuatnya terlihat lebih baik.

Pada awalnya, tablet obat dibuat dalam bentuk cakram dengan warna yang ditentukan oleh komponennya. Sekarang, bagaimanapun, tablet dibuat dalam berbagai bentuk dan warna untuk membantu membedakan berbagai obat. Tablet sering dicetak dengan huruf, simbol, dan angka, yang membuatnya mudah dikenali atau membuat alur yang mudah dipisahkan dengan tangan. Tablet berukuran antara beberapa milimeter dan sekitar satu sentimeter.

Saat ini, bentuk sediaan yang paling banyak digunakan adalah tablet terkompresi. Dua pertiga dari semua resep adalah sediaan padat, dan setengahnya adalah tablet terkompresi. Meskipun tablet biasanya ditelan, mereka dapat diberikan secara sublingual, bukal, rektal, atau intravaginal.

Jenis-jenis

  • Pil

Bentuk dosis obat oral yang kecil, bulat, dan padat adalah definisi asli dari sebuah pil. Asal usul kata ini mengingatkan kita pada gagasan lama yang menggunakan lesung dan alu untuk menumbuk bahan-bahan dan kemudian menggulung campuran atau adonan menjadi gumpalan hingga kering. Saat ini, istilah "pil" masih mengacu pada tablet (termasuk kaplet) daripada kapsul (yang dikembangkan jauh kemudian). Namun, karena hypernym langsung diperlukan untuk secara intuitif mencakup semua bentuk sediaan oral, istilah "pil" juga banyak digunakan dalam arti yang lebih luas yang mencakup tablet dan kapsul; secara informal, semua obat oral padat termasuk dalam kategori "pil" (lihat pil § Catatan penggunaan).

  • Kaplet

Kaplet adalah tablet obat berbentuk lonjong, halus, dilapisi menyerupai kapsul pada umumnya. Kaplet dapat dibagi menjadi dua dengan lebih mudah karena banyak kaplet yang memiliki lekukan di tengahnya. Sejak diperkenalkan, konsumen menganggap kapsul sebagai metode minum obat yang paling efisien. Untuk mengaitkan hubungan positif ini dengan pil tablet yang diproduksi lebih efisien serta bentuknya yang lebih mudah ditelan dibandingkan tablet berbentuk cakram pada umumnya, produsen obat seperti analgesik yang dijual bebas ingin menekankan kekuatan produk mereka. Hasilnya, mereka mengembangkan "kaplet", sebuah gabungan dari tablet berbentuk kapsul.

  • ODT

Beberapa bentuk sediaan obat bebas (OTC) dan resep yang berbeda tersedia dalam bentuk tablet penghancur oral, yang sering dikenal sebagai tablet orodispersible (ODT).

Disadur dari:

https://en.wikipedia.org